what are you looking for?

Sabtu, 28 Mei 2016

Warcraft: The Beginning, Keruntuhan Draenor Bencana Azeroth

credit by Google

Eh mau curhat dikit. Baru kali ini gue nonton film salah studio. Gue udah liat baik-baik studio film Warcraft yang tertera di tiket itu studio 2. Setelah beli cemilan dan soft drink gak tau kenapa gue ngeloyor ke studio 1. Pantes pas duduk rasanya aneh, dan ketika filmnya mulai yang diputer film My Stupid Boss. Anjay!!! Gue langsung keluar studio dengan anggunnya trus bilang sama mbak-mbak penjaganya gue salah studio. Ampun malunya awkakkak T.T
Ngomongin film Warcraft, gue sama sekali gak ada ekspektasi lebih buat film ini. Trailernya lumayan seru. Erm nonton film ini juga karena temen-temen pada ngomongin apa itu Warcraft. Ditambah lagi gue sama sekali gak maen game Warcraft. Jadilah nonton film ini buat hiburan doang. Yelah.
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

Filmnya sendiri berjudul Warcraft: The Beginning. Tapi biasa pada nyebut Warcraft doang, mungkin karena ini film pertamanya jadi gak perlu disebut pake embel-embel. Bercerita tentang perseteruan antara bangsa orc dengan bangsa manusia. Bangsa orc memang rada aneh. Setelah Draenor ditaklukan oleh Gul'dan, seluruh bangsa orc ini malah menjadikannya pemimpin. Mungkin pada takut kali. Gul'dan merasa dipanggil dan dikuasai oleh sihir fel. Dia tidak hanya menyuruh para orc menyerang sesamanya sendiri tapi juga berniat menyerang bangsa-bangsa lain diluar planet Draenor. Gul'dan membuat sebuah portal kegelapan yang disalurkan dengan jiwa-jiwa bangsa draenei untuk membuat para orc bisa berteleportasi dari satu tempat ke tempat lain.
Durotan seorang kepala suku orc membawa istrinya yang sedang hamil ikut berteleportasi. Ternyata mereka semua tiba di dunia bangsa manusia tepatnya Stormwind. Gak disangka istri Durotan mau melahirkan. Gul'dan membantu persalinan dan memberkati si anak agar menjadi orc yang sangat kuat. Di kastil, raja Llane Wrynn mengirim seorang komandan perangnya bernama Anduin Lothar untuk menemui dan membujuk sang Guardian. Raja merasa terdapat ancaman yang telah menghancurkan beberapa desa dibawah kerajaannya. Lothar turut mengajak seorang penyihir tingkat pemula bernama Khadgar yang diam-diam masuk ke sebuah barak di Ironforge untuk bersama menemui sang Guardian.
Sang Guardian ceritanya berdiam di suatu tempat bernama Karazhan dengan ditemani oleh asistennya. Dengan bujuk rayu dari Lothar si Guardian ini mau membantu. Ketiganya lalu pergi ke hutan Elywnn untuk mengenyahkan para orc yang hendak menyerang desa di dekat sana. Beberapa orc berhasil dilumpuhkan berkat bantuan sang Guardian. Sesosok makhluk perempuan berhasil ditangkap untuk diinterogasi dihadapan raja.

credit by Google

Ternyata orc-orc yang diserang di hutan adalah suku pimpinan Durotan. Gul'dan mulanya marah kepada Durotan namun gara-gara bantuan temannya, Orgrim dia gak jadi marah. Di kerajaan, Garona si makhluk perempuan memberitahu bahwa para orc tiba di dunia mereka lewat sebuah portal kegelapan. Bukan hal mudah untuk melawan orc-orc ini karena mereka semua dilindungi oleh Gul'dan yang bisa menguasai sihir fel. Tapi Garona juga memberi tahu jika para orc bermukim di dekat gunung hitam. Pergilah raja Llane, Lothar, Garona, Khadgar dan beberapa pasukan menemui para orc.
Di gunung hitam pasukan raja disambut oleh Durotan dan sukunya. Garona memberitahu bahwa dia dan Durotan udah calling-calingan sepakat untuk membantu bangsa manusia membunuh Gul'dan dan menyelamatkan bangsa orc. Ketika sedang berbincang-bincang, anak buah Gul'dan datang dan menyerang semuanya. Durotan dan sukunya bersatu melindungi pasukan raja. Sang Guardian datang dan membuat sebuah perisai petir di pinggiran gunung untuk menyelamatkan semuanya.
Sekembalinya Durotan dan sukunya dari gunung hitam, mereka sudah tidak diterima oleh para orc. Berkhianat katanya. Suku-suku Durotan diserang oleh para orc sendiri. Durotan dikurung. Istri Durotan berhasil kabur. Medivh sang Guardian berhasil menyakinkan raja Llane agar menyerang para orc. Lothar yang tidak setuju dengan cara sang Guardian dimasukkan ke dalam penjara. Ternyata dan ternyata Medivh dikuasai oleh sihir fel. Dialah yang memanggil Gul'dan untuk menyerang bangsa manusia. Asistennya aja dibunuh. Khadgar tahu jika ada yang aneh dengan Medivh. Pergilah Khadgar menemui Kirin Tor mencari pencerahan. Di sana dia menemukan kalo benar sang Guardian dirasuki oleh iblis. Khadgar menemui Lothar di penjara untuk mencegah Medivh semakin menghancurkan bangsa manusia.

credit by Google

Raja Llane, Garona dan pasukan lain pergi ke portal kegelapan. Setelah menyakinkan raja, Medivh kembali ke Karazhan guna menyelesaikan doa-doa nya membuka portal. Khadgar berhasil membebaskan Lothar dan pergi mencegah Medivh di Karazhan. Jadi ceritanya si Medivh menghidupkan golem yang dibuatnya di awal film untuk melawan Lothar dan Khadgar. Gak taunya golem ini senjata makan tuan dan malah membunuh Medivh. Pertempuran bangsa orc dan bangsa manusia terjadi di dekat portal kegelapan. Gul'dan sempet manggil beberapa bala tentara orc dari Draenor tapi berhasil digagalkan. Pas Medivh sedang sekarat dan sudah tidak terpengaruh iblis dia malah membuka portal ke arah Stromwind. Pasukan raja tiba-tiba menang telak gtu. Mereka nyelametin orang-orang tak berdosa yang diculik Gul'dan melewati portal. Akan tetapi keadaan kembali berbalik ketika Medivh mati. Portal rusak. Raja Llane membuat sebuah wasiat untuk Garona. Si Garona mau gak mau harus melakukannya guna menyelamatkan bangsa manusia. Lothar dateng di saat terakhir dan menantang Blackhand, kepala perang suku orc berduel sampai mati.

credit by Google

The Facts
*correct me if I'm wrong*
  • Nama-nama suku atau clan bangsa orc yang disebut di film ini antara lain Blackrock, Frostwolf, Warlock dan Laughing Skull.
  • Durotan adalah pemimpin dari suku Frostwolf. Dia memiliki seorang istri bernama Draka yang sedang hamil. Ceritanya si Draka melahirkan seorang anak laki-laki yang kemudian diberi nama Go'el; kembarannya Go'jek wkwkwk. Gue ceritain tentang Draka dulu. Draka kabur setelah suku Frostwolf diserang oleh para orc. Dia dikejar-kejar sampai akhirnya menghanyutkan Go'el anaknya di sungai. Agar suatu hari anaknya dapat menjadi seorang orc yang menyelamatkan bangsanya. Draka sendiri mati ditusuk pisau. Durotan sendiri sempat menantang Gul'dan berduel Mak'gora. Namun karena dicurangi jiwa Durotan berhasil diserap oleh Gul'dan dan mengakibatkannya mati. Sebenernya Durotan itu orc yang baik, dia tidak hanya membantu teman-teman suku orc-nya ketika dalam bahaya tapi juga mau berkorban untuk membantu bangsa manusia mengalahkan Gul'dan.
  • Mak'gora adalah duel satu lawan satu sampai ada yang mati dalam kebudayaan bangsa orc. Biasanya siapapun dia jika menang maka para orc akan memperlakukan sebagai layaknya pemenang. Gul'dan sempat curang ketika berduel Mak'gora melawan Durotan. Lothar berduel Mak'gora melawan Blackhand di akhir pertempuran.
  • Anduin Lothar adalah seorang komandan perang di dalam kerajaan Stormwind. Mempunyai seorang anak bernama Callan yang mati dibunuh oleh Blackhand saat kejadian di gunung hitam. Dia turut membantu Khadgar mencegah sang Guardian untuk membuka portal. Menuntut balas dengan berduel Mak'gora melawan Blackhand. Tapi menang sih. Diakhir film dia menjadi raja baru Stromwind. Lothar kayaknya suka sama Garona.
  • Khadgar disini seorang penyihir tingkat pemula yang di tangannya terdapat tanda Kirin Tor. Keluarganya menyerahkan dirinya ketika berumur enam tahun kepada Kirin Tor untuk dilatih menjadi penyihir handal. Punya kekuatan sihir yang levelnya masih dibawah Medivh tapi udah keliatan jago. Dia juga yang pertama curiga ada yang aneh sama Medivh. Khadgar berhasil mencegah Medivh dalam usahanya berbuat kejahatan. Di akhir film dia kayaknya jadi penerus baru sang Guardian. Oiya dia juga suka sama Garona.
  • Garona Halforcen, perempuan setengah orc setengah draenei yang membantu manusia. Namanya dalam bahasa orc berarti terkutuk. Ibunya dibakar hidup-hidup setelah melahirkannya. Saat pertempuran orc melawan manusia, dia menerima perintah raja Llane untuk membunuhnya dan membuat seakan-akan dirinya berkhianat. Garona akhirnya di terima oleh bangsa orc.
  • Llane Wrynn adalah raja di Stormwind. Mempunyai seorang istri bernama Taria dan dua orang anak perempuan. Dirinya mati ditusuk oleh Garona. Sebenernya Llane sendiri yang meminta agar Garona membunuhnya untuk kebaikan bersama. Tubuhnya dibawa oleh Lothar dan dimakamkan di Stormwind.
  • Sang guardian bernama Medivh. Tugas sang Guardian adalah melindungi Azeroth dari bahaya. Medivh tinggal bersama asistennya bernama Moroes di Karazhan. Akibat pengaruh sihir fel, Medivh memanggil Gul'dan dan para orc ke dunia manusia, membunuh asistennya sendiri dan memancing Azeroth dalam kehancuran. Akhirnya mati setelah ditimpa oleh golem, Khadgar yang melakukan sihir pemindahan golemnya. Tapi pas lagi sekarat dia sempat mengubah portal menjadi ke arah stormwind untuk membantu pasukan raja.
  • Orgrim Doomhammer, teman baiknya Durotan di suku Frostwolf. Dia sengaja menyuruh Draka dan anaknya agar kabur. Dia juga yang menyelamatkan Durotan dari kurungan. Orgrim mengambil gigi dari Durotan buat kenang-kenangan Go'el ketika sudah dewasa.
  • Blackhand, kepala perang bangsa orc dan tangan kanan Gul'dan memakai tulang belulang makhluk hidup di bahunya. Mendapatkan transfer jiwa Durotan dari Gul'dan agar makin kuat. Mati saat berduel Mak'gora melawan Lothar. Selangkangannya ditebas pedang sama si Lothar hmm.
  • Cara kerja portal kegelapan adalah dengan menggunakan jiwa-jiwa draenei atau makhluk hidup lain agar bisa terbuka. Medivh memanggil Gul'dan untuk datang menghancurkan Azeroth. Medivh yang baca-baca doanya, Gul'dan yang mentransfer jiwa-jiwanya.
  • Pas Khadgar hendak menemui Kirin Tor dia sempat bertemu dengan Alodi. Alodi-lah yang memberitahu bahwa sang Guardian dikuasai sihir fel. Alodi berbentuk sebagai seorang penyihir perempuan dengan aura kegelapan dan matanya hitam.
  • Raja Llane mempunyai peliharaan seekor Gryphon, mirip Buckbeak di film Harry Potter. Medivh sang Guardian membuat sebuah golem untuk mengusir kebosanan di Karazhan. Ketika dikuasai iblis kepala golem ini gak sengaja kebelah oleh dirinya sendiri. Tubuhnya remuk menimpanya.
  • Gul'dan disini ceritanya gak mati. Dia hanya marah-marah ketika Lothar menang melawan Blackhand. Pengennya sih membunuh Lothar tapi para orc tidak mau membantunya karena Mak'gora bersifat suci, mereka menerima siapapun yang menang; walaupun bangsa manusia yang menang.

