what are you looking for?

Minggu, 31 Mei 2015

San Andreas, Bukan Film Adaptasi Game GTA

credit by Google

Satu pertanyaan yang terbesit setelah membaca judul film ini, is the movie based on Grand Theft Auto?
Pertama kali gue sempat mengira jika film ini merupakan adaptasi dari game GTA, namun nyatanya San Andreas disini merupakan film tentang bencana alam dan tidak ada sangkut pautnya terhadap game GTA yang kerjaannya hanya mencuri mobil-mobil itu. Terkadang sebuah kata memiliki makna ganda.
(mengandung spoiler)

credit by Youtube

Secara keseluruhan, San Andreas terfokus pada kerusakan di patahan San Andreas yang berada di kawasan negara bagian California. Diceritakan pula terjadi gempa bumi 9.1 SR yang melanda San Francisco yang mengakibatkan memicunya gempa bumi susulan di beberapa tempat di sekitarnya. Keadaan makin tak terkendali tatkla gempa mencapai rekor 9.6 SR. Diketahui, San Francisco sedang mengalami siklus gempa 100 tahun sekali.

  • Main Course
Film dibuka dengan aksi heroik Raymond 'Ray' Gaines menyelamatkan seorang perempuan di dalam mobil yang hampir masuk ke dalam jurang. Dirinya adalah seorang pilot helikopter penyelamat. Ray memiliki dua orang anak bernama Blake dan satu lainnya. Ray harus kehilangan anak terakhirnya yang meninggal dunia saat sedang melakukan arung jeram. Ray pun memiliki seorang istri yang hampir diceraikannya bernama Emma. Diceritakan, sang istri telah memilih kekasih baru; Daniel Riddick, seorang kontruktor handal.
Tak lama terjadi gempa besar di San Francisco dan mengakibatkan kerusakan hebat di daerah sekitarnya. Seorang ahli seismografi, Lawrence Hayes dan rekannya Dr. Kim Park berhasil memprediksi urutan gempa dan memberitahu warga San Francisco agar segera menemukan tempat perlindungan. Saat gempa bumi pertama terjadi, Riddick dan Blake sedang pergi ke daerah bencana untuk urusan pekerjaan. Naas, Blake terjebak di dalam mobil dan Riddick meninggalkannya. Untung saja dirinya dapat diselamatkan oleh Ben Taylor dan Ollie. Ray yang pada saat itu sedang sibuk menyelamatkan istrinya di sebuah gedung pun lalu datang mencari Blake yang terjebak di tengah kota San Francisco.

Alur cerita dimulai dari aksi heroik Ray - adegan pengenalan Emma, Blake dan Riddick - hancurnya bendungan Hoover - gempa bumi melanda Los Angeles - aksi penyelamatan Emma - gempa bumi di daerah San Francisco - penyelamatan Blake dari dalam mobil - patahan San Andreas melebar - pengumuman Lawrence Hayes - terjadinya tsunami di seluruh daerah dekat patahan San Andreas - kematian Riddick - Blake, Ben dan Ollie terjebak di tengah gedung rancangan Riddick - Blake yang tenggelam - ending di Relief Country.

  • You Must See
(Banyak sekali adegan-adegan seru dalam film ini)
Saat terjadinya tsunami di San Francisco.
Ray dan Emma menaiki kapal boat guna menerjang ombak.
Saat bendungan Hoover luluh lantah.
Aksi penyelamatan Emma di atas sebuah gedung.
Kematian Riddick akibat tertimpa kontainer.
Kisah cinta yang terjalin indah antara Blake dan Ben.
Dan seluruh moment ketika gempa bumi terjadi.

  • Saddest Moments
Saat Dr. Kim Park harus mati karena masuk ke dalam jurang akibat menyelamatkan seorang anak di bendungan Hoover.
Pula adegan ketika Blake hampir mati tenggelam yang sarat menguras air mata.

credit by Google


Grade :
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll

Dari keseluruhan tokoh utama yang disebutkan pada film, hanya Riddick yang mati karena kejatuhan kontainer dari kapal besar saat ombak tsunami melewati jembatan Golden Gate. Tokoh lainnya terlihat sehat wal'afiat.
Saat melihat trailer San Andreas, apakah kalian mendengar lantunan lagu California Dreamin'? Gue hampir mengira jika California Dreamin' merupakan soundtrack film ini, namun faktanya lagu tersebut tidak pernah diputar dari awal sampai akhir film. Lalu maksudnya apa?
Jangan terkecoh pula dengan trailer atau posternya karena ekspekstasi dengan realita amat sangat berbeda. Negara bagian California tidak hanyut apalagi tenggelam seluruhnya ke dalam Samudera Pasifik.
" Where will you be "
" Who will you be with "
" When everything falls apart "
credit by Google


Next :  Insidious Chapter 3

1 komentar:

time flight