what are you looking for?

Senin, 05 September 2016

Don't Breathe, Tahan Napas dan Berlarilah

Oh hai udah lama juga gak nulis di blog ini wkwk. Sebagai pemanasan nulis lagi gue bakal mereview tuntas film Don't Breathe yang notabene bikin jantung kita yang nonton lari-larian di tempat. Berbeda dengan film-film bergenre horror lainnya yang lekat dengan hantu, arwah gentayangan atau zombie, film ini cuman menceritakan seorang tentara veteran buta yang melindungi rumahnya dari pencurian. Bisa dibilang lebih bergenre thriller menurut gue. Tokoh protagonisnya sendiri malah para pencuri dalam film yang mesti menyelamatkan diri mereka masing-masing. Biasakah mereka kabur dari rumah sang tentara veteran?
(mengandung spoiler)

credit by Google

Hiduplah tiga orang remaja; Rocky, Alex dan Money yang biasa melakukan pencurian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Setelah tidak tahan dengan barang curian mereka yang selalu dihargai dengan murah ketiganya mencoba mencuri barang paling berharga di sebuah rumah yang terletak di tengah kota hantu atas suruhan seseorang. Mulanya Alex tidak berniat ikut kedua temannya mencuri di sana namun desakan teman-temannya meruntuhkan ego pribadinya.
Dimulailah aksi mereka dengan memata-matai aktivitas di sekitar rumah target. Gak disangka target mereka adalah seorang tentara veteran yang buta akibat ledakan perang di Irak. Alex merasa kasian. Malam hari ketiganya membobol rumah sang veteran. Membius anjing penjaga dan masuk melewati jendela kamar mandi lantai dua. Aksi pencurian tidak berjalan mulus. Veteran buta mulai mengetahui jika rumahnya dibobol.
Sampai di akhir film hanya satu dari tiga orang yang berhasil menyelamatkan diri. Tiga mayat tertinggal di dalam rumah. Sang veteran berakhir masuk rumah sakit. Rumah sang veteran sendiri dijaga ketat pihak kepolisian. Kota hantu kini tetaplah menjadi kota hantu.

credit by Youtube

Trivia
  • Lokasi kota hantu di film terletak di negara bagian Detroit, Amerika Serikat. Perumahan atau kotanya sendiri bernama Buena Vista. Disebut demikian karena di daerah itu rumah-rumah ditinggalkan para penghuninya karena suatu hal. Nah rumah sang tentara veteran beralamat di 1837 Buena Vista St.
  • Terselip latar belakang ketiga pencuri sampe tega-teganya mencuri di rumah orang buta. Rocky memiliki keluarga berantakan. Ibunya tiap hari mabuk-mabukan bersama seorang lelaki, adiknya perempuannya gak ada yang ngurus. Rocky ingin sekali mencuri barang berharganya agar dapat segera tinggal di California bersama adik perempuannya. Money yang pacar dari Rocky sama juga akan tinggal bersama di California. Nah Alex yang bapaknya polisi merasa tidak dihargai sama sekali. Hingga dia memilih ikut mencuri dan tinggal bersama kedua temannya.
  • Sang tentara veteran bernama asli Norman Nordstrom. Dia memiliki anak perempuan yang meninggal akibat kecelakaan mobil. Cindy Roberts, orang yang membunuhnya disekap di gudang dalam keadaan mulut disumpal, tangan terikat dan bahkan diceritakan sedang hamil anaknya Norman. Jadi Norman itu minta pengganti anaknya yang mati ke Cindy. Tapi Cindy berakhir mati ditembak oleh Norman sendiri yang salah sasaran.
  • Sang veteran sempat menawan Rocky dan akan disuntikkan sperma ke dalam rahimnya sebagai pengganti Cindy yang mati karena diselamatkan olehnya. Niatnya gagal karena Rocky diselamatkan oleh Alex.
  • Seseorang yang menyuruh ketiganya mencuri di rumah sang veteran berkata jika barang berharga "kompensasi 6 angka" disembunyikan di dalam rumah. Ternyata barang ini adalah uang $300,000 yang disembunyikan di dalam loker di ruang pakaian. Kode membuka loker adalah angka 2978.
  • Di awal film juga terselip adegan sesorang lelaki menarik tubuh perempuan pingsan. Nyatanya lelaki ini adalah sang veteran yang menarik tubuh Rocky.
  • Money mati pertama di film ini. Dia ditembak bagian kepalanya oleh sang veteran. Mayatnya disembunyikan di dapur.
  • Alex juga diceritakan mati. Dia terkena jebakan pistol yang menebak sendiri saat membuka pintu depan.
  • Rocky berhasil selamat dari sergapan sang veteran dan anjingnya. Pergi bersama adiknya ke Los Angeles menggunakan kereta.
  • Sang tentara veteran selamat dari kematian setelah terjatuh di dalam ruang bawah tanah. Diselamatkan oleh pihak kepolisian dan dibawa ke rumah sakit. Di depan polisi dia mengaku rumahnya dibobol oleh dua orang pencuri dan dia hanya menyelamatkan diri. Tidak mengaku soal Rocky dan juga uang $300,000 yang hilang.
  • Timeline dari film ini berada di sekitar tanggal 18 September 2003 seperti yang tertulis pada alarm di rumah orang yang dibobol ketiganya di awal film.

Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Seperti diawal gue bilang filmnya bikin jantung kita lari-lari di tempat. Itu bener banget soalnya dari awal kesan thriller udah mulai keliatan. Adegan lelaki menarik tubuh perempuan pingsan ditambah pula angle kamera ketika mengambil gambar bikin gregetan sendiri. Kode-kode berkeliaran. Adegan menggunakan efek kamera infra merah bikin mulut ingin selalu berkata kasar.
Kurangnya dari film ini paling ya durasi yang cuma sebentar, 1 jam 30 menit kerasanya bentar banget. Secara garis besar film Don't Breathe worth it buat ditonton.

credit by Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight