what are you looking for?

Jumat, 29 Juli 2016

Jason Bourne, Welcome Back Mr. Damon!

credit by Official Site

Masuk ke dalam daftar film yang paling ditunggu tahun 2016, Jason Bourne sepertinya layak kita dapatkan perhatian lebih. Di film-film Bourne sebelumnya kita sudah diperlihatkan bagaimana Bourne yang sedikit demi sedikit berhasil mendapatkan kepingan-kepingan memori yang hilang tentang jati dirinya. Nah dalam sekuel-nya kali ini akan dikuak banyak hal yang dari film-film sebelumnya belum kita ketahui. Juga karena Matt Damon selaku pemeran Bourne kembali tampil, diharapkan film ini dapat mengulang kesuksesan di tangga box office.
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

Jason Bourne berada di Tsamantas, Yunani dalam persembunyian. Hidupnya dibayangi masa lalu yang seringkali datang tiba-tiba. Bekerja sebagai tukang pukul dalam perjudian pun dia lakoni untuk bertahan hidup. Pikirannya dipenuhi aksi balas dendam. Nicky Parsons, rekan Bourne berada di Reykjavik hendak meretas data dari server CIA. Mengetahui sistemnya sedang diretas, pusat cyber CIA di bawah pimpinan Heather Lee berusaha melacak keberadaan sang hacker dan menemukan Parsons sebagai pelakunya.
Aaron Kalloor berbicara di depan publik bahwa dirinya akan melakukan inovasi baru dalam penggunaan internet bebas yang dipersembahkannya melalui situs jejaring sosial Deep Dream. Karena Kallor masih merupakan anggota CIA pasif, dia dihubungi oleh Robert Dewey untuk membantunya mengembangkan proyek Iron Hand. Kallor mulanya tidak setuju dan mengancam akan keluar dari CIA, tapi dengan ancaman dari Dewey akhirnya Kallor menyetujui akan membantunya.
Bourne dan Parsons bertemu di Athena. Parsons sengaja meminta bertemu dengan alasan dia berhasil mendapatkan sesuatu yang berharga bagi Bourne. CIA yang merasa datanya harus diamankan menyuruh seorang Asset yang sedang berada di Roma untuk melakukan perburuan. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, CIA mengetahui adanya hubungan antara Parsons dan Bourne. CIA yang memang sedang berburu Bourne diuntungkan dalam hal ini. Naas ditengah perburuan, Parsons merenggang nyawa.
Bourne mendapatkan sebuah flashdisk berisi data yang membawanya ke Christian Dassault. Jadi Dassault ini juga yang menyuruh Parsons melakukan kejahatan untuknya. Dassault menginginkan Bourne ikut serta dalam rencana jahatnya namun ditolak mentah-mentah. Setelah mengetahui isi dari data tersebut, dengan cepat Bourne segera menemui orang CIA yang telah memata-matainya hingga mencuci otaknya.
Di London, sang agen Malcolm Smith dipaksa Bourne memberitahu bagaimana dan caranya sampai dia mau mencuci otak. Belum sempat Bourne menemukkan jawaban yang tepat, Asset menyerang lagi. Heather Lee datang di saat kritis dan menolong. Bourne terbang ke Las Vegas dan balik memburu Robert Dewey yang sedang berada di acara launching program Deep Dream. Mendadak acara Exocon Deep Dream ricuh. Bourne berhasil melumpuhkan Dewey dengan bantuan Heather Lee. Asset datang hendak membunuh Bourne. Kejar-kejaran menggunakan mobil tak terelakkan. Di dalam gorong-gorong Riviera, Bourne berhasil membunuh Asset.

credit by Google

The Facts
  • Nama asli Jason Bourne adalah David Webb. Berada di Tsamantas, perbatasan antara Yunani dan Albania dalam pelarian. Bekerja sebagai tukang pukul dalam ajang perjudian.
  • Nicolette "Nicky" Parsons, mantan anggota CIA yang juga katanya pacar Bourne meretas data CIA dari Reykjavik, Islandia guna membantu Bourne mencari jati diri. Dengan inisial knightrider meretas data Dubna 48K yang berisi beberapa program gelap CIA seperti program Treadstone dan Iron Hand. Aksinya diketahui Heather Lee yang kemudian menyusupi data curiannya dengan malware 281. Berhasil menemukkan siapa dan bagaimana Bourne bisa dicuci otak. Diketahui bekerja untuk Christian Dassault.
  • Nicky Parsons rela pergi dari Islandia melewati Bucharest sampai ke Athena demi memberikan sebuah flashdisk yang berisi data gelap CIA kepada Bourne. Mereka sepakat betemu di kios alun-alun Syntagma dekat gedung parlemen Yunani. Naas Nicky Parsons mati ditembak oleh Asset dua kali.
  • Asset, agen CIA yang menenangkan diri di Roma, Italia setelah program Blackbriar bocor ke permukaan. Selama penenangan diri dia masih menerima perintah langsung dari Dewey sendiri. Di gorong-gorong Riviera, Las Vegas setelah kejar-kejaran mobil, dia mati dicekek oleh Bourne.
  • Robert Dewey, deputy CIA yang takut sekali dengan Bourne karena dengan beberapa alasan Bourne menginginkan dia mati. Setelah berkelakar dari kejaran Bourne dalam beberapa film sebelumnya di film ini Dewey mati ditembak langsung oleh Heather Lee, yang notabene anak buah kesayangannya sendiri.
  • Ayah Bourne memiliki nama Richard Webb. Bekerja sebagai seorang analist yang gak tau gmana membantu CIA membuat program Treadstone. Karena tak ingin anaknya sendiri menjadi bagian dari obyek percobaan Treadstone, Richard sengaja akan membeberkan apa itu program Treadstone ke public. Akhirnya mati dalam kecelakaan mobil di Beirut pada tanggal 20 November 1948. Yang membunuh Richard ternyata adalah Asset.
  • Lokasi kediaman Christian Dassault berada pada kode 49 10 43 56 Ber seperti yang ditunjukkan kode dalam buku harian Nicky Parsons. Bourne melacak kode itu dan bertemu dengan Dassault di Berlin. Mulanya Dassault menyakinkan Bourne agar bersatu menyingkirkan CIA namun ditolak. Christian Dassault mati setelah pukul-pukulan dengan Bourne.
  • Aaron Kalloor adalah anggota CIA yang ahli dalam teknologi. Mendirikan sosial media bernama Deep Dream. Dewey menginginkan bantuan dari Kalloor untuk menggunakan Deep Dream sebagai wadah perekrutan anggota bagi Iron Hand. Kalloor tidak setuju dengan ide ini dan mengancam akan keluar dari CIA. Dewey berhasil membuat Kalloor bertekuk lutut dengan membeberkan dari mana asal uang yang dimilikinya. Mau gak mau Kallor menuruti perintah Dewey dan akan melaunching-nya dalam acara Exocon. Ternyata Kalloor malah hendak memberitahu publik jika ada yang salah dalam diri CIA. Mulanya hendak dibunuh bersama Heather Lee namun berhasil dicegah oleh Bourne. Kalloor terkena tembakan dan segera dibawa ke rumah sakit Valley.
  • Aaron Kalloor dan Asset berhubungan langsung dengan Snowden.
  • Dewey berkata bahwa Bourne telah membunuh kurang lebih 32 kali.
  • Treadstone adalah program tempat Bourne dicuci otak. Blackbriar adalah program yang sama dengan Treadstone namun telah dibocorkan oleh Bourne ke public. Iron Hand adalah program lanjutan dari Treadstone.
  • Ending dari film Jason Bourne adalah terungkapnya persekongkolan antara Heather Lee dan Edwin Russell untuk menyingkirkan Dewey. Heather Lee berjanji pada Russell akan membawa Bourne kembali ke pangkuan CIA. Bourne yang telah merekam semua percakapan keduanya terpaksa untuk tidak lagi mempercayai Heater Lee.
credit by Google

" I know who I am. I remember everything. "
" Remembering everything doesn't mean you know everything. "

Grade :
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll 

Kisah Bourne dalam mencari jati diri kali ini patut diapresiasi lebih. Adegan kejar-kejaran tiada henti membuat seru filmnya. Baru kali ini gue ngeliat film yang menghancurkan banyak sekali mobil mewah! Cewek-cewek di film juga tidak menonjolkan adegan-adegan seksi, berbeda 180 derajat dengan film James Bond, tapi lebih kepada kecakapan skill mata-mata mereka. Reccomend sekali.
Adegan yang mesti kalian tonton adalah ketika Bourne dan Asset kejar-kejaran menggunakan mobil. Asset menaiki mobil SWAT, Bourne menaiki sedan hitam. Mobil SWAT menghancurkan banyak mobil mewah di jalanan! Melihat ending film yang membuat Bourne makin bingung mencerna masa depan sepertinya bakal ada lagi lanjutan dari film Bourne ini. Yeah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight