what are you looking for?

Selasa, 27 Juni 2017

Transformers: The Last Knight, Bukan Film The Last Sungguhan

credit by Google

Robot-robot kembali dalam aksi heroik mereka menyelamatkan umat manusia. Para Autobots tidak bisa berdiam diri meski diceritakan Optimus Prime sedang alpha karena harus menemukan penciptanya. Para Decepticons mulai bangkit mengintimidasi Bumi. Belum lagi Optimus sendiri harus menerima kenyataan pahit tatkala penciptanya adalah makhluk yang malah akan memusnahkan umat manusia. Dari sisi sang kreator dibalik layar, Michael Bay juga telah mengkonfirmasikan jika Transformers: The Last Knight adalah film Transformers terakhir yang akan disutradarainya. Akankah Autobots berakhir membawa kemenangan atas Decepticons, ataukah The Last Knight akan menjadi yang the last bagi kita semua?
(mengandung spoiler kadar berbahaya)

credit by Youtube
"And now two worlds colliding, only one survives." - Sir Edmund Burton

Alur cerita The Last Knight?

Tahun 484 M kerajaan Inggris berada dalam kepemimpinan raja Arthur yang melegenda. Kerajaan ini suatu hari mendapatkan perlawanan dari bangsa Saxon. Merlin, penyihir ajudan sang raja menerima titah dengan pergi menuju kapal transformer terdekat demi mendapatkan sesuatu yang dapat membantu sang raja. Transformer yang berada dalam kapal memberikan Merlin sebuah tongkat yang dapat membuat Merlin memanggil transformer naga berkepala tiga yang mengalahkan seluruh prajurit-prajurit Saxon.
Di masa kini sebagian besar pemerintah dunia telah menyatakan transformers adalah ilegal, terkecuali negara Kuba. Organisasi multinasional TRF dibentuk sebagai wadah mencari keberadaan transformers yang tersisa. Nyatanya transformers datang silih berganti dalam ketiadaan Optimus Prime yang mengarungi angkasa hendak menemui penciptanya. Yang terbaru kapal transformer terjatuh di daerah Chicago yang ditemukan anak-anak penasaran tentang hal ini. TRF secara cepat menghadang anak-anak yang kemudian diselamatkan oleh Izabella bersama teman-teman transformer-nya, Sqweeks dan Canopy. Naas Canopy terbunuh dalam aksi ini. Cade Yeager dan Bumblebee tiba dan membantu mereka melarikan diri dari kepungan. Sambil berlalu, Cade mencoba menyelamatkan transformer yang terjebak dalam kapal yang malah memberikannya sebuah azimat sebelum transformer itu mati.
Pada titik terjauh tata surya, Optimus Prime berhasil mencapai planet Cybertron yang telah terpecah belah. Optimus dihadapkan pada Quintessa, transformer penyihir yang mengaku pencipta bangsa transformers. Quintessa hendak membawa Cybertron menuju Unicorn (sebutannya bagi Bumi) untuk membangun kembali planet para transformers. Dirinya juga mengaku telah mengambil kekuatan kedua belas ksatria Merlin dan memerangkap mereka di Bumi. Optimus dipengaruhi oleh Quintessa yang menjadikannya Nemesis Prime, yang mempunyai tugas khusus mengambil sesuatu yang dapat melengkapi misinya.
Anggota TRF yang juga mantan sekutu Autobots, William Lenox melakukan kesepakatan bersama Megatron yang menginginkan dilepaskannya para Decepticons guna membantu TRF menemukan azimat yang berada pada Cade. Para Decepticons melakukan tugasnya hingga melacak Cade ke sebuah tempat penyimpanan mobil-mobil rongsokan di daerah South Dakota, dimana banyak Autobots yang bersembunyi. Di sisi lain, Cade ditemui oleh Cogman, transformer yang mengaku utusan kerajaan. Cade dan Bumblebee menyetujui pertemuannya dengan Sir Edmund Burton di kastil Folgan. Di sana terdapat pula Viviane Wembly yang mengaku telah diculik oleh transformer lain, Hot Rod. Sir Burton menjelaskan bahwa dirinya adalah penjaga rahasia terakhir Witwiccan, persaudaraan kuno yang didedikasikan untuk menjaga rahasia sejarah transformers di muka Bumi. Sir Barton juga mengatakan jika Cade adalah seorang ksatria dan Viviane merupakan keturunan terakhir Merlin yang masih hidup. Viviane diharapkan dapat menemukan tongkat Merlin yang dapat mencegah kehancuran planet Bumi.
Sambil menghindar dari pengejaran TRF, Cade, Viviane dan Bumblebee mengikuti petunjuk dari Sir Burton yang membawa ketiganya ke sebuah transformer berbentuk kapal selam di museum sejarah angkatan laut. Tak lama Viviane berhasil mengendarai kapal selam yang membawa mereka masuk lebih dalam ke lautan, ke kapal transformer luar angkasa terpendam yang berisi makan Merlin. Sesaat setelah Viviane menemukan tongkat Merlin, pasukan TRF mulai memprovokasi mereka. Pertempuran semakin memburuk tatkala ksatria-ksatria penjaga tongkat Merlin ikut serta dalam pesta. Pertempuran menurun tensinya tatkala Optimus datang dan mengambil tongkat Merlin dari tangan Viviane. Bumblebee mengambil tugas melawan Optimus seorang diri. Optimus mulai tersadar berkat suara asli yang diucapkan Bumblebee. Tongkat Merlin yang tidak terjaga diambil Megatron yang mendadak masuk ke dalam kapal dan memberikannya langsung ke hadapan Quintessa. Mulanya Optimus harus menerima hukuman mati dari para ksatria Merlin atas pengkhianatan dirinya bagi bangsa transformers, namun Cade menarik pedang Excalibur dari azimat yang dapat menyetarakannya di samping raja Arthur. Para ksatria Merlin bertekuk lutut dihadapan Cade dan berjanji akan membantu Optimus menebus kesalahannya.
Quintessa mulai melakukan aksinya dengan menyerap lifeforce Bumi melalui perantara tongkat Merlin. Di Bumi para Decepticons melindungi Stonehenge mati-matian. Sir Burton mati diserang Megatron karena mencoba menyerang Decepticons dari jarak dekat. Cogman melihat kematian tuannya. Menggunakan kapal yang ditemukan Daytrader, para Autobots mendarat di planet Cybertron dan ikut membantu Cade, Viviane, Bumblebee dan anggota-anggota TRF melawan kekuatan Quintessa. Optimus dibantu transformer naga berkepala naga mengalahkan antek-antek Quintessa. Optimus seorang diri mengalahkan Megatron. Bumblebee muncul untuk membunuh Quintessa. Cade dan Viviane mengambil tongkat Merlin yang tidak terjaga dan mengakhiri kekacauan. Di bagian akhir terkuak jika Bumi dan Cybertron kini menjalin koneksi satu sama lain. Optimus mengatakan bahwa manusia dan transformers harus bekerja sama membangun kembali dunia mereka.


Pendalaman karakter satu persatu?

Mark Wahlberg kembali dalam perannya sebagai Cade Yeager yang diceritakan memiliki seorang anak perempuan dalam film sebelumnya. Si laki-laki macho ini kini dibingungkan harus memilih antara keselamatan anak perempuannya atau bersama Autobots menyelamatkan umat manusia. Cade yang sekarang tidak akan pernah mengira jika dirinya adalah ksatria seperti raja Arthur sampai sebelum Sir Burton mengatakannya.
Laura Haddock sebagai Viviane Wembly, seorang pengajar di Oxford bagian kebudayaan Inggris yang selalu mengatakan jika kisah Merlin dan sebagainya palsu belaka, hingga dirinya dikejutkan Sir Burton yang berkata dia adalah keturunan terakhir penyihir Merlin. Viviane diharuskan mencari dimana tongkat Merlin berada dengan mengesampingkan fakta jika ayahnya diam-diam anggota ordo Witwiccan.
Tokoh baru lainnya adanya Anthony Hopkins sebagai Sir Edmund Burton yang mengaku penjaga rahasia terakhir ordo Witwiccan. Isabela Moner sebagai Izabella yang diceritakan yatim piatu sampai tinggal bersama transformers, Sqweeks dan Canopy. Jerrod Carmichael sebagai Jimmy, asisten dari Cade yang tokohnya gak penting-penting amat sehingga terlihat makan gaji buta. Lalu yang terakhir kembalinya Josh Duhamel sebagai William Lennox yang dahulu di sisi baik berteman dengan para Autobots, kini malah berbalik memburu transformers bersama organisasi TRF.


Film Transformers identik dengan Optimus Prime dan Megatron. Optimus dipastikan hadir, apakah Megatron juga menunjukkan batang hidungnya?

Jawabannya adalah ya. Megatron kembali dari kematian untuk kedua kalinya dengan memperluas pikiran dari Galvatron. Masih bisa mengubah dirinya menjadi bentuk Cybertronian jet berwarna silver. Wajahnya mengalami merah sebelah kek abis salah pakai sabun kecantikan. Masih berada di sisi jahat juga, namun bisa dibilang dirinya hanya villain figuran saja, kalah tenar oleh Quintessa.


The Transformers?

Di sisi Autobots, Optimus Prime, sang pemimpin kembali dalam perubahan truk Western Star-nya. Sempat menjadi jahat dan mengubah namanya menjadi Nemesis Prime, namun kembali ke sisi baik pada akhirnya. Bumblebee si mobil kuning Chevrolet Camaro sempat mengambil alih kepemipinan Autobots saat ke-alpha-an Optimus di tengah mereka. Ada Hound tua si mobil ambulance kembali menampakkan kegendutannya. Drift si mobil Mercedez-Benz yang dahulu berwarna biru sekarang memiliki warna merah mulai mengurangi Haiku-nya. Crosshairs si mobil Chevrolet Stingray masih bermulut besar. Ada tambahan transformers lain yaitu Hot Rod si mobil Lamborghini Centenario yang memiliki kekuatan menghentikan waktu, dan juga Daytrader si mobil truk sampah yang banyak bertugas dalam pengumpulan onderdil-onderdil bekas.
Di sisi Dinobots, munculnya Grimlock si Tyrannosaurus dan Slug si Triceratops (minus Swoop si Pteranodon) semakin menambah kengerian para Autobots. Oiya mereka sekarang juga sudah mempunyai anak dari masing-masing yang biasa disebut Mini-Dinobots.
Di sisi Decepticons, si pemimpin, Megatron kembali mengatur-atur. Barricade si mobil polisi Mustang menjadi second commander bagi Decepticons. Yang terbaru antara lain Mohawk si transformer kecil yang memang rambutnya mohawk, Dreadbot si mobil Volkswagen, Nitro Zeus si kapal jet model Griphen Fighter, Berserker si Chevrolet Suburban dan Onslaught si truk Western Star mirip Optimus.
Cogman si transformer pelayan dari Sir Burton tidak jelas memihak pada siapa. Modelnya ala-ala C-3PO di film Star Wars. Juga Sqweeks yang harusnya bisa mewujud menjadi motor Vespa, dan temannya Canopy tidak jelas memihak pada siapa. Di lain hal Sqweeks dicap tanda Decepticons untuk membuatnya terlihat menakutkan. Terakhir si penyihir Quintessa yang terlihat kecil cupuh, juga antek-anteknya Infernocons yang dapat bersatu menjadikan mereka Infernocus.


Spoiler alert, bocoran dan easter eggs?

  • Transformer yang dicoba diselamatkan oleh Cade dari dalam kapal mengatakan Seglas in Tonday yang dapat berarti menjaga tongkat sampai mati. Tongkat yang dimaksud adalah tongkat Merlin. Hal ini mengikuti teladan raja Arthur, Merlin, kedua belas ksatria Arthur dan kedua belas ksatria transformers Merlin. Sir Burton juga mengatakan hal ini kepada Cade di kastil Folgan. Terbukti Cade dapat mengeluarkan pedang Excalibur alih-alih raja Arthur.
  • Tanduk Unicorn seperti kata Sir Burton berjumlah enam buah yang pada jaman dahulu berada di pinggiran benua Pangea. Di film tanduk-tanduk ini berada di negara Namibia, Tiongkok, Yordania, Siberia dan lainnya yang memiliki pusat kekuatan berada di Stonehenge.
  • Unicorn dalam origin aslinya adalah saudara kembar dari Primus the Creator-God. Unicorn lebih dikenal sebagai Lord of Chaos, pembawa bencana dan pemakan planet. Bumi dipresentasikan sebagai tubuh dari Unicorn. Nah planet Cybertron menganggap Unicorn sebagai musuh karena dua bulan Cybertron telah dimakan olehnya. Hot Rod dan Galvatron terlihat memiliki hubungan langsung dengan Unicorn.
  • Quintessa adalah makhluk yang menyuruh Lockdown mendatangi Bumi untuk membawa Optimus Prime kembali ke Cybertron.
  • Megatron adalah satu-satunya Decepticons yang terlihat berperang sampai akhir film. Dirinya dilempar dari jendela kapal luar angkasa oleh Optimus Prime. Kemungkinan Megatron akan kembali dalam film berikutnya. Sisa Decepticons lain telah mati.
  • Easter eggs bagi film origin Bumblebee tersirat dalam film ini. Sir Burton sempat mengenali Bumblebee dalam perang dunia ke-II dengan nama ZB-7, namun Bumblebee tidak ingat sama sekali. ZB-7 diceritakan adalah transformer yang mengalahkan NAZI bersama satu transformer lainnya. Semoga hal ini memang terbukti dalam film origin Bumblebee tahun depan.
  • Seymour Simmons tampil cameo setelah berhasil menyakinkan Sir Burton agar dirinya disumpah masuk dalam ordo Witwiccan, tentunya dengan iming-iming sebuah rahasia yang diberitahukannya mengenai artikel pada sebuah buku di perpustakaan rak keenam baris C. Hal ini mungkin menjadikannya penjaga rahasia berikutnya Witwiccan karena Sir Burton telah mati.
  • Foto Sam Witwicky terlihat dalam para penjaga rahasia ordo Witwiccan di dalam kastil Folgan. Begitu pula foto transformer Iron Hide, Jetfire, Scrapper dan Shockwave menjadi bukti hidup.
credit by Google

Grade
Outstanding - Exceeds ExpectationsAcceptablePoor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak?

Film Transformers berbudget paling mahal namun tidak membawa kesan mahal dalam alur ceritanya. Memang sih pertempuran antara Bumblebee dan Optimus agak seru tapi hanya lima menit. Dan gue rasa sang sutradara sudah mulai asal-asalan karena seperti di awal ini adalah Transformers terakhirnya. Jangan kaget di adegan awal terasa salah nonton film. Alur ceritanya terkesan membingungkan. Satu setengah jam awal terasa amat membosankan. Michael Bay terasa salah memasukan bahan-bahan dalam resep secara keseluruhan. Dimisalkan makanan, bukannya malah matang merekah dan berbau harum, film ini turut mengubah bentuk menjadi tidak beraturan dan menganti bau harum menjadi bau aneh yang tidak bisa disembunyikan alih-alih memang matang. Save your money, dude!


Extra scene?

Nah jika melihat dari mid-credit scene, film Transformers bisa dibilang akan kembali dibuatkan sekuelnya. Ntah mau atau tidaknya Michael Bay menukanginya, film berikutnya akan dibuat demi bisnis yang lumayan bagi franchise besar ini.
Terlihat Quintessa tidak jadi mati, namun menjelma menjadi manusia biasa pada umumnya. Para ilmuwan meneliti salah satu tanduk Unicorn di sebuah gurun. Quintessa berkata kepada mereka jika mereka tidak harus memegang tanduk itu, melainkan dia sendiri yang akan mengalahkan Unicorn.

credit by Google


Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.
Next :  The Mummy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight