what are you looking for?

Jumat, 18 Mei 2018

Deadpool 2, Go Fuck Yourself, Wolverine!

Deadpool kembali menyapa penggemarnya melalui aksi konyol, sarkas dan kebiadaban khas dirinya. Sekuel yang diberi judul Deadpool 2 ini akan lebih banyak menyoroti Wade Wilson dalam menghadapi masalah kisah cintanya bersama Vanessa, hubungan intimnya dengan para mutan di Xavier's School dan mengagalkan niat jahat musuh barunya. Deadpool diharapkan pula dapat mengubah suatu peristiwa di masa depan meski itu berarti melawan garis waktu. Masih dibantu dengan Colossus dan Negasonic, akankah dia dapat menuntaskan misinya dalam waktu tiga puluh detik?
(spoiler alert)

credit by Google

Plot Deadpool 2?

Fuck Wolverine. Wade Wilson sedang berbaring di atas tumpukan drum berisikan 1.200 liter minyak. Dia mengutuk rasa kehilangannya secara mendalam. Diceritakan enam minggu lalu, Wade berada di beberapa tempat; Hong Kong, Cecilia, Tokyo dan Biloxi, guna berburu gembong mafia yang hendak dimintai pertanggungjawaban atas tindak kejahatan olehnya. Niatan tersebut hampir saja berhasil. Wade yang lelah pulang ke apartemen untuk menghadiri ulang tahun pernikahannya. Dia dan Vanessa sempat terlibat percakapan ringan tentang memiliki seorang anak. Tak disangka, tempat tinggalnya diserang para anggota mafia yang tak ingin niat jahat mereka terbongkar. Di sini Vanessa mesti menghirup napas terakhir untuk selamanya. Wade yang merasa kehilangan pacarnya lalu bunuh diri dengan memasukkan putung rokok ke dalam drum minyak. Seketika ledakan besar terjadi.
Love wins. Serpihan tubuhnya yang remuk kemudian dibawa Colossus menuju Xavier's School for Gifted Youngsters untuk dilakukan pemulihan. Diketahui, Wade sempat berdiam lama di sekolah tersebut. Beberapa mutan di sana mulai merasa simpati atas kehilangannya. Rona wajah Wade bersinar kembali tatkala Colossus menggodanya. Inilah awal dimulainya kisah "cinta" baru antara Deadpool dengan Colossus wkwk. Di tempat lain terjadi serangan yang dilakukan anak lelaki bernama Russell Collins. Dia mengamuk seperti kerasukan setan. Menembakkan api dan juga menyerang para penegak hukum.
John Connor masa depan. Cable; makhluk setengah manusia setengah mesin, merasakan pula kehilangan anggota keluarganya akibat seseorang yang membunuh mereka. Dilanda rasa balas dendam, Cable melakukan perjalanan waktu ke masa lampau guna mencari si pembunuh.

credit by Youtube


Firefist hilang kendali. Ketiga anggota X-Man; Deadpool, Colossus dan Negasonic, menuju lokasi dimana Russell mengamuk. Ketiganya berunding agar si anak lelaki berhenti menyerang. Russell mengatakan jika dirinya hanya ingin membunuh kepala sekolah yang telah lama menyiksanya. Perundingan gagal. Deadpool berbalik mendukung aksi bocah tersebut. Para petugas kepolisian menangkap keduanya. Colossus dan Negasonic tidak datang membantu. Mereka dibawa ke sebuah penjara yang dikhususkan bagi mutan. Terjalin sebuah keakraban di antara Wade dan Russell yang sama-sama kehilangan kekuatan akibat kalung peredam. Kabar buruk menghampiri. Si bocah masih mengharapkan teman terkuat demi ambisinya berbuat jahat. Wade yang hanya tinggal sesosok jiwa terserang kanker dirasakan Russell bukanlah orang yang tepat baginya.
Winter Soldier mengaduh. Cable tiba di masa kini dan segera saja mencari penjahat yang dimaksudnya. Usut punya usut, musuh besarnya ini adalah Russell dewasa yang telah ketagihan membunuh. Cable hanya ingin menyingkirkan Russell kecil agar masa depan dapat berubah. Dia pun berhasil melacak buruannya sampai ke penjara. Wade dan si bocah mendapatkan serangan dari makhluk yang tak dikenal keduanya. Para petugas keamanan penjara bergegas mengendalikan situasi dan juga menangkapi tahanan yang mencoba kabur. Penjara dapat diibaratkan sebagai zona perang. Wade dan Cable berkelahi sampai ke luar gedung, sedangkan Russell dilumpuhkan para petugas.

X-Force. Wade yang terhindar dari celaka kemudian menceritakan kisahnya pada Weasel. Teman baiknya ini mengetahui jika para tahanan akan segera dipindahkan sejauh 130 km. Dia mengusulkan agar Wade membentuk teamnya sendiri. Karena Colossus dan Negasonic masih dilanda kekesalan, ide untuk membuat team dilakukannya saja bersama Weasel. Dipilihlah enam orang lain yang tergabung dalam X-Force. Setelahnya aksi penyelamatan Russell dimulai. Wade seperti salah perhitungan. Anggota-anggota teamnya bukanlah yang terbaik. Mereka banyak melakukan kesalahan hingga membuat masing-masing mati terbunuh. Hanya Domino yang tersisa di akhir perjalanan.
2Pac dan Ice Cube. Setelah menyiksa Weasel, Cable pun mendapat petunjuk baru yang mengarahkannya pada Russell. Segera saja dia mengejar truk yang membawa para tahanan pindah. Di sini Deadpool dan Domino bersama-sama melindungi si bocah dari cengkraman Cable. Keadaan makin tak terkendali tatkala Russell membebaskan mutan Juggernaut dari kurungan. Mutan kuat ini menyerang siapa saja dan apapun. Sebuah jembatan berubah menjadi wilayah konflik yang tak berkesudahan. Kedua sahabat baru tersebut menuju sekolah lama Russell.
Thanos apologizes. Wade yang kehilangan separuh tubuhnya meski memulihkan diri. Beruntung ada Domino di sana. Perempuan itu lalu membawa sisa tubuhnya ke rumah Blind Al. Kejadian tak pantas dikatakan terjadi saat Wade menumbuhkan tubuh bagian bawahnya wkwk. Tiba-tiba Cable datang dan meminta maaf. Dia sangat ingin bekerja sama dengan team Deadpool agar misinya berjalan baik. Setelah membicarakan tentang masalah keluarga yang menimpa keduanya satu sama lain, mereka pun sepakat untuk saling bahu-membahu menghentikan niat jahat Russell.

The Academy. Wade sempat meminta pertolongan pada Colossus dan Negasonic. Akan tetapi keduanya masih merasa kesal. Kemudian berangkatlah Deadpool, Cable, Domino dan Dopinder si sopir taksi menuju sekolah tempat Russell hendak menyalurkan amarahnya. Konfrontasi babak akhir dimulai. Cable memberikan waktu tiga puluh detik bagi ketiga lainnya guna menyelamatkan para siswa yang masih berada di dalam gedung. Batu hantam tak terelakkan. Kepalang untung, Colossus datang dan menantang Juggernaut berduel sampai mati. Negasonic dan pacarnya; Yukio, ikut membantu menyelamatkan anak-anak. Juggernaut sekarat di tempat. Kini tiba saatnya bagi Cable menghabisi musuhnya. Dia menembakkan peluru tepat ke arah Russell. Deadpool yang telah kehilangan kekuatannya akibat penggunaan kalung peredam pun menahan peluru dengan tubuhnya. Russell seketika tersadar akan pengorbanan yang diberikan Wade. Pahlawan kita mati dalam menjalankan tugasnya..


Apa itu X-Force?

X-Force adalah nama sebuah team yang dibentuk oleh Wade Wilson (Deadpool) untuk menyelamatkan Russell Collins dari kurungan penjara. Wade mempercayai jika pada diri bocah tersebut masih terdapat hati nurani. Hal berbeda sempat ditunjukkan pada komik New Mutants #100, dimana Cable sendirilah yang diceritakan membentuk team ini demi melindungi umat manusia dari para mutan jahat.
Pada Deadpool 2, nama-nama anggota X-Force antara lain Wade Wilson (Deadpool, former), Neena Thurman (Domino), Jesse Aaronson (Bedlam), Pete 'Peter' Wisdom, Gaveedra-Seven (Shatterstar), Axel Cluney (Zeitgeist) dan Telford Porter (Vanisher). Namun di penghujung film terindikasi jika Piotr 'Peter' Nikolayevich Rasputin (Colossus), Nathan Summers (Cable), Russell Collins (Firefist) dan Dopinder telah tergabung di dalamnya.
Neena Thurman (Domino) memiliki kemampuan manipulasi dan refleks yang bagus. Dia juga diberkahi keberuntungan yang membuatnya dapat mengendalikan situasi sekehendak dirinya.
Jesse Aaronson (Bedlam) dapat mengendalikan medan elektromagnetik, mengacaukan alat-alat elektronik dan menguasai pikiran manusia melalui ion-ion dari tubuh mereka. Bedlam harus mati diperjalanan ketika tubuhnya tertabrak bus saat gagal mendarat.
Gaveedra-Seven (Shatterstar) adalah alien dari planet Mojo. Keunggulannya di bidang combat memberikan nilai khusus bagi dirinya. Memiliki dua pedang mematikan yang dapat mengeluarkan energi listrik. Shatterstar mati tergilas baling-baling helikopter saat dia salah menghitung pendaratan.
Pete 'Peter' Wisdom hanyalah seorang beruntung karena dapat diterima dalam X-Force. Peter tidak memiliki kekuatan apapun. Dia tertarik mendaftar karena melihat sebuah iklan di koran. Peter harus mati terkena cairan asam yang dikeluarkan oleh Zeitgeist.
Axel Cluney (Zeitgeist) termasuk orang yang bermental baik. Mampu mengeluarkan cairan asam super bersifat mematikan. Dirinya salah mendarat dengan masuk ke dalam truk penggilas sampah. Pemeran Zeitgeist diperankan oleh Bill Skarsgård.
Telford Porter (Vanisher) merupakan anggota X-Force yang paling unik. Wujudnya sama sekali tidak pernah diperlihatkan secara kasat mata. Wade menerimanya dalam team kemungkinan sebagai bahan lelucon. Tubuh Vanisher sempat diperlihatkan ketika tersetrum pada kabel listrik tegangan tinggi. Brad Pitt adalah aktor yang memerankan tokoh ini.


Bocoran, spoiler dan easter eggs lain?

  • Vanessa mati tertembak peluru nyasar di bagian dadanya yang dilakukan oleh salah satu anggota mafia.
  • Wade Wilson mendapatkan penglihatan tentang Vanessa di kehidupan setelah-mati. Dia sangat ingin bergabung bersama pacarnya yang telah meninggal, namun kaca besar memisahkan keduanya. Vanessa mengatakan jika Wade mesti mengenapi takdirnya terlebih dahulu. Di penghujung film, mereka berhasil bersatu pada akhirnya, akan tetapi jiwa Wade harus kembali ke dunia nyata karena efek Cable memutar waktu.
  • Nathan Summers (Cable) memiliki istri dan seorang anak perempuan. Keduanya diceritakan mati terbakar saat Russell dewasa mengamuk di rumah mereka. Hal ini kemudian diketahui membuat Cable selalu membawa boneka teddy bear milik anaknya sebagai kenang-kenangan. Jika menilik dari komik X-Men #205, nama istri dan anak perempuannya adalah sama-sama Hope Summers. Untuk kasus anaknya, Hope merupakan anak mutan pertama yang lahir setelah event M-Day.
  • Event M-Day (Decimation) benar-benar akan terjadi di dunia. Banyak referensi penting merujuk pada kejadian ini, seperti contohnya pada film Logan tahun lalu. M-Day membuat banyak mutan kehilangan kekuatannya setiap hari atau biasa disebut kiamat bagi mereka semua.
    Cable mengatakan jika lima puluh tahun kedepan, Deadpool hanya dianggap sebagai boneka seks. Deadpool sendiri mengatakan hal tersebut semacam spoiler alert. Apakah M-Day sudah semakin dekat?
  • Russell Collins hendak membunuh kepala sekolah tempat mulanya dia menempuh pendidikan. Essex House for Mutant Rehabilition kedapatan menyiksa seluruh muridnya. Sekolah ini sangat berhubungan sekali dengan Nathaniel Essex (Mister Sinister). Neena Thurman (Domino) sempat menjadi siswa di sekolah tersebut.
  • Cain Marko (Juggernaut) bertemu Russell pertama kali pada sel khusus yang diperuntukkan bagi mutan sepertinya. Keduanya mulai akrab setelah Russell membebaskan sang mutan dari kurungannya di dalam truk. Juggernaut ditampilkan sebagai mutan terkuat yang tenaganya dapat disamaratakan dengan Colossus. Dia menggunakan pelindung kepala yang terbuat dari benda keras tak teridentifikasi. Hal tersebut dilakukan karena saudaranya dapat membaca pikirannya secara langsung. Diketahui, saudara tiri dari Juggernaut adalah Charles Xavier (Prof. X).
  • Juggernaut sekarat setelah tubuhnya masuk ke dalam kolam yang berisikan aliran listrik bertegangan tinggi. Mulanya sempat terlebih dahulu berkelahi dengan Colossus, Negasonic dan Yukio.
  • Wade harus menumbuhkan tubuh bagian bawahnya secara perlahan-lahan di rumah Blind Al. Dia berkata sangat mirip dengan Winnie The Pooh karena memang kakinya terlihat sangat kecil. Di sini terjadi kekonyolan yang banyak membuat penonton tertawa girang wkwk.
  • Tom Black Cassidy, seorang mutan yang ditantang Russell di penjara mati diserang oleh Cable. Jika dirujuk pada komik, Tom memiliki tongkat dari kayu shillelagh yang dapat membantunya mentransfer kekuatan panas dari dalam tubuhnya. Dia pun ahli menumbuhkan tanaman dengan cepat.
  • Dopinder selain bekerja sebagai sopir taksi, dia pun kini membantu Weasel dalam membersihkan bar miliknya.
  • Deadpool harus mati karena menerima peluru yang ditembakkan Cable ke arahnya. Sebenarnya Russell adalah target utama penembakkan, namun dia rela mengorbankan diri agar si bocah kembali ke jalan yang benar. Diketahui Deadpool telah sebelumnya menggunakan kalung peredam. Hint The Academy sempat disinggung karena dia dapat beradegan lebih baik dari para artis Hollywood. Deadpool yang sekarat susah sekali untuk mati wkwk. Ini merupakan adegan yang membuat para penonton merasa sedih dan tertawa secara bersamaan. Dia sempat memberikan jam tangan Adventure Time kepada Domino dan berkata panjang lebar.
  • Cable menggunakan time machine miliknya untuk mengembalikan Deadpool dari kematian. Dalam waktu alternatif, dia memasukkan koin Skee-Ball ke dalam badan Deadpool agar peluru gagal menembus jantungnya. Aksi Cable membuatnya tidak dapat kembali lagi ke masa depan.
  • Koin Skee-Ball merupakan benda berharga yang diberikan Vanessa kepada Wade Wilson sebelum dirinya meninggal.
  • Efek dari aksi heroik Deadpool membuat istri dan anak perempuan Cable kembali hidup seperti biasanya.
  • Kepala sekolah Essex House for Mutant Rehabilition tidak diceritakan mati sampai akhir film.
  • Hint bagi Wolverine ditampilkan dalam bentuk action figure di atas drum minyak saat Deadpool meledakkan apartemennya. Dia juga mengatakan kalimat kasar seperti "Wolverine, go fuck yourself".
  • Deadpool sempat memesan Sea Breeze kepada salah seorang pelayan di Hong Kong saat dia menyerang anggota-anggota mafia. Menurut Google, Sea Breeze adalah sejenis minuman keras berisikan Vodka dicampur jus cranberry dan jeruk.
  • Wade dan Dopinder sempat terlibat percakapan tentang Interview with the Vampire di dalam taksi. Si sopir berkata dirinya ingin sekali memiliki pasangan untuk menghilangkan rasa kerinduannya. Tiba-tiba saja Wade kemudian dipanggil Tom Cruise, sedangkan Dopinder sendiri lebih suka mengaku sebagai Kirsten Dunst. Love wins?
  • Wade berniat menamakan anaknya dengan nama Cher atau Todd. Namun di sisi lain, Vanessa lebih suka menamai Connor, May, Earl, Kevin atau Bruce.
    Hint The Empire Strikes Back diucapkan antara Wade dan Vanessa ditengah-tengah percakapan tentang anak masa depan mereka. Keduanya menyinggung soal ciuman Luke dan Leia. Film Empire sendiri merupakan episode ke-5 dari keseluruhan saga Star Wars. Ada lainnya hint Davis Bowie dan Kübler-Ross yang juga disinggung oleh mereka.
  • Hint Papa Can You Hear Me di film Yentl sempat disinggung beberapa kali karena iramanya mirip sekali dengan lagu Do You Want to Build a Snowman di film Frozen.
  • Hint Matthew McConaughey disinggung Wade ketika berada di rumah Blind Al.
  • Hint Little Pony disebutkan Wade saat memanggil Yukio yang kebetulan memiliki rambut berwarna pink.
    Ororo Munroe (Storm) dan Kurt Wagner (Nigtcrawler) terlihat di aula Xavier's School bersama anak-anak lain.
    Hint tentang Angel; nama salah satu Mutan di saga X-Men, sempat juga disinggung Wade dengan menyebut mutan sayap berbulu.
    Hint Cerebro; alat yang digunakan Charles Xavier untuk membaca pikiran para mutan, terlihat di antara percakapan antara Wade dan Colossus.
    Para mutan seperti Charles Xavier (Prof. X), Peter Maximoff (Quicksilver), Scott Summers (Cyclops) dan Hank McCoy (Beast) diperlihatkan sekilas dari potongan film X-Men lain. Terlihat yang paling jelas adalah adegan saat Beast menutup pintu.
  • Hint Justin Bieber disebutkan oleh Russell Collins ketika hendak membakar semua orang.
  • Hint Robocop, Hawkeye dan Sorting Hat dari saga Harry Potter disinggung Wade saat berada di dalam penjara.
  • Cable disebutkan mirip dengan Winter Soldier karena memiliki satu lengan yang terbuat dari logam, sedangkan Wade mengatakan Batman ketika sang musuh bertanya siapa dirinya. Cable juga kembali dipanggilnya dengan sebutan John Connor dan Thanos. Terdapat tiga pertanyaan yang diajukan Wade kepada Cable setelah tahu musuhnya berasal dari masa depan. Dia menanyakan tentang terkenalnya tarian Dubstep, bertanya tentang film Sharknado dan terakhir mengatakan rasa bosannya terhadap robot.
  • Hint Human Centipede disinggung dalam adegan rubuhnya jembatan akibat ulah Cable. Hint 2Pac dan Ice Cube dijelaskan sebagai nama samaran antara Russell dan Juggernaut.
  • Domino sempat dipanggil Black Widow oleh Wade, sedangkan Dopinder disebut sebagai Brown Panther olehnya.
  • Hint bagi Hulk dijelaskan dengan kalimat "Hey, big guy. Sun's getting real low". Hal ini dibuat Deadpool sebagai ejekan bagi Juggernaut.
  • Stan Lee tampil cameo yang diperlihatkan dalam bentuk mural besar di sebuah gedung saat adegan Domino melakukan pendaratan.
credit by Google