credit by Google

Grade :
Outstanding - Exceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Buat yang bingung dan gak mudeng istilah-istilah di film ini gue kasih penjabaran sedikit. Dunia Warcraft dibuat semacam tata surya yang terdiri dari planet Azeroth, Draenor, Argus, K'aresh, Xoroth dan Nathreza. Draenor adalah planet tempat tinggal para orc dan draenei. Azeroth itu planet yang eksis di film ini. Azeroth terdiri dari beberapa pulau besar antara lain Kalimdor, Northrend, Pandaria, Eastern Kingdoms dan pulau-pulau kecil lainnya. Eastern Kingdoms disini adalah pulau paling dominan tempat beberapa bangsa bermukim. Ironforge, tempat para kurcaci tinggal. Stormwind, kerajaan tempat bangsa manusia. Dalaran, tempat penyihir Kirin Tor melatih penyihir-penyihir baru. Kesemua dunia ini punya PBB-nya sendiri dengan sebutan Horde dan Alliance. Horde adalah perserikatan bangsa orc, Alliance adalah perserikatan bangsa manusia, kurcaci, peri dan lain-lain.
Adegan yang mesti kalian tonton adalah pertempuran pamungkas antara bangsa orc dan bangsa manusia di dekat portal kegelapan. Grafis film Warcraft ini mantep bener. Sekuel film mungkin ada. Film ini merupakan visualisasi dari game yang sama berjudul Warcraft.

credit by Google

3 komentar:

  1. Mohon maaf bila mengganggu,tapi nama orc perempuan yang ditangkap itu adalah Garona dengan nama belakang Halforcen,dia bukan setengah manusia,dia adalah setengah Dranei,Draenei merupakan salah satu penduduk Draenor,Draenei itu adalah makhluk yang digunakan Guldan untuk memberi kekuatan pada portal.Ma'gora itu sebenarnya mak'gora.Nama sihir yang sebenarnya bukan sihir Yel tapi Fel,kalo di game disebut Fel Magic.Nama binatang yang mirip hypogriff itu adalah Gryphon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya terima kasih banget yah udah benerin banyak sekali kata-kata yang salah di postingan ini. Makanya itu gue nulis "correct me if I'm wrong" di atas soalnya gue nontonnya sambil ngantuk, maklum dapet jam tayang kemaleman.
      Sekali lagi terima kasih :D

      Hapus
  2. Kalo dari novelnya, Gorona itu anaknya Orc (namanya Ur Aman ibunya manusia) jadi ceritanya, si Gul'dan nyuruh Ur aman buat kawin sama manusia wanita buat lihat hasilnya seperti apa, nah setelah lahir anaknya (Gorona) oleh guldan dipiara, mamaknya dimatiin, bapaknya mokad ditangan lothar waktu perang pertama Orc nyerang stormwind (Orc kalah), terus perang ke 2 Manusia nyerang Orc. (Tapi di Movie di balik dari yang dinovel)

    Btw... sebenarnya si sutradara mau bikin film dari seri warcraft 3, tapi gak jadi, terus bikin film warcraft dari awal cerita.

    BalasHapus

time flight