what are you looking for?

Jumat, 17 Juli 2015

Ant-Man, Ditakdirkan untuk Menjadi Avengers

Belum lengkap rasanya bagi para penggemar superhero jika belum menonton serial penutup phase kedua Marvel Cinematic Universe (MCU) sebelum menuju ke penghabisan dalam Avengers : Infinity War. Yap, film tersebut tak lain dan tak bukan adalah Man-Tan eh salah Ant-Man wkwk. Melalui Ant-Man, kita diajak untuk menelaah si Scott Lang mulai dari saat dia pertama kali menjelma sebagai sang manusia semut, hingga diakhir cerita mengindikasikan diri akan bergabung ke dalam team Avengers.
(mengandung spoiler)

" One question, is it too late to change the name? " - Scott Lang
credit by Google

  • Main Course
Pada tahun 1989, Dr. Hank Pym memutuskan untuk berhenti bekerja sama dengan perusahaan Stark Corp. dan organisasi S.H.I.E.L.D. Hal tersebut dilakukan karena Pym Particle hasil temuannya akan digunakan oleh kedua badan itu untuk berpura-pura membantu kepentingan umat manusia. Dirinya tahu bahwa S.H.I.E.L.D khususnya hanya ingin menggunakan temuannya untuk kepentingan pribadi mereka, apalagi dalam organisasi tersebut telah disusupi oleh Hydra. Setelah aksi penolakannya, Pym mengangkat asisten pribadinya; Daren Cross, sebagai pimpinan perusahaannya sendiri. Semenjak itu, Pym kemudian lebih memutuskan untuk pensiun.
Di masa kini, hiduplah Scott Lang, seorang narapidana yang akhirnya terbebas setelah bertahun-tahun mendekam di penjara. Seusai kembali dapat merasakan angin segar, dia merasa seakan mencari pekerjaan baru amatlah susah. Banyak perusahaan yang tak ingin merekrut seseorang yang telah memiliki catatan kriminal. Suatu hari, teman-teman lamanya; Luiz, Dave dan Kurt, menyakinkan dirinya untuk mencuri sesuatu di brankas milik Dr. Hank Pym. Sebenarnya Scott tidak menyetujui niatan teman-temannya, akan tetapi dia harus menghasilkan uang secepat mungkin. Mendapatkan banyak bantuan, Scott berhasil mencuri apa yang berada di dalam brankas. Benda yang ditemukannya ternyata hanya seonggok kostum "motor" belaka. Kekacauan mulai terjadi ketika Scott perlahan-lahan mulai diteror oleh Pym yang memintanya agar melakukan sebuah pekerjaan untuknya, yaitu mencuri kostum Yellowjacket ciptaan Daren Cross yang akan dijual kepada S.H.I.E.L.D. Diketahui proyek Yellowjacket merupakan ide kloningan menggunakan Pym particle. Ditambah desakan harus membayar tunjangan anak oleh mantan istrinya, Scott pun akhirnya menerima pekerjaan orang tua itu menjadi orang baik yang disebut Ant-Man.

credit by Youtube

  • Red Line
Dr. Hank Pym menolak hasil karyanya untuk dijual ke S.H.I.E.L.D - Scott Lang terbebas dari dalam penjara - Scott bekerja di Baskin Robbins - pengenalan Yellowjacket - Scott datang ke acara ulang tahun anak perempuannya - Scott dibantu teman-temannya mencuri ke dalam brankas milik Pym - Scott mulai diteror Pym - Scott ditahan karena mengembalikan barang curiannya - Scott berlatih menjadi Ant-Man dengan kekuatan semut-semut - pencurian barang di gudang tua milik Howard Stark yang notabene markas baru Avengers - aksi pencurian kostum Yellowjacket di gedung Cross Tech. - perkelahian Scott di rumah mantan istrinya - Daren Cross aka Yellowjacket mati - indikasi Ant-Man akan bergabung ke Avengers.

credit by Google

  • You Must See
Adegan saat Scott Lang yang berubah menjadi Ant-Man pertama kali dan masuk ke dalam sarang-sarang semut.
Scott dibantu Luiz, Dave dan Kurt membobol masuk rumah Dr. Hank Pym dan mencuri sesuatu dari dalam brankasnya yang ternyata hanya seonggok kostum.
Saat akan mencuri kostum Yellowjacket di gedung Cross Tech.. Scott masuk ke dalam gedung melewati pipa saluran air bawah tanah dibantu semut-semut. Seru kayak jalanan Puncak wkwk.
Saat adegan Ant-Man berduel melawan Falcon.
Dan perseteruan antara Ant-Man vs Yellowjacket di dalam kamar Cassie; anaknya Scott. Akan ada semut dan lokomotif kereta 'Thomas' berubah menjadi rakasasa wkwk.

  • Trivia
Di awal film terlihat Dr. Hank Pym sedang berdebat dengan Howard Stark dan para anggota S.H.I.E.L.D. Di sana pula tampaklah Peggy Carter, (mantan) pacar Steve Rogers/ Captain America di masa lampau.
Dr. Hank Pym adalah pendiri dari Pym Tech. dan hasil temuannya disebut Pym particle. Dia merupakan orang pertama yang menyandang sebutan Ant-Man. Pym memiliki seorang istri bernama asli Maria Trovaya; di film tidak disebutkan namanya. Maria ini pada komik disebut sebagai Wasp/ Janet Van Dyne. Istri Pym mati setelah menghancurkan inti roket dengan mengubah tubuhnya menjadi seukuran sub-atomik. Pym pula memiliki anak perempuan yang diberi nama Hope Van Dyne. Dalam mid-credits scene Ant-Man, Hope diceritakan masa depannya akan menjadi Wasp kedua.
Scott Lang memiliki mantan istri bernama Maggie dan anak perempuannya bernama Cassie. Maggie ternyata telah memiliki tunangan baru bernama Paxton; seorang polisi yang memburu Scott.
Pym particle adalah sebuah partikel yang dapat mengecilkan atau membesarkan sebuah objek. Partikel ini pernah disebutkan Hawkeye, disinggung oleh Ultron, tersirat pada di film Fantastic Four dan terindikasi pada film Godzilla.
Sam Wilson/ Falcon, salah satu anggota Avengers turut cameo di film ini. Terlihat pada adegan ketika Scott Lang hendak mencuri sebuah barang di markas baru Avengers. Falcon dan Ant-Man sempat pula bertarung.
Ada 4 jenis semut yang menjadi teman Ant-man dalam bertarung yaitu Paratrechina Longicornis, Paraponera Clavata, Camponotus Pennsylvanicus (Carpenter) dan Solenopsis Geminata.
Nama semut terbang yang suka sekali ditunggangi Ant-man bernama Ant-tony. Semut ini berasal dari jenis Camponotus. Tony berakhir mati ditembak oleh Yellowjacket.
Saat terjadi pertempuran di Cross Tech., diceritakan kostum Yellowjacket dibawa kabur oleh Daren Cross, akan tetapi tabung penting berwarna kuning disimpan oleh kepala pertahanan S.H.I.E.L.D. Benda tersebut memungkinkan akan menjadi bahan untuk film-film Marvel berikutnya.
Alter ego dibalik kostum Yellowjacket adalah Daren Cross; asisten langsung Pym. Yellowjacket mati setelah mengalami malfungsi pada mesin didalam bajunya yang dirusak oleh Ant-Man. Diketahui, Yellowjacket dan Ant-Man bersama-sama masuk ke dalam singularitas sub-atomik.
Scott berhasil kembali dari singularitas sub-atomik dengan menggunakan alat pembesar dari Pym particle yang diselipkan pada sabuk di kostumnya.
Ending film Ant-Man menjelaskan dari percakapan Luiz terdapat indikasi jika Ant-Man akan menjadi anggota Avengers dengan bantuan Falcon.

credit by Google


Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Ant-man itu merupakan superhero yang keahliannya dapat mengecilkan tubuh dan bisa ngomong sama semut. Kostum yang dia kenakan juga terlihat strong. Kekuatannya full berasal dari para semut-semut. Si Yellowjacket memiliki bentuk lebih mirip kayak tawon, akan tetapi dia gak bisa ngomong sama tawon. Mungkin Marvel akan membuatkan film untuknya sendiri jika suatu hari Yellowjacket bisa ngomong sama tawon wkwk. Karakter si kuning gagal dieksploitasi secara mendalam.
Secara keseluruhan, filmnya sih oke-oke aja. Kita diharapkan belajar menjadi seorang pahlawan dengan cara mencuri ala Scott Lang wkwk. Adegan-adegan lucunya tersebar banyak banget, misalnya saja adegan lokomotif kereta Thomas berubah raksasa, dan juga gantungan kunci Dr. Hank Pym yang ternyata adalah Tank beneran wkwk. Semuanya dijamin mengocok perut. Adegan actionnya keren sekali. Serulah.
Oiya bagi kalian yang berencana ingin menonton Ant-Man agar jangan pergi terlebih dahulu setelah film kelar. Duduk dulu yang manis habisin popcorn karena di mid dan post-credits scene masih ada twist buat kalian. Kodenya adalah Dr. Hank Pym, Hope, Bucky, Captain dan Sam.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

" It's not about saving our world. It's about saving theirs." - Dr. Hank Pym

picture by Twitter


10 komentar:

  1. Emm..nanya nih, emangnya Peggy Carter istrinya Howard Stark? Seinget saya di film Captain America - The Winter Soldier, scene dimana Steve Rogers dan Natasha Romanoff ke pangkalan SHIELD tua, disana mereka mendapati DR. Arnim Zola dalam bentuk ratusan CPU, ia menceritakan Howard Stark beserta Istrinya tewas dalam kecelakaan yang ia buat. Apa saya salah baca ya? Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama di film Captain america pertama settingan waktunya saat world war II, kedua saat Dr. Pym bertemu dgn Howard stark terjadi pada tahun 1989, ketiga pas Steve dan Black widow yang ketemu Dr. Arnim Zola film Captain america: The winter soldiers kan settingannya tahun 2014. jadi dari antara world war II sampai tahun 1989 bisa aja Howard stark menikah sama Peggy carter karena memang hubungan mereka sudah deket sbg partner kerja ditambah Steve yang hilang membeku di es (pas di Ant-man wajah istri Howard mirip bgt sama Peggy). lalu tahun 2014 saat Dr. arnim zola cerita soal kematian Howard stark ke Steve dan Black widow bisa saja dia gak cerita secara mendetail, film Marvel selalu memberikan twist agar kita gak gampang nebak hubungan antar filmnya. intinya cek pada settingan waktunya.
      terima kasih sudah komen :D

      Hapus
    2. Hehe...sepertinya liat settingan waktu belum cukup membantu, saya barusan cek di wikipedia maupun mcu wikia istrinya Howard adalah Maria Stark.
      wikipedia and mcu wikia say : "He put his friend Peggy Carter in charge of the effort of finding proof of his innocence. Eventually his name was cleared. Later in life, Howard married a woman named Maria and had a son, Tony."

      Hapus
    3. oiya saya cek di wikipedia marvel suami Peggy carter ditulis :
      "He was a member of a battalion of over one thousand men who were trapped behind the German line by a blizzard. They were pinned down by a HYDRA blockade for months before they were rescued by Captain America."
      oke postingannya gue edit. thanks for your helpful comments and corrections.

      Hapus
  2. You're welcome.. Nice post anyway, keep the good job :-)

    BalasHapus
  3. Mau nanya juga dong? Boleh ga?

    BalasHapus
  4. mau nanya dong.. pas howard nikah sama maria itu ada di film mana ya? apa gak di ceritain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu gue gak pernah ada cuplikan adegan Howard Stark dan Maria menikah di film-film Marvel. Tapi di komik Ultimate Marvel diceritakan keduanya menikah.
      Jika diurut alur waktunya mereka seharusnya menikah setelah tahun 1945, setting waktunya cocok dgn serial Agent Carter season 1

      Hapus

time flight