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

Menurut gue pribadi, Deadpool 2 tidak ubahnya seperti pada film pendahulunya. Dari segi humor oke, penokohan lumayan baik, visualisasi jempolan dan sarkasme masih tetap juaranya. Sayang sekali dari segi alur cerita terasa kurang greget. Penonton dengan mudah dapat menebak suatu adegan akan mengarah kemana. I'm so sorry. Tapi intinya bagi kalian yang suka Deadpool pertama dijamin bakal suka juga dengan sekuelnya kali ini. Credit lebih gue berikan kepada Thanos eh Cable eh Josh Brolin, seorang papa-papa kece yang lumayan menarik hati wkwk.
Deadpool 2 bisa dibilang "membersihkan" bioskop dari dominasi Infinity War. Film ini merupakan anugerah tersendiri bagi kita yang sudah mulai bosan dengan hype Jentikkan Jari Thanos. DP2 memang tak memberikan jaminan depopulation, tidak pula membawa kengerian pertempuran alam semesta, ataupun dibuat universenya selama puluhan tahun. Akan tetapi Ryan Reynolds masih sukses memerankan anti-hero yang suka sekali mengucapkan kata-kata kotor, melakukan aksi pembunuhan layaknya memotong kertas, memperlihatkan rasa cinta tanpa pandang bulu dan mempernyinyir soal saingan bisnis Marvel. Pokoknya keren!!
Gue sangat memperingatkan bahwa ini bukanlah film bertemakan keluarga seperti apa yang dimaksudkan Deadpool. Jangan pula membawa anak-anak dibawah umur untuk menonton tayangan ini.


Kemungkinan extra scene?

Pada mid-credits scene pertama diperlihatkan Negasonic dan Yukio sedang memperbaiki time machine milik Cable.
Di bagian mid-credits scene kedua ditampilkan Deadpool menggunakan time machine guna menyelamatkan Vanessa dan Peter; salah seorang anggota X-Force, dari kematian. Nah bukan itu saja, dia pun mencoba untuk pula mengubah timeline sebagai bahan lelucon. Deadpool membunuh dirinya sendiri (Weapon XI) di film X-Men Origins: Wolverine yang terasa sangat menjengkelkan. Bayangkan saja, dia dahulu tidak memiliki mulut wkwk. Deadpool lalu juga membunuh Ryan Reynolds saat hendak membaca naskah Green Lantern. Kita semua tahu jika GL (2006) termasuk dalam kategori film gagal.
Sebenarnya terdapat post-credits scene yang akan menampilkan adegan Deadpool membunuh baby Hitler, namun entah kenapa bagian ini banyak di-cut di bioskop beberapa negara termasuk Indonesia. Usut punya usut, sang sutradara tak ingin merubah fakta sejarah yang telah berlalu.



Baca pula review gue tentang film Deadpool (2016)
Next :  Solo: A Star Wars Story

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight