what are you looking for?

Kamis, 19 Mei 2016

X-Men: Apocalypse, Bangkitnya Mutan Terkuat

credit by Official Site

Berhubung kemaren tanggal 18 Mei gue mau ngucapin dulu selamat ulang tahun buat adek gue, Michael Nova Dewanto yang genap berusia 13 tahun. Semoga sehat selalu. Dan juga happy anniversary pertama buat blog keong bunting ini yeay. Gak nyangka aja bisa sampe umur setahun bersama wkwkwk. Makan besar!
Sebelum ngomongin film X-Men: Apocalypse ada baiknya gue cerita tentang film-film X-Men terdahulu. X-Men sebenernya punya universe-nya sendiri. Gak seperti universe Marvel lainnya yang menghubungkan Bumi ke galaksi lainnya dan bahkan sampe manggil dewa-dewa buat ikutan berantem, universe X-Men hanya mencakup mutan-mutan yang ada di Bumi aja. Gmana para mutan yang merasa tidak diterima masyarakat Bumi sampe-sampe harus mengasingkan diri mereka. Masyarakat Bumi memang mengira bahwa mutan itu mahkluk aneh dan harus dibasmi.
Di film-film X-Men terdahulu mulai dari X-Men pertama sampe terakhir X-Men: Days of Future Past alur waktunya maju mundur. Klo kayak kita yang gak nonton filmnya dari awal pasti ngerasa ceritanya gajebo, kemaren gini kok sekarang gini. Semua film X-Men direset waktunya dalam X-Men: Days of Future Past. Anggaplah film X-Men pertama, X2, X-Men: The Last Stand, X-Men Origins: Wolverine dan The Wolverine tidak pernah terjadi. Jadi saran dari gue kalian mesti banget nonton X-Men: First Class dan X-Men: Days of Future Past. Karena apa? Karena film X-Men: Apocalypse merupakan lanjutan dari dua film X-Men itu.
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

Oke ini kayaknya bakal panjang banget.
Filmnya sendiri dibuka dengan sebuah ritual pemindahan roh alam sadar seorang mutan bernama En Sabah Nur kepada tubuh mutan lainnya. Hal ini dilakukan agar jiwa dari En Sabah Nur tidak cepet tua, terkadang dia pun turut serta menyerap kekuatan tubuh dari mutan yang ditempatinya. Ketika ritual sedang berlangsung beberapa anak buahnya sendiri berkhianat dan menghancurkan piramid biar sang dewa ini gagal dalam ritual. Akan tetapi ritual berhasil. Tubuh En Sabah Nur terkubur dalam reruntuhan piramid.
Tahun 80-an hiduplah seorang anak mutan bernama Scott Summers (Cyclops). Mulanya tidak menyadari kalo dirinya adalah seorang mutan hingga suatu hari dia merasakan adanya perubahan pada matanya dan memunculkan kekuatan mutannya. Scott lalu dibawa oleh saudaranya, Alex Summers (Havok) untuk dibawa ke sekolah mutan milik Charles Xavier (Prof. X). Disuatu tempat di Berlin Timur, Angel menantang Kurt Wagner (Nightcrawler) untuk berduel di ring. Ada pula Raven Darkholme (Mystique) disana. Nightcrawler menang dengan bantuan Mystique yang menghancurkan aliran listrik ring serta membuat sayap Angel rusak. Perkelahian antar sesama gangster terjadi. Nightcrawler membawa Mystique berteleportasi.
Erik Lehnsherr (Magneto) menyoba hidup sebagai manusia normal. Memiliki istri dan seorang anak perempuan. Bekerja di sebuah peleburan besi di Pruszkow, Polandia. Di Kairo seorang perempuan dari CIA menyelidiki sebuah sekte berbahaya yang akhirnya malah membawanya kepada kebangkitan En Sabah Nur. Gempa bumi besar terjadi di seluruh dunia akibat kebangkitannya. Di sekolah Xavier, seorang mutan bernama Jean Grey mengalami mimpi buruk. Xavier mendatangi dan mencoba untuk membaca mimpinya. Terlihatlah sebuah cuplikan kiamat yang akan terjadi sebentar lagi. Dia bilang jika ini sangatlah mengerikan.
Akibat gempa seorang teknisi hampir tertimpa sebuah mesin pengaduk besi. Erik lalu mengendalikan mesin itu guna menyelamatkan temannya. Namun semua berubah. Teman-temannya sendiri menghubungi pihak kepolisian untuk menangkap Erik dan keluarganya. Hal ini masuk akal karena Magneto yang mereka lihat di Washington DC sepuluh tahun lalu kini berada di dekat mereka. Salah satu polisi secara tak sengaja membunuh anak dan istri Erik di hutan. Anak Erik juga ternyata mutan. Kemudian Erik membunuh semua polisi dan kembali untuk menuntut balas terhadap teman-temannya.

credit by Google

En Sabah Nur mulai merekrut beberapa pengikut yang dikenal sebagai The Four Horsemen. Dimulai dengan merekrut seorang mutan perempuan bernama Ororo Munroe (Storm) di Kairo. En Sabah Nur memberinya kekuatan besar. Lalu dia juga merekrut perempuan di sebuah klub bernama Caliban. Klub ini berhubungan dengan Mystique. Seorang perempuan yang ahli bela diri pedang berjuluk Psylocke. Angel yang kini stress dan mabuk-mabukkan juga direkrut. Bahkan sayapnya juga diubah menjadi logam. Terakhir direkrutlah Magneto. En Sabah Nur sengaja membawa Magneto ke Auschwitz, tempatnya ditempa oleh NAZI untuk mengeluarkan kekuatan mutannya di film X-Men: First Class. Magneto diyakinkan agar dapat mengendalikan logam langsung dari inti Bumi.
Xavier tidak tinggal diam. Dia lalu mencari siapa perempuan yang menyaksikan kebangkitan En Sabah Nur di Kairo. Ternyata dia adalah Moira Mactaggert, orang yang juga love interest-nya. Xavier menemuinya. Dengan bujukan Moira bersedia agar mengikutinya. Xavier kini bersemangat karena kedatangan Raven kembali. Xavier dan lainnya menuju Cerebro mencari tau apa yang terjadi. Ketika sedang berbincang-bincang dengan Magneto, En Sabah Nur menghubungkan pikirannya dengan pikiran Charles untuk meluncurkan roket-roket. Charles colaps. Havok lalu menghancurkan cerebro dengan kekuatannya. Tiba-tiba En Sabah Nur dan pengikutnya menemui Charles di sekolah. Charles diculik. Sekolah meledak.
Dengan bantuan Peter Maximoff (Quicksilver) semua anak di sekolah berhasil diselamatkan. Tak bertahan lama datang satu regu pasukan yang dikomandoi oleh William Stryker. Raven, Peter, Hank McCoy (Beast) dan Moira diculik. Nightcrawler berteleportasi ke dalam helikopter bersama Scott dan Jean untuk membantu yang diculik. Semuanya berada di bendungan danau Alkali. Dengan bantuan dari Wolverine semuanya berhasil menyingkirkan pasukan itu. Stryker kabur. Jean yang mendapat pesan dari Xavier mengajak semuanya pergi ke Kairo.
En Sabah Nur menggunakan kekuatan Xavier untuk menyampaikan pesannya pada manusia Bumi. Pesannya yaitu penduduk Bumi tersesat dari ajaran Tuhan palsu dan harus ditolong olehnya. Maka dunia harus dihancurkan dan dibangun kembali. En Sabah Nur membuat piramid yang akan digunakannya mentransfer roh alam sadarnya ke Xavier, dan mencuri kekuatan pastinya. Tibalah pertempuran para anggota X-Men melawan En Sabah Nur beserta pengikut-pengikutnya.

credit by Google

The Facts
  • Ashir En Sabah Nur (Apocalypse) adalah mutan pertama di muka Bumi sekitar 10.000 tahun lalu. Di televisi disiarkan bahwa Magneto dan Mystique lah mutan pertama yang baru dikenal manusia era modern setelah perjanjian perdamaian di Paris dan perang Vietnam tahun 1973. En Sabah Nur selalu melakukan ritual pemindahan roh alam sadar disaat dirinya sudah menua atau hampir mati. Disetiap kebangkitannya selalu dikhianati oleh para pengikutnya. Di film ini, En Sabah Nur mati dan tubuhnya hancur dikalahkan oleh Jean Grey, Scott Summers, Magneto dan Storm yang berkhianat.
  • Menurut Moira Mactaggert, The Four Horsemen adalah empat penunggang kuda sesaat sebelum terjadinya kiamat. Disimbolkan oleh wabah, perang, kelaparan dan kematian. Di kitab Injil ini disinggung tapi kata Moira Injil-lah yang mencontek. Di film ini keempatnya adalah Storm, Psylocke, Archangel dan Magneto.
  • Ororo Munroe (Storm) adalah seorang mutan perempuan pencuri di Kairo. Mulanya dia ketauan melakukan pencurian namun diselamatkan oleh En Sabah Nur yang memberinya kekuatan besar. Memiliki keahlian mengendalikan cuaca. Saat pertempuran dia bertarung melawan Scott Summers. Pada akhirnya mengkhianati En Sabah Nur dan bergabung ke dalam anggota X-Men.
  • Psylocke mulanya anggota klub Caliban. Direkrut En Sabah Nur dan memberinya kekuatan lebih. Mutan perempuan paling badass! Jago dalam ketangkasan pedang. Saat pertempuran dia melawan Beast. Ketika En Sabah Nur dikalahkan Pyslocke kabur.
  • Archangel pada mulanya bernama Angel. Keahliannya bisa terbang dan menyerang dengan sayap logamnya. Saat di Berlin Timur dia berduel melawan Nightcrawler di atas ring dan berhasil dikalahkan. Ketika direkrut oleh Sabah Nur dia sedang stress karena sayapnya rusak, sumber mata pencahariannya hilang. Ketika pertempuran di Kairo, dia kembali melawan Nightcrawler dan masih juga kalah. Archangel terjebak di dalam pesawat anggota X-Men dan mati meledak bersama.
  • Erik Lehnsherr (Magneto) menyamar sebagai manusia biasa dengan nama Henryk Gurzsky. Bekerja di pabrik pengolahan besi dan juga memiliki istri dan anak perempuan bernama Nina. Nah si Nina ini ceritanya juga mutan yang bisa mengerti bahasa binatang. Saat istri dan anaknya meninggal niat jahatnya bangkit lagi untuk memimpin mutan mengalahkan manusia. You know lah kekuatannya mengendalikan logam. Pada akhirnya Magneto ini baikan lagi sama Charles dengan bujukan Mystique dan Peter. Dia bahkan membantu para X-Men mengalahkan En Sabah Nur.
  • Para anggota X-Men antara lain adalah Charles Xavier (Prof. X sebagai pemimpin), Raven Darkholme (Mystique), Scott Summers (Cyclops), Hank McCoy (Beast), Jean Grey, Peter Maximoff (Quicksilver) dan Kurt Wagner (Nightcrawler). Moira Mactaggert ikut dalam pertempuran Kairo tapi dia bukan anggota kerena manusia biasa. Di akhir film Storm ikut serta.
  • Scott Summers (Cyclops) memiliki kekuatan sinar laser dari matanya. Sengaja selalu memakai kacamata untuk meredamnya. Love interest dari Jean Grey. Scott merupakan adik dari Alex Summers (Havok). Sebenernya punya satu lagi adik bernama Gabriel Summers (Vulcan) tapi gak dimunculin disini.
  • Kurt Wagner (Nightcrawler) memiliki kekuatan teleportasi. Tubuhnya warna biru dan berasal dari sirkus Munich. Mutan religius. Dia lah yang berperan besar ketika membunuh Archangel.
  • Peter Maximoff (Quicksilver) memiliki kekuatan berlari dengan sangat cepat. Bahkan En Sabah Nur sendiri gak sanggup melawannya. Tapi akhirnya bisa deng. Peter adalah anak laki-laki dari Magneto. Disini Wanda Maximoff (Scarlet Witch) sebagai kembarannya diceritakan gak ada, soalnya dia maen di film sebelah :v
  • Jean Grey lah mutan terkuat di film X-Men ini. Dia memiliki kekuatan yang bahkan dia sendiri gak tau adanya. Kekuatan besarnya seperti Phoenix. Kekuatan lainnya adalah telekinesis dan membaca pikiran. En Sabah Nur dikalahkan telak olehnya.
  • Raven Darkholme (Mystique) memiliki kekuatan merubah bentuk tubuhnya. Pahlawan Amerika. Hank McCoy (Beast) merupakan mutan paling kuat, kuat disoal tenaganya. Ilmuwan sekaligus pengajar di Xavier School.
  • Alex Summers (Havok) memiliki kekuatan penghancur menggunakan sinar laser yang diredam sebuah alat di dadanya. Mati saat ledakan di sekolah Xavier yang dilakukan oleh En Sabah Nur.
  • Ingatan dari Moira Mactaggert dikembalikan oleh Xavier. Ingatan tentang Xavier, ingatan tentang mutan, ingatan di pantai Kuba dan seluruh ingatannya yang ada di film X-Men: First Class.
  • Logan (Wolverine) kabur setelah membunuh semua pasukan anak buah Stryker di bendungan danau Alkali. Sebelumnya dikurung di penjara khusus yang terbuat dari besi. Ditolong oleh Jean Grey dengan mengembalikan beberapa ingatan lamanya.
  • Charles Xavier (Prof. X) tadinya hampir mati. Diselamatkan oleh Nightcrawler dengan teleportasi sambil membawa tubuhnya. Dia secara sengaja masuk ke dalam pikiran En Sabah Nur untuk mengalahkannya. Namun disini En Sabah Nur lebih kuat, untung saja Jean Grey datang menyelamatkannya lagi dalam pikiran.
  • Stan Lee dan istrinya tampil sebagai cameo menjadi warga Amerika yang sedang berpelukan ketika roket-roket diluncurkan.
  • Nama lain dari En Sabah Nur seperti dari perkataannya adalah Elohim, Shem atau Ra. Di trailer film dia menyebut dirinya sendiri sebagai Ra, Krishna atau Yahweh.
  • Kepala Charles Xavier menjadi botak karena efek dari proses transformasi pemindahan roh alam sadar En Sabah Nur.
  • Diakhir film para anggota X-Men dilatih oleh Mystique bertempur melawan para sentinel. Sentinel sendiri terlihat di film X-Men: Days of Future Past.
Adegan yang mesti kalian tonton adalah ketika roket-roket negara adidaya diluncurkan otomatis atas kelakuan En Sabah Nur. Adegan Quicksilver yang menyelamatkan anak-anak sekolah Xavier juga patut disimak. Lucu broh. Juga ketika pertempuran di Kairo yang kata En Sabah Nur akan membuat Kairo menjadi pusat alam semesta. Anjay.

credit by Google

Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Filmnya sendiri menurut gue diawal bagus diakhir jeblok. Pertama pas pengenalan tokoh-tokohnya lumayan menyakinkan apalagi En Sabah Nur yang notabene bikin serem feel-nya dapet. Tapi setelah menyimak pertempuran di Kairo gue kecewa. Yakin bakal seru banget banget nget gak taunya biasa aja. En Sabah Nur matinya juga kurang greget secara dia katanya mutan paling kuat kan ya masak dikalahin Jean langsung pasrah. Mutan terkuat di sini ternyata adalah Jean Grey. Penyesatan agama sudah pasti. Ditonton oke, gak ditonton gak rugi. Gue suka Cyclops, gue suka Wolverine, gue suka Quicksilver, gue suka Psylocke.
Yap buat kalian yang sabar nunggu post-credits scene X-Men: Apocalypse, you got it. Setelah insiden penyerangan Wolverine di bendungan danau Alkali terlihat beberapa pasukan sedang bersih-bersih. Data-data dan serum Weapon X diambil untuk penyelidikan. Weapon X disini adalah Wolverine. Mereka memiliki beberapa serum warna-warni. Diketahui dari kopernya tertulis Essex Corp. Status yang beredar itu hint buat the next villain untuk film Wolverine berikutnya. Yang paling menyakinkan adalah Mr. Sinister.

" Everything they've built will fall! And from the ashes of their world, we'll build a better one! " - En Sabah Nur

credit by Google

8 komentar:

  1. stuju bro apocalypsnya gampangan banget disini ..padhal di komiknya badass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apocalypse bilangnya mutan tertua, mutan paling kuat yang pernah ada, bahkan sampe ngaku-ngaku dirinya Tuhan. gak taunya dilawan Jean Grey gtu doang langsung keok. lucu :))

      Hapus
  2. Setidaknya dialah mutant terkuat nomor 2,dan kekuatannya itu unique, Dsn memang Phoenix adalah kakuatan yang paling kuat, liat aja film Last Stand, Jean grey bahkan bisa menghancurkan semua jadi debu sendirian. :-) Xavier and Jean Grey Lover

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut gue pribadi kekuatan En Sabah Nur dengan Magneto masih lebih unggul Magneto. Secara dia bisa menguasai logam. Bumi aja bisa diacak-acak sama Magneto. Lah En Sabah Nur apa? Di film cuma ngubah sayap dan mentato Angel biar keliat sanggar, ngasih pakaian seksi buat Psylocke, ngasih uban buat Storm dan ngasih Magneto helm tiruan wkwkwk.
      Intinya di film ini En Sabah Nur kurang dapet pesona dan gregetnya.

      Hapus
  3. Dialog apocalypse waktu ngenalin diri sbg tuhan diganti...kalo di trailer dia ada bilang " ra, krishna, yahweh" pas di film berubah jadi "elohim, shem, ra" pasti karena di protes pemimpin umat hindu karena bawa" dewa krishna...kalo ra dewa mesir kuno msh dipake coz ga ada protes kali ya n yahweh sebutan tuhan untuk org yahudi kalo ga salah, diganti mgkn kena protes jg..kapok sutradaranya samain apocalypse dgn tuhan berbagai agama...makanya harus hati" sebelum buat dialog coz urusan agama sangat sensitif....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ra : Dewa matahari, dewa tertinggi zaman mesir kuno
      Krishna : salah satu dewa dalam agama Hindu
      Yahweh : Tuhan bangsa Israel dan Yehuda
      Elohim : sebutan lain dari Tuhan bangsa Ibrani, muncul di kitab Keluaran Musa
      Shem : anak tertua dari Nuh

      Hapus
  4. bang mau tanya, berarti xmen: days of future past ngerubah semua sejarah?
    kan di the last stand, si charles sama magneto merekrut jean pas jean masih kecil dan charle sama magneto udah tua. sedangkan di xmen:apocalypse jean udah remaja dan udah ikut charles

    BalasHapus
    Balasan

    1. Jika melihat dari X-men series, film Days of Future Past memang mereset seluruh X-men universe, hal ini sudah terkonfirmasi langsung oleh sang sutradara.

      Hapus

time flight