what are you looking for?

Senin, 29 Februari 2016

Gods of Egypt, Kisah Dewa - dewi Mesir Versi Hollywood

Seneng banget gue kalo ngomongin Mesir kuno. Gue suka nama dewa-dewi-nya, huruf unik Hieroglif-nya dan gue juga suka maen Ancient Egypt di game Plants vs Zombies 2 wkwk. Asiknya segala tentang Mesir kuno banyak menyimpan misteri. Pharaoh, pendeta agung, mumi, Sphinx, Piramid dan masih banyak lagi. Seperti Atem dan kartu-kartu magis di komik Yugioh. Oh.
(mengandung spoiler) 

credit by Google

Gods of Egypt ngambil setting mesir kuno. Dikisahkan setelah masa penciptaan Ra sebagai dewa tertinggi penguasa jagad semesta raya memiliki dua orang anak. Anak pertama ialah Osiris, dia dikasih bagian yang enak untuk mengatur daratan-daratan subur dipinggir sungai Nil. Tapi lain halnya sama adiknya, Set yang hanya dikasih warisan menguasai padang pasir gurun tandus gak enak.
Horus, anak dari Osiris tiba saatnya naik jadi raja menggantikan ayahnya. Sebelum penobatan diadakan acara meriah di kuil Osiris. Semua dewa pada dateng, rakyat jelata pada ngasih persembahan. Yang gak diduga Set juga hadir dan memberi sesembahan berupa terompet atau sangkakala. Pas Horus niup itu terompet, pasukan pelayan setia Set dateng trus nyerang. Berantemlah Set dan Horus. Mata Horus dicopot gtu aja. Horus dikalahkan dan diasingkan, Set naik jadi raja baru Mesir.

credit by Youtube

Mesir ngenes dibawah pemerintahan Set. Para mortal disuruh kerja paksa untuk membuat monumen peringatan bagi persembahan Ra. Dewa-dewi yang menentangnya semua diasingkan. Set merupakan raja yang kejam. Bek yang kebetulan jadi budak selalu setia mendatangi Zaya. Suatu hari Zaya ngasih tau Bek dimana letak mata Horus. Bek yang suka mencuri kemudian menyusup ke dalam sebuah ruang penyimpanan Set. Dengan menghindari rintangan yang rumit berhasilah dia dapet mata Horus dan eng ing eng dapetnya cuman satu!
Bek balik lagi ke rumah Urshu buat nyelametin Zaya. Berhasil kabur namun Zaya terkena busur panah yang ditembakkan Urshu. *spoiler* Zaya pun tewas. Bek pergi ke makam tempat Horus diasingkan. Dia bersedia memberi Horus matanya dengan syarat menghidupkan kembali Zaya. Horus kemudian berjanji kepada Bek. Horus yang udah dapet mata satunya juga mau nuntut balas kepada Set. Disini kedua orang tersebut sepakat membantu satu sama lain.

Pokoknya ceritanya gini, Bek dan Horus berkunjung ke kapal luar angkasa tempat Ra berada untuk meminta pencerahan. Horus ngambil air penciptaan yang katanya bisa menghancurkan Set. Hathor; dewi cinta yang juga pacar Horus kabur dari Set lewat alam baka. Hathor ketemu sama Horus dan Bek pas keduanya diserang anak buah Set yang naik ular naga-nagaan Indosiar XD. Bek bilang mata Horus yang satu lagi ada di piramid Set. Ketiganya kemudian pergi menemui Thoth; dewa kebijaksanaan, cuman buat jawab soal dari Sphinx yang jaga itu piramid hmmm.
Tiba di piramid niatnya mau meracuni sungai Nil dengan air penciptaan eh keempatnya malah dijebak oleh Set. Piramid rubuh. Back to Set, diceritakan dia menjalani masa jogres, apa sih penggabungan beberapa elemen dewa. Setelahnya dia pergi nemuin Ra. Set kemudian melepaskan Chaos dan menghancurkan sungai Nil. Oiya Bek kembali ke alam baka buat nyelametin Zaya dari "timbangan maut" berkat pengorbanan Hathor. Alam baka terjadi pergolakan gara-gara Chaos, untung dapat diatasi oleh Anubis.
Di ending pamungkas terjadi duel sengit antara Horus dan Set. Bek berhasil loh mendapat sebelah matanya Horus. Tapi insiden terjadi dan mengharuskan Horus memilih antara matanya atau Bek. Anehnya Horus nyelametin Bek dan mendapatkan kembali kekuatannya yang hilang. Set berhasil ditumbangkan kali ini, Bek mati tapi gak jadi hmmm.

credit by Google

Trivia
  • Di film ini terdapat beberapa dewa-dewi yang on screen. Antara lain Ra (dewa matahari), Osiris (dewa daratan), Set (dewa gurun), Horus (dewa udara), Hathor (dewi cinta), Thoth (dewa kebijaksanaan), Nephthys (dewi ratapan), Anubis (dewa kematian) dan lain-lain.
  • Ra. Sebagai dewa matahari dia juga dewa penciptaan. Memiliki anak Osiris dan Set. Senjatanya berupa tombak cahaya yang digunakannya untuk menghalau Chaos. Sempet mati dibunuh oleh Set namun hidup lagi. Di akhir film mengabulkan satu permintaan Horus yaitu membangkitkan kembali Bek dan Zaya.
  • Osiris. Ceritanya di film mati. Mayatnya dimakamkan di sebuah kubur batu bersama dengan istrinya, Isis.
  • Set, dewa kasian yang diwarisi bagian padang gurun yang tandus. Mengibuli Horus untuk meniup terompet persembahannya dan membawa bencana bagi seluruh Mesir. Haus kekuasaan. Menjadi raja baru sesaat. Membangun monumen persembahan buat Ra tapi Ra sendiri gak suka, kasian *pukpuk. Set mati setelah berduel dengan Horus.
  • Horus, dewa jagoan di film ini. Harusnya naik tahta menjadi raja malah matanya dicopot gtu aja sama pamannya Set :( Intinya jadi raja Mesir. Pada akhirnya memberikan jabatannya kepada Bek.
  • Hathor. Dewi cinta, "Mistress of the West". Pacar dari Horus. Memiliki gelang anti kematian yang terukir 42 iblis yang dibunuh Horus. Pertamanya menjadi ratu Set lalu berkhianat. Mengorbankan dirinya sendiri untuk membantu Zaya di alam baka mencapai keabadian. Tubuhnya diambil oleh para roh orang mati, gelangnya dititipkan kepada Bek yang menaruhnya di timbangan amal alam baka.
  • Thoth, dewa kebijaksaan yang memiliki kuilnya sendiri. Ibarat kembar seribu dia memiliki ilusi yang mirip dirinya. Otaknya sempet diambil Set untuk jogres.
  • Nephthys, dewi ratapan yang juga istri pertama Set. Namun dikhianati Set dengan menikahi Hathor. Sayapnya dipotong paksa oleh Set untuk ritual jogres.
  • Ngomongin soal jogres, jogres itu gue bilang penyatuan beberapa elemen dari para dewa. Set melakukan ritual itu untuk mencapai kesempurnaan. Sayap Nephthys, otak Thoth, sebelah mata Horus dan tombak dari Ra dilebur jadi satu ke dalam tubuh Set.
credit by Google

  • Bek adalah seorang mortal. Mortal itu adalah manusia, cuman para dewa nyebut manusia itu mortal. Punya pacar bernama Zaya. Zaya mati dipanah oleh Urshu. Berhasil bertemu Zaya di alam baka dengan membawa gelang anti kematian Hathor. Di akhir film Bek mati karna kehabisan darah namun dibangkitkan kembali dari kematian berkat bantuan Ra. Zaya juga dibangkitkan lagi.
  • Set mengambil bentuk Jackal atau anjing hitam yang mirip Anubis saat berubah. Horus mengambil bentuk Falcon.
  • Tinggi monumen yang dibuat Set untuk Ra adalah 2.220 cubite. Dan ini bukan kue cubit! Ukurannya seperti 3.330 kaki.
  • Set diatur oleh Ra agar tidak punya anak, karena dialah orang yang akan menggantikan Ra berada di kapal angkasa menghalau Chaos setiap malam saat udah pensiun.
  • Urshu ceritanya mati didorong Bek jatuh dari lift kayu buat naik ke monumen.
  • Nama dua cewek kembar yang naik ular naga-nagaan Indosiar adalah Astarte dan Atat. Lidahnya bercabang kayak ular. Piaraannya ular yang bisa nyemburin api.
  • Pertanyaan dari Sphinx adalah
I never was, am always to be
Aku tidak pernah lalu, aku selalu menjadi
No one ever saw me, nor ever will
Tak seorang pun pernah melihat aku, dan tidak akan pernah
And yet I am the confidence of all
Namun akulah semua kepercayaan
To live and breathe on this terrestrial ball
Untuk hidup dan bernapas pada dunia ini
  • Jawaban dari pertanyaan Sphinx adalah tomorrow atau hari esok. Thoth sempet menjawab ketertiban dan masa depan tapi salah.
  • Mata sebelah Horus yang terjatuh dari monumen ditemukan sama seorang anak perempuan kecil.

credit by Google

Grade :
Outstanding - Exceeds ExpectationsAcceptablePoor - Dreadful - Troll

Cuman gue yang aneh dan gak setujunya di alam baka setelah kita mati untuk mencapai keabadian (surga) dan hukuman (neraka) dihitung berdasarkan harta, lebih tepatnya emas! Parah njir mau mati kita aja kita harus bawa-bawa emas biar masuk surga! Emasnya ditaruh di dalam timbangan maut yang di kanannya ada bulu; persis Millenium Scale lah. Contohnya Urshu, mau mati aja doi ditubuhnya udah dipasangin perisai emas buat oleh-oleh mati hmmm. Tapi tradisi ini dihapus pas Horus jadi raja. Orang mati untuk mencapai keabadian dihitung berdasarkan kebaikan; yang ini gue setuju..
Di akhir film Horus bilang sama Bek bahwa dia harus pergi mencari seseorang. Bek disuruh memastikan rakyat Mesir kalo Horus baik-baik saja. Gue rasa ini yang mengilhami manusia kemudian menjadi raja Mesir yang disebut Pharaoh.
Gerard Butler huhah!

" You have the power to make things right? " - Zaya

credit by Google

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. thx min gw suka teka-teki sphinx nya,... muahhh muuaahhhhh

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kisah dewa dewi Mesir menarik seperti di film Mumy

    BalasHapus
  5. Min,Itu sebelah mata horus yang jatuh ditemuin anak kecil,Lalu Disimpan?Or Dibalikin min?

    BalasHapus

time flight