what are you looking for?

Jumat, 26 Mei 2017

Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge Review

Selepas dari judul film yang berbeda-beda di beberapa negara, Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge (versi Indonesia) cukup membuat penggemar franchise ini bersorak gembira. Pasalnya di film-film lalu kita masih menolak lupa segudang teka-teki yang belum terungkap, misalnya saja apakah Jack Sparrow akan mendapatkan kembali Black Pearl yang dimasukkan ke dalam botol oleh Blackbeard, atau bagaimana kelanjutan dari Will Turner yang dikutuk harus menjadi kapten abadi kapal Flying Dutchman, juga Elizabeth Swann yang katanya sekarang ini telah memiliki anak hasil hubungannya dengan Will. Di plot menjadi film terakhir dalam franchise Pirates of the Caribbean, tentu pula dengan kembalinya sang aktor Johnny Deep sebagai bajak laut kesayangan kita, apakah film ini akan melampaui pencapaian rekor film-film sebelumnya?
(mengandung banyak spoiler berbahaya)

credit by Google

Bagaimanakah alur cerita Salazar's Revenge?

Sembilan tahun setelah event seorang anak laki-laki menemui ayahnya di dalam lautan, Jack Sparrow yang telah dikabarkan meninggal kembali mencoba peruntungannya merampok bank di pulau Saint Martin, tentunya dibantu kru-kru setia Black Pearl-nya. Di lain Henry Turner, anak dari pasangan Will Turner dan Elizabeth Swann mencoba menyelamatkan ayahnya dari kutukan dengan alih-alih menjadi anak buah kapal milik negara Inggris. Henry yang banyak tau hal-hal tentang ilmu kelautan dijebloskan ke dalam penjara karena pengkhianatannya kepada sang kapten, hingga hal tak terduga menimpanya. Kapal Inggris suatu hari diserang habis kapal hantu yang berasal dari lautan Devil's Triangle. Kapten kapal hantu menamai dirinya Armando Salazar, anggota penjelajah lautan Spanyol yang kapalnya karam karena ulah Jack Sparrow. Salazar yang melegenda berniat membalas dendam pada Jack Sparrow. Henry yang adalah satu-satunya anggota kapal Inggris selamat menceritakan kisahnya pada penduduk Saint Martin.

credit by Youtube

Tak lama trio Jack Sparrow, Henry Turner dan seorang perempuan yang merupakan tawanan prajurit Inggris berkumpul dan berlayar bersama menggunakan Dying Gull. Perempuan bernama Carina Smyth ini adalah seorang ahli astronomi dan satu-satunya orang yang bisa membaca peta tak terbacakan yang akan membawa Jack Sparrow dan Henry menemukan trisula Poseidon, senjata yang dapat mematahkan semua kutukan di lautan. Tentunya rencana mereka tidak berjalan mulus. Salazar yang kini bersekutu dengan Barbossa mengejar Jack Sparrow karena menginginkan hal yang sama. Kapal Inggris yang juga mengetahui maksud dan tujuan Jack Sparrow juga turut mengejarnya. Carina berhasil membimbing Dying Gull menuju daratan di tengah laut tempat Poseidon dimakamkan. Di perjalanan kapal Inggris karam setelah dihantam kapal Salazar. Barbossa yang telah menemukan fakta mencengangkan tentang hubungannya bersama Carina membantunya membukakan jalan. Laut pun membelah untuk menampakkan trisula Poseidon. Salazar menggunakan tubuh Henry mencoba mendapatkan trisula itu pertama kali. Terjadi perebutan antara Jack Sparrow dan Salazar. Henry yang telah sadar menghancurkan trisula Poseidon tepat di depan mata keduanya. Seluruh kutukan di lautan musnah. Salazar yang mulanya hantu kembali mewujud menjadi manusia. Lautan buru-buru menutup celahnya. Kru kapal Jack Sparrow yang kini telah menaiki Black Pearl menyelamatkan keempatnya menggunakan jangkar. Barbossa mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Carina dengan menghalau Salazar