what are you looking for?

Senin, 01 Agustus 2016

Ice Age: Collision Course, Kisah Cinta di Penghujung Kehidupan

credit by Google

Petualangan Manny, Sid dan Diego kembali dimulai. Kali ini masalah yang dihadapi mereka adalah sebuah asteroid besar yang akan menghancurkan seluruh spesies di Bumi. Para binatang di Ice Age harus bersatu agar dapat mencegah asteroid tiba di Bumi dengan cepat. Belum lagi anak perempuan Manny, Peaches telah menemukan cinta sejatinya di dalam diri Julian. Peaches dan Julian berniat segera menikah dan  pergi meninggalkan Manny dan Ellie. Masalahnya bisakah Peaches hidup di luar sana berdua dengan Julian tanpa bimbingan dari orang tuanya?
Sebagai film kelima dari francise Ice Age, masalah demi masalah harus bisa diatasi oleh Sid, Diego dan khususnya Manny. Dengan durasi kurang dari dua jam filmnya diceritakan dengan sangat padat. Ceritanya dibuat seringan mungkin sehingga anak-anak dapat langsung mencerna inti filmnya tanpa dibuat bingung tujuh keliling.
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

Diawali dengan pengejaran chesnut yang dilakukan oleh Scrat. Nyatanya Scrat malah membuat keseimbangan kosmik yang selama ini tercipta berubah. Menaiki kapal luar angkasa hanya untuk mengambil chesnut! Tak sengaja Scrat menabrak sebuah asteroid yang mengarahkannya langsung ke orbit Bumi. Saking sibuknya dengan chesnut, Bumi diambang kehancuran.
Manny dan Ellie dibuat sibuk dengan pesta persiapan pernikahan anak perempuan mereka. Peaches dan Julian menginginkan pernikahan secepatnya. Walaupun sibuk, Ellie masih bisa memberikan pesta kejutan buat Manny sebagai hari jadi keduanya. Manny yang memang lupa dengan hal ini terselamatkan berkat pesta kembang api dari langit. Semua binatang mengira Manny sangatlah keren karena memberikan hadiah yang spektakuler buat Ellie. Gak tau kembang api ini berasal dari gesekan kepingan-kepingan asteroid. Kepingan-kepingan mulai menghancurkan semua yang dilewatinya. Mendadak muncul seekor weasel yang mengisahkan musnahnya semua spesies di Bumi berdasarkan prasasti. Buck si weasley mengajak para binatang menuju ke gunung tempat asteroid besar akan jatuh dan berharap menemukan apa penyebabnya.
Manny, Sid dan Diego pergi ditemani keluarga mereka masing-masing. Ellie, Peaches, Julian, nenek dari Sid; Granny, istri Diego; Shira dan ditambah Buck. Ditengah perjalanan kawanan ini diserang sekeluarga dromaesaurus bernama Gavin beserta kedua anaknya, Gertie dan Roger. Buck dengan cekatan menyelamatkan. Kawanan bermukim di gua di pinggir gunung. Keluarga dromaesaurus tak sengaja menculik nenek Sid. Inilah yang membuat kawanan menemukan bongkahan asteroid terbesar tepat di tengah gunung.

Sebelumnya Peaches sempat berkata jika dia telah menikah dengan Julian, dia akan pergi meninggalkan kedua orang tuanya. Manny dan Ellie tidak setuju akan hal ini. Manny membujuk Julian dengan mengajarkannya bermain hoki. Ellie tak kalah parnonya dengan menakut-nakuti Peaches jika dia takkan mampu merawat anak-anaknya sendirian saja. Diluar dugaan Paeches dan Julian tetap akan pergi setelah menikah.
Bongkahan asteroid besar ini disebut Geotopia, seperti penjelasan dari Brooke. Geotopia adalah tempat kumpulan para binatang yang tinggal di dalam asteroid selama beratus-ratus tahun dan sifatnya abadi, tidak menua dan tidak akan mati. Geotopia ini yang menyebabkan tertariknya asteroid dari luar angkasa. Diatur oleh pemimpin Geotopia bernama Shangri Llama. Brooke disini ceritanya jatuh hati kepada Sid.
Kawanan Manny meminta bantuan kepada Shangri Llama agar dapat menghalau asteroid kembali ke luar angkasa namun ditolak. Sid bertindak bodoh dengan menghancurkan sebongkah berlian. Geotopia hancur, para binatang lambat laun menua. Mau gak mau para binatang Geotopia pun membantu. Buck mempunyai ide membawa seluruh berlian Geotopia ke dalam kawah gunung yang menyemburkan gas panas. Lubang-lubang disekitar gunung ditutup agar arah semburan maksimal. Mulailah kawanan dan para binatang Geotopia mengangkat berlian-berlian. Bahkan keluarga dromaesaurus ikut membantu. Kemudian gundukan berlian terakhir berhasil masuk ke kawah dengan bantuan Manny dan Julian. Asteroid besar memasuki Bumi. Gaya tarik dari bongkahan-bongkahan berlian menyedot asteroid dan melemparkannya ke luar angkasa.
Ending dari film Ice Age: Collision Course adalah Brooke dan nenek Sid memilih untuk tinggal bersama Shangri Llama di bekas reruntuhan Geotopia. Kawanan Manny kembali. Peaches dan Julian akhirnya menikah disaksikan seluruh binatang Ice Age. Manny dan Ellie setuju apapun yang akan dilakukan oleh Peaches walaupun itu berarti meninggalkan mereka. Gak lama Sid mendapat kejutan ketika Brooke tiba-tiba saja menemuinya. Brooke mendadak muda kembali, begitu pula nenek Sid lol.

credit by Google

Trivia
  • Buck sempat menghitung mundur lamanya asteroid menghantam Bumi sekitar 2 hari 4 jam 1 menit 16 detik dengan jarak 482 km.
  • Geotopia mempunyai banyak sekali berlian yang katanya bisa menarik sebuah asteroid dari luar angkasa menuju Bumi. Terhitung sudah tiga kali asteroid menuju Bumi. Pertama pada zaman kepiting berjalan pincang, zaman dinosaurus dan kali ini pada zaman mamalia.
  • Sangri Llama sudah empat kali juara dunia pemikiran yang berumur lebih dari ratusan tahun. Teddy si kelinci Geotopia bahkan berumur 326 tahun.
  • Ketika Geotopia hancur yang tertinggal hanya kolam air mancur. Shangri Llama menamainya air mancur anti menua. Sebuah berlian yang menghalau asteroid masuk ke dalam air mancur ini membuat semua binatang yang mandi airnya dapat kembali muda.
  • Keluarga dromaesaurus terdiri dari sang ayah Gavin dan kedua anaknya Gertie dan Roger. Gervie adalah betina. Roger sangatlah payah.
  • Diego dan istrinya, Shira memiliki dua anak angkat yang anehnya berwujud binatang babi hutan dan tapir.
  • Ketika Pecahes dan Julian menikah, mereka menyewa sebuah band berjuluk Mariachi yang berisikan binatang bangau, babi dan berang-berang.
  • Sid dan Brooke akhirnya resmi berpacaran.

Grade :
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - PoorDreadful - Troll

Filmya lebih banyak gak masuk akalnya dibandingkan realitas. Pertama saat Scrat menaiki kapal luar angkasa dan mendadak kehilangan kendali. Dia menabrakannya ke beberapa planet sampai ujungnya membuat susunan tata surya baru tepat setelah big bang. Kenampakkan Bumi juga aneh yang terlihat benua Amerika padahal inikan zaman Ice Age (Pleistosen). Ahelah namanya juga animasi.
Oiya Scrat dan kapalnya masih berkutat di luar angkasa mencari chesnut. Scrat juga yang menyebabkan planet Mars kehilangan atmosfernya, membuatnya menjadi makhluk hidup pertama yang menginjakkan kaki di Bulan dan menyebabkan hancurnya satu buah asteroid besar di antara planet Mars dan Jupiter yang kita sebut sebagai sabuk asteroid.
Scrat muncul kembali dalam mid-credits scene. Nampak dia hampir mendaratkan kapalnya di Mars. Gara-gara pintu, chesnut yang sudah berada dalam pelukannya terlepas dan kembali terlempar ke luar angkasa melewati saluran pembuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight