what are you looking for?

Jumat, 12 Februari 2016

Deadpool, (Bukan) Superhero Paling Cerewet

credit by Official Site

Madafaka. Berhubung Deadpool tayang dua hari yang lalu di jaringan bioskop Indonesia dan bahkan di Amerika sendiri baru tayang hari ini, gue merasa terpanggil akan membagikan review plus spoiler akbar film Deadpool haha. Setelah halangan rintangan membentang tak jadi masalah dan takkan jadi beban pikiran, gue berhasil membeli tiket di baris A! Keren sih, secara yang pada mau nonton saja harus booking tiket dulu jauh hari sedangkan gue apaan beli on the spot di waktu mepet pula. Walau filmnya termasuk lucu, jangan nonton sambil membawa anak-anak!!!
Deadpool merupakan superhero, namun bisa juga dibilang bukan superhero. Deadpool sebagai sang tokoh utama bisa dibilang superhero karena dia membela kaum yang lemah. Dibilang bukan superhero cocok pula karena dirinya lebih suka membunuhi orang. Deadpool tercipta dari hasil mutasi genetik. Buktinya dia susah banget mati dan masa penyembuhan dirinya sendiri terbilang sangat cepat. Hmm.
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

Deadpool sendiri dibuka dengan adegan Wade Wilson; yang berikutnya akan gue sebut dengan Deadpool agar terdengar lebih akrab, menumpang taksi dimana sedang mengejar penjahat yang telah membuat dirinya menjadi seorang buruk rupa. Gue sih seneng kali ya klo jadi Deadpool, aneh. Btw nama penjahatnya adalah Francis or Ajax; whatever. Si Deadpool ini rencananya ingin bales dendamlah ceritanya. Lalu Deadpool mulai berantem sengit tembak-tembakan dengan anak buahnya Francis, bahkan sang main villain pun berhasil dilumpuhkan. Sambil berantem secara slow motion, Deadpool menceritakan kisahnya dari awal sampai akhirnya berubah menjadi seorang "Deadpool".

*disini gue masih menyebut dengan Wade Wilson, soalnya inilah masa sebelum Wade berubah menjadi Deadpool*
Wade Wilson adalah lelaki yang mempunyai pekerjaan utama sebagai seorang penguntit, pemaksa, pemeras, dan pokoknya semua hal yang berhubungan dengan pembunuh bayaran. Wade mempunyai pacar bernama Vanessa, yang diperlihatkan berbodi layaknya gitar Spanyol dan bekerja sebagai pelayan bar. Dia juga memiliki sahabat karib bernama Weasel, sang pemilik bar 'Sister Margareth'. Bar kepemilikan Weasel dan bar tempat Vanessa bekerja diceritakan berbeda lokasi. Wade sangat mencintai pacarnya seperti dia mencintai pekerjaannya. Namun suatu hari semua berubah, Wade mengidap penyakit kanker. Keceriaan hilang dari wajahnya yang rupawan. Seorang agen bernama Smith membujuknya untuk mendatangi sebuah tempat yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Mantan manusia rupawan ini segera menerima dan akhirnya malah harus menjalani masa-masa terkutuk dalam hidupnya. Digantung, direbus, dibakar, direndam, dikurung serta semua hal layaknya di neraka. Tiba pada percobaan terakhir guna memancing kekuatan terdalamnya keluar. Wade disiksa tanpa oksigen dan serta merta mengubahnya menjadi mutan. Di sini mulai terdeskripsikan jika penyiksanya dikenal sebagai Francis.

credit by Google

Back to berantem-beranteman. Saat berhasil menyudutkan Francis, si Deadpool ini kedatangan teman-teman lamanya; Colossus dan Negasonic. Terjadi percakapan panjang lebar di antara ketiganya. Tak terduga, Francis pun kabur. Deadpool yang ingin mengejar penyiksanya lalu memotong tangannya sendiri dihadapan Colossus dan Negasonic. Lerrr.
Francis diceritakan ingin balas dendam pula kepada Deadpool dengan cara menculik Vanessa. Deadpool yang merasa tak mampu kemudian menerima Colossus dan Negasonic untuk membantunya menyelamatkan Vanessa. Weasel memberitahukan keberadaan Francis kepada ketiganya. Pertarungan dimulai lagi dan lagi. Colossus terlihat sibuk melawan Angel Dust, Deadpool head to head dihadapan Francis, dan Negasonic malah bersembunyi karena masih remaja. Somplak! Akan tetapi Negasonic masih sesekali membantu teman-temannya sih. Mereka bertarung di sebuah tempat yang mirip seperti kapal laut besar, atau gue mengatakan mirip dengan Millenium Falcon lol.
Kapal besar tersebut berhasil dihancurkan oleh Negasonic yang berubah menjadi semacam komet. Titian rubuh sedikit demi sedikit. Colossus beraksi bak pahlawan dengan menyelamatkan Negasonic dan Angel Dust. Vanessa selamat berkat dirinya masuk ke dalam sebuah pod. Deadpool sendiri selamat secara heroik. Francis si kuat terlihat masih hidup meski telah kejatuhan banyak peti kemas. Deadpool harus melawan musuhnya sekali lagi. Francis yang sudah terlihat lelah pun mati pada akhirnya. Tibalah waktu berkabung. Colossus mulai berpidato panjang lebar. Happy ending.


Trivia
  • Deadpool dibuka dengan adegan Wade Wilson berpakaian Deadpool sedang menumpang taksi hendak mengejar Francis. Nama si supir taksi adalah Dopinder. Laki-laki Asian ini mempunyai pacar bernama Gita. Deadpool tidak pernah diceritakan membayar sewa taksinya. Dia terlihat hanya memberikan toss sebagai bayarannya. Entah, kedua manusia tersebut malah akrab satu sama lain.
  • Semua platform sosial media mengatakan jika Deadpool mencintai hal apapun dan bergender apapun. Cinta yang benar-benar love. Mudeng? Hal ini memang terbukti adanya. Terlihat saat Wade mendapatkan pekerjaan dari Orlovsky untuk menyiksa pacarnya; Jeremy si tukang pizza. Setelah menyelesaikan tugasnya, Wade mencium Jeremy tepat layaknya dua sejoli dimabuk cinta.
  • Wade sangat amat menyukai Voltron: Legendary Defender. Itu loh robot-robotan berbentuk singa yang bisa bersatu menjadi sebuah robot besar. Mirip Power Ranger lah, anak 90an pasti tau. Entah kebetulan atau tidak, nama salah tokoh pada Voltron juga terdapat nama Wade.
  • Wade diperlakukan secara kejam oleh Francis. Siksaan paling berat yang diterimanya adalah dimasukan ke dalam kapsul yang dikurangi atau tanpa oksigen sama sekali agar kekuatan terdalamnya keluar. Kulit-kulit di tubuh Wade berkerut-kerut jelek karena kekurangan oksigen hmm. Diketahui aksi tersebut membuatnya menjadi semacam mutan kebal terhadap apapun. Jadilah doi Deadpool, taruhan kematian..
  • Colossus diceritakan memiliki tubuh yang dibalut metal baja termasuk dibagian anunya lol. Negasonic bernama lengkap Negasonic Teenage Warhead yang adalah remaja dengan keahlian penguasaan api, mampu gonta-ganti kostum sesuai keinginan dan telepati. Mereka berdua tergabung dalam grup mutan X-Man.
  • "Ajax" Francis adalah seorang dokter pembuat mutan. Bersama dengan Angel Dust, dia berhasil memperalat orang-orang sakit untuk melahirkan kekuatan terdalam mereka. Pada awalnya kedua manusia ini pun merupakan mutan hasil praktek. Francis memiliki refleks yang baik, sedangkan Angel Dust sangat kuat bagi seorang perempuan, level kuatnya setara Colossus! Pabrik tempat mereka bekerja dihancurkan oleh Wade Wilson. Francis berakhir mati ditembak kepalanya oleh Deadpool. Angel Dust setelah Colossus menyelamatkannya dari reruntuhan kapal tidak terlihat lagi batang hidungnya.
  • Agen Smith adalah orang yang membujuk Wade agar mendatangi tempatnya bekerja. Hal tersebut menyangkut penyembuhan penyakit kanker. Keduanya berbicara empat mata di dalam bar. Smith berakhir mati dibunuh oleh Wade yang telah menjadi Deadpool. Kartu nama yang diberikan oleh Smith bertuliskan angka 555 0193.
  • Ketika Deadpool sedang dalam masa persembunyiannya, dia memiliki teman seorang nenek-nenek tua buta bernama Al. Deadpool sendiri menjelaskan jika keduanya suka sekali mencuci bersama di sebuah laundry. Mereka tinggal di apartemen, namun tidak mesum bareng. Hubungan keduanya bisa dikatakan lebih dari intim. Pistol laras pendek kaliber 45 pemberian Al merupakan senjata yang digunakan Deadpool untuk membunuh Francis. Ugh so sweet..
  • Stan Lee tampil sebagai cameo pada Deadpool menjadi seorang dj atau pembawa acara di bar tempat Vanessa bekerja.
  • Deadpool pun memiliki extra scene tambahan seperti kebanyakan film-film Marvel lainnya. Mid-credits scene pertama tidak terlalu penting, hanya diperlihatkan Deadpool menggunakan baju mandi merah; kayaknya edisi Valentine, berbicara kepada penonton, "masih pada nungguin ya?" lalu menyuruh kita untuk pulang. Bagian post-credits scene memperlihatkan jika Deadpool keluar dari pintu dan dia menjelaskan jika Deadpool 2 akan menampilkan sebuah tokoh bernama Cable; seorang robot, penjelajah waktu dan bertubuh besar.

Apakah kalian sadar ketika opening Deadpool agak menyinggung tentang Green Lantern? Itu buat demi mengolok-olok pemeran utama; Ryan Reynolds, yang dahulu pernah bermain di film Green Lantern. Setan. Kalian sadar promosi Deadpool yang tergambar emot tengkorak, tai dan huruf L? Emot tai itu artinya yogurt rasa coklat. Taikkk. Film ini juga mempernyinyir X-Men dengan kata X-Man. Ingat Colossus dan Negasonic? Mereka adalah anggota dari X-Man! wkwk. Oiya film Ant-Man eh Deadpool masih berhubungan dengan X-Men Origins: Wolverine. Di mana di film tersebut memang diperlihatkan Wade Wilson yang belum menggunakan topeng namun sudah ... hm jelek.
Wolverine? Gunakan Polverine. Mengapa studio sebesar ini tidak punya cukup uang dan hanya mampu menyewa 2 mutan? 127 Hours, Freddy Krueger, dan pokoknya banyak deh adegan nyinyir-menyinyir film lain.


Grade : 
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Jadi Deadpool ini (bukan) superhero yang memiliki kekuatan bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Bikin doi gak bisa mati untuk selama-lamanya. Francis sempat mengatakan jika hendak membunuh Deadpool maka tubuhnya harus dimutilasi hingga berkeping-keping agar saat bagian tubuhnya menyatu tidak lengkap. Dua pedang milik Deadpool adalah kekuatan. Omongan-omongannya juga merupakan senjata baginya untuk menyulitkan fokus lawan. Merc with a mouth. Cerewetnya mirip sama emak pas lagi marah wkwk.
Oiya lagu soundtrack Deadpool judulnya Shoop yang dinyanyikan Salt-N-Pepa.
McAvoy or Stewart?

credit by Google


Next :  Gods of Egypt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight