what are you looking for?

Jumat, 26 Juni 2015

Terminator Genisys, Reset the Future

" Come with me if you want to live! Now, soldier! " - Sarah Connor
credit by Google

Peperangan antara manusia melawan mesin berlanjut. Terminator Genisys memang dibuat guna menguatkan jika universe Terminator sebelumnya akan direset pada film ini. Layaknya universe X-Men yang telah direset terlebih dahulu pada Days of Future Past, Terminator pula menggunakan masa depan untuk para tokohnya kembali ke masa lalu dan sedikitnya mengubah takdir. Hal tersebut pantas dilakukan tatkala Arnold Schwarzenegger dirasa sudah terlalu tua untuk selalu mengisi cast utamanya. Hal apapun akan dilakukan demi menjaga kelangsungan hidup francise besar ini, meskipun itu berarti mengulang kisah dari awal mula.
(mengandung spoiler)

credit by Youtube

  • Main Course
Di tahun 1997 terjadilah hari kiamat di Bumi akibat pengaktifan sistem Genisys buatan Skynet. Bumi kemudian diambil alih oleh mesin-mesin penyitas yang merajalela untuk membunuhi manusia-manusia Bumi tersisa. Kyle Reese kecil harus bersembunyi dari dunia luar hingga akhirnya dia diselamatkan oleh John Connor. John dapat diibaratkan sebagai dewa penyelamat planet Bumi. John banyak melatih manusia dan khususnya Kyle kecil untuk melindungi diri dari mesin-mesin pembunuh.
Suatu hari John Connor berencana menyerbu Skynet dengan dibantu unit miliknya; Tech-Com dan Colorado. Setelah perang berlangsung selama berjam-jam, Skynet berhasil dihancurkan. Secara tak diduga, perusahaan tersebut berhasil mengirim T-800; sebut aja dia Schwarzenegger jadul, untuk membunuh Sarah Connor yang tak lain adalah ibu kandung dari John Connor ke masa lalu. Mereka berencana mengubah masa depan dengan menyingkirkan Sarah agar anaknya tidak dapat dilahirkan. Kyle yang kini menjabat sebagai tangan kanan John, kemudian bersedia menawarkan dirinya agar dapat melindungi Sarah dan juga melacak Schwarzenegger jadul. Kyle pun pergi menggunakan mesin time travel guna kembali ke tahun 1984.

Alur cerita Genisys antara lain terjadinya kiamat di Bumi - John Connor dan Kyle Reese bersama menghancurkan Skynet -  Kyle kembali ke tahun 1984 - Schwarzenegger jadul berhasil dikalahkan oleh Schwarzenegger jadul (?) - Kyle, Sarah dan Schwarzenegger jadul berkelahi dengan T-1000 - T-1000 mati - Kyle dan Sarah pergi ke tahun 2017 - terungkapnya rahasia John Connor - Kyle, Sarah dan Schwarzenegger jadul berkonfrontasi dengan John Connor di jembatan Golden Gate - adegan perkelahian di helikopter - Kyle, Sarah dan Schwarzenegger jadul berhasil menyusup ke Skynet - Skynet berhasil dihancurkan - John Connor mati di dalam mesin time travel - Kyle, Sarah dan Schwarzenegger jadul menemui Kyle Reese kecil.

credit by Google

  • Timeline
(Jujur gue sempat agak bingung dengan alur waktunya yang maju mundur kayak undur-undur ini)
Tanggal 29 Agustus 1997 : Terjadi kiamat di Bumi yang memusnahkan umat manusia akibat pengaktifan sistem Genisys.
Tahun 2029 : Bertempat di Los Angeles, saat dimana John Connor dan Kyle Reese bersama seluruh umat manusia berperang melawan para mesin penyitas. Skynet dihancurkan.
Tanggal 12 Mei 1984 : Bertempat di Los Angeles pula, T-800; Schwarzenegger jadul berhasil tiba setelah melakukan time travel. Dia sempat dihancurkan oleh kembarannya yaitu T-800 lain. Kyle Reese juga kembali ke masa ini. Model T-1000 berhasil dibunuh dan dihancurkan. Kyle dan Sarah melakukan time travel ke masa depan.
Bulan Oktober 2017 : Bertempat di San Francisco, proyek Genisys melakukan hitung mundur pengaktifannya. Kyle dan Sarah tiba di jaman ini dan bertemu dengan John Connor. Alur cerita Genisys banyak mengambil timeline di waktu ini. John Connor mati. Skynet dihancurkan (lagi).
Tahun 2004 : Kyle Reese lahir. 
Tahun 1974 : Schwarzenegger jadul mulai melindungi Sarah saat dia berumur 9 tahun.

  • The Terminators
Mesin-mesin penyitas, mesin berbentuk kerangka tubuh manusia yang terbuat dari besi.
T-800 model 101, terminator dengan bentuk fisik menyerupai Schwarzenegger jadul.
T-1000 : terminator dengan senjata di tangan yang dapat sewaktu-waktu diubah menjadi pedang. Diberkahi kemampuan lain yaitu dapat mengubah tubuhnya menjadi logam cair.
T-3000, terminator replikasi nanomachine dari John Connor. Kemampuannya seperti Galvatron di Transformers di mana sel-selnya dapat bergerak dan menyatu sendiri.
T-5000, bentuk fisik dari Alex; orang yang menangkap John Connor saat Kyle melakukan time travel. Masa depan dari proyek Genisys.

  • You Must See
Perang manusia melawan mesin-mesin penyitas di awal film.
Adegan perkelahian antara Kyle, Sarah dan Schwarzenegger jadul melawan T-1000.
Moment perseteruan di atas jembatan Golden Gate.
Adegan perkelahian antara helikopter vs helikopter.
Dan detik-detik meledaknya Skynet.

  • Trivia
T-800 merupakan terminator yang dikirim untuk melindungi Sarah Connor di tahun 1974. Di sisi lain, terminator dengan model yang sama juga dikirim Skynet untuk membunuh Sarah di tahun 2029. Jadi ceritanya bagaimana?
Sarah merupakan ibu kandung dari John Connor. Begitu pula Kyle Reese adalah ayah dari kandung dari John Connor. John bertemu Sarah di tahun 2017 saat calon ibunya masih berumur 9 tahun (dengan asumsi time travel). John juga bertemu dengan Kyle kecil di tahun 1997. Konon dirinya tidak memberi tahu Kyle kecil jika dia adalah ayahnya suatu hari kelak agar masa depan tak berubah.
Di tahun 2017, Kyle kecil berumur 12 tahun datang untuk melihat Sarah dan Kyle dewasa sedang diinterogasi oleh polisi berkat bantuan Detective O'Brien.
Genisys is Skynet. Genisys itu sebuah nama program, sedangkan Skynet adalah nama perusahaan.
Yang memberi tahu Kyle kecil "Genisys is Skynet" pada dasarnya adalah dirinya sendiri saat dewasa.
Genisys bisa dihancurkan jika masih dalam bentuk asli mesinnya dan tidak akan bisa dihancurkan lagi jika sudah diunggah ke dalam server penghitungan mundur.
Perkataan "Garis lurus, pergi saja dan jangan menoleh (terjemahan Indonesia)" diucapkan pertama kali oleh Sarah Connor kepada Kyle kecil, akan tetapi kata tersebut diucapkan kembali oleh Kyle dewasa kepada Sarah untuk membuktikan keaslian dirinya.
Kita diharuskan bertelanjang bulat ketika hendak melakukan perjalanan waktu.
Tidak dijelaskan motif John Connor di masa depan ingin membunuh Kyle dan Sarah. Kemungkinan besar karena kedua buruannya ingin membunuhnya terlebih dahulu. Karma be like.
Kyle Reese mendapat penglihatan masa depan saat dirinya berumur 12 tahun. Bumi masih terlihat baik-baik saja dalam penglihatannya.
T-3000; terminator John Connor mati karena tubuh dan selnya terjebak di dalam mesin time travel hingga melebur.
T-1000 mati dihancurkan oleh Schwarzenegger jadul saat tubuhnya di angkat ke dalam cairan yang panasnya sanggup melelehkan logam.
T-800; Schwarzenegger jadul mendapatkan regenerasi yaitu memiliki kemampuan berubah menjadi logam cair seperti T-1000 setelah dia tercebur ke dalam cairan logam.
In a mid-credits scene, Genisys's CPU is shown to have survived the explosion!!

credit by Google


Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Gue merekomendasikan bagi yang mau menonton Terminator Genisys disarankan untuk menyimak film Terminator-Terminator sebelumnya agar lebih afdol. Setidaknya kita nanti sudah dibekali ilmu tentang per-terminatoran sehingga tidak terlihat bingung sendiri. Secara garis besar, filmnya lumayan oke buat dijadikan pemuas kebutuhan sekunder wkwk.


Next :  Ant-Man

2 komentar:

time flight