what are you looking for?

Selasa, 16 Mei 2017

Alien: Covenant, Menyimak Sebuah Peradaban Baru

credit by Google

Alien: Covenant ibarat menghidupkan kembali kesan claustropobia para penikmat film. Ridley Scott sang sutradara membawa banyak sekali atmosfer hingar bingar installment Alien, ya meski aliennya masih berwujud seperti alien-alien lama di film-film sebelumnya dan kesan luar angkasanya masih banyak turut campur, namun dengan cerita baru dan pemilihan karakter-karakter yang baru diharapkan dapat menambah nilai jual Alien kali ini. Juga pemilihan lokasi yang apik saat last attack di dalam kapal yang bahkan bisa membuat kita merasa seolah-olah ikut dan terkena efek teror serangan alien secara langsung.
(free spoiler)

credit by Youtube

Plot summary?

Peter Weyland berbincang dengan makhluk rekaannya, yang diberinya nama David, persis dengan patung yang kebetulan berada di sana, patung putih menjulang buatan Michelangelo yang juga bernama David. Keduanya berbincang tentang siapakah pencipta umat manusia, jika David tercipta kekal dan manusia bisa mati suatu hari nanti. Mereka berbincang akan bersama-sama menemukan pencipta umat manusia.
Kapal luar angkasa Covenant mengudara menuju ke planet terjauh dari sistem galaksi kita, planet Origae-6. Membawa sekitar ribuan koloni dan bakal embrio yang telah ditempuhnya selama 7 tahun. Covenant dimonitor oleh Walter, robotic berwujud manusia yang tetap bernapas di dalam kapal meskipun para awak lainnya ditidurkan dalam pod sampai tiba waktunya kapal mencapai tujuannya. Suatu saat badai neutrino merusak kapal secara tiba-tiba yang membuat kapal kehilangan sumber daya listriknya. Walter buru-buru berinisiatif menyuruh audio kapal untuk membangunkan awak-awak kapal secara manual demi keselamatan mereka, namun tragis, kejadian ini membawa kapten kapal, Jacob Branson, mati di dalam pod inkubatornya. Hal ini menjadikan istrinya, Daniels bersedih dan menjadikannya second commander dibawah arahan Christopher Oram,yang mengambil alih jabatan kapten kapal.
Daniel mulai menaruh harapan pada Walter karena dia butuh seseorang yang mengerti perasaannya saat itu, hingga sampai Tennessee, pilot kapal Covenant terkejut karena mendapatkan sebuah sinyal aneh yang didengarkan lewat helm penjelajah angkasanya, dan setelah diteliti lebih lanjut, suara ini berasal dari planet yang radiusnya tak jauh dari lokasi kapal. Oram meminta para awak meneliti permukaan planet. Para awak setuju agar mereka mendekat ke planet ini, terkecuali Daniels, dia merasa planet ini sangatlah aneh. Dari sinilah hal mengerikan dimulai.
Dengan cepat, para awak kapal memasuki orbit dan memulai meneliti kandungan material planet. Terkuak suara yang didengar Tennesse adalah suara dari pencari radar kapal Prometheus. Singkatnya dua awak kapal terjangkit embrio alien sampai mereka melahirkan neomorph kecil. Kapal ekspedisi meledak di tempat karena satu awak yang takut membabi buta menyerang neomorph yang ada di dalam. Satu neomorph berhasil dibunuh, satu neomorph lagi menyerang dengan cepat membunuh tiga awak lainnya. Dalam kegentingan seseorang menyalakan suar dan menyelamatkan awak-awak kapal yang tersisa.
Mereka digiring menuju sebuah istana yang diluarnya terdapat banyak sekali mayat yang mengering seperti terkena wabah. Mereka diperkenalkan orang yang menyelamatkan mereka bernama David, orang yang wajahnya mirip sekali dengan Walters. David bercerita jika orang-orang diluar sana terkena bioweapon hasil rekaan kapal Prometheus, membunuh semua orang tanpa sisa yang juga membunuh awak kapal Prometheus, Dr. Elizabeth Shaw, jika David terjebak seorang diri ditengah planet ini.
Neomorph yang tadi kabur mulai menyerang satu persatu awak Covenant. Walter yang sempat berbincang-bincang sesaat dengan David mulai menemukkan keanehan pada diri David. Karena tak ingin niat buruknya diketahui orang lain, David membunuh Walter dengan memalsukan identitasnya sendiri. Neomorph diatas dibunuh kapten Oram, namun naas Oram dibujuk David menuju telur-telur neomorph di bawah tanah dan menjadikannya tumbal. Tak sampai disitu, neomorph dewasa yang bobotnya lebih besar menyerang awak-awak kapal yang masih hidup. Tersisa hanya Daniel dan Lope yang selamat dari serangan dan buru-buru pergi ke tempat kapal penyelamat Covenant. Tennessee yang mengemudikan kapal penyelamat membantu Daniel menembaki neomorph dewasa yang mulai mengganas. Berkat bantuan David yang memakai identitas Walter, mereka mengenyahkan neomorph terakhir.
Ternyata teror tidak sampai di sana, wajah Lope terinfeksi embrio neomorph dan embrionya mulai menetas. Daniels dan Tennessee bekerja sama membunuh neomorph yang berkeliaran di dalam kapal. Dua pilot lain selain Tennessee mati terbunuh. Dengan ide brilian dari Daniel berhasilah keduanya membuang neomorph itu ke luar angkasa melewati garasi Covenant. Film berakhir saat Tennessee memulai tidur panjangnya di dalam pod, begitupun Daniels. Namun sebelum tertidur Daniels mengetahui jika Walter yang selama ini berada di dalam kapal bukanlah Walter asli melainkan David. Daniels tertidur pada akhirnya. David memulai eksperimen kotornya dengan memasukan embrio neomorph bercampur bersama embrio manusia dalam alat pembeku.


Pendalaman karakter?

Michael Fassbender si pengendali logam di installment X-Men sukses mendalami perannya dalam dua kepribadian, Walter yang kokoh dengan pendiriannya dan David dengan kecerdikannya membuat eksperimen kotor. David adalah prototipe robotic pertama dalam penjelajahan bersama Prometheus, sedangkan Walter adalah model terbaru yang ditugasi menerima perintah umat manusia di kapal Covenant.
Katherine Waterston yang baru-baru ini memainkan karakter Porpentina Goldstein dalam installment Fantastic Beasts sempat membuat gue kebingungan. Pertamanya dia terlihat galau abis setelah suaminya meninggal dalam pod, tapi setelah nonton sampai habis karakter Daniels ini mesti diperhitungkan lagi kecerdikannya. Mungkin jika tokoh Daniels ini mati duluan di planet tempat neomorph berada entah apa kabar installment Alien berikutnya.
Billy Crudup calon bapaknya Barry Allen di Justice League lumayanlah bisa menambah populalitasnya dengan banyak on frame sebagai kapten Oram. Demián Bichir si Marco orang Meksiko di Hateful Eight cuman jadi inang tempat menetasnya neomorph. Oiya Carmen Ejogo presiden MACUSA di Fantastic Beast juga ikutan main tapi akhirnya dia mati dalam ledakan kapal penjelajah.


Bocoran, spoiler atau easter eggs lain?


  • Seperti perkataan David, dirinya menceritakan jika dia dan Dr. Elizabeth Shaw mulanya adalah awak kapal Prometheus. Kapal tiba di sebuah planet mirip Bumi yang kemudian mulai diinvasi Prometheus. David sendirilah yang memancing terjadinya ledakan bioweapon dengan niat akan menggantikan penghuni planet dengan makhluk hasil eksperimen panjangnya. Naas setelah melakukan hal ini, kapal Prometheus terjatuh di permukaan planet dan membunuh Dr. Elizabeth Shaw, meninggalkan David seorang diri. Penghuni planet mulai terkena dampaknya menjadikan mereka mayat kering dan hanya menyisakan tumbuh-tumbuhan. David yang tak keberatan bekerja seorang diri mulai melanjutkan eksperimen kotornya.
  • Peter Weyland sebagai pemilik Weyland-Yutani Corporation sengaja membuat David dari robot karena ingin si David ini hidupnya abadi dibandingkan dia yang hanya seorang manusia. Tujuannya hanya ingin menemukan siapa pencipta umat manusia dan berharap menemukan species lebih maju di luar angkasa. Weyland selalu dilayani oleh David hingga akhir hayatnya sebelum kapal Prometheus selesai diciptakan.
  • Daftar awak kapal Covenant yang meninggal :
    • Jacob Branson (performer captain) mati terbakar dalam pod tempat dirinya tertidur.
    • Christopher Oram (captain) mati karena tubuhnya dijadikan inang oleh neomorph.
    • Lope (sergeant) mati dalam kasus wajahnya terinfeksi embrio neomorph.
    • Karine Oram (istri Oram) mati dalam ledakan kapal penjelajah.
    • Maggie Faris, mati dalam usaha melindungi dirinya dari serangan neomorph.
    • Ledward, mati paling pertama karena tubuhnya dijadikan inang.
    • Hallett (sergeant, pasangan dari Lope) yang mati juga karena tubuhnya dijadikan inang.
    • Ricks dan Upworth (2 co-pilot) bersama mati di dalam kamar mandi diserang neomorph.
    • Ankor mati wajahnya diserang neomorph di hutan.
    • Rosenthal dan Cole mati saat tubuh mereka dimakan neomorph.
    • Walter juga kayaknya mati dibunuh secara langsung oleh kembarannya sendiri.
  • Terhitung ada 4 neomorph yang on frame. 2 neomorph kecil dan 2 neomorph dewasa. 1 neomorph kecil ditembak Daniels, 1 neomorph kecil lainnya ditembak Oram. 1 neomorph dewasa diremukkan menggunakan penjepit traktor, 1 neomorph dewasa lainnya dilempar ke ruang angkasa. 
  • Terhitung dalam kapal Covenant terdapat 15 awak kapal, 47.000 koloni dan 16.000 embrio dalam penjelajahannya. Membutuhkan waktu sekitar 17 tahun, yang sudah dicapainya selama 10 tahun menuju Origae-6 dari Bumi. Tanggal yang tertera di adegan awal film adalah 5 Desember 2104 atau 10 tahun sesudah event film Prometheus.
credit by Google

Grade
Outstanding - Exceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus banget dilihat?

Dilihat oke, gak dilihat no problem. Kenapa? Karena satu hal, jika kalian ingin dapet feel Alien-nya diharuskan sebaik mungkin kalian melihat kembali film-film Alien terdahulu atau minimal Prometheus agar lebih mudah memahami hubungan sebab-akibat yang banyak disinggung oleh David, tentang pandangannya menciptakan peradaban baru. Gue akan mencoba untuk melihat film-film Alien sebelumnya. Yay.
Seperti di awal kalimat gue sempet bilang aliennya masih biasa aja, tidak terlalu kuat, padahal ini film judulnya ada aliennya. Di film ini seperti dalam Beauty and the Beast dan Power Rangers movie terdapat gay moment, satu di antaranya ciuman antara David dan Walter, bayangkan saja Michael Fassbender mesti mencium dirinya yang lain lol, serta adegan lain yaitu Lope yang mengatakan bahwa Hallett adalah pasangannya, mereka laki sama laki. Satu hal yang paling penting banget, memungkinkan terjadinya sekuel Alien lain di lain waktu.

credit by Google


Next :  Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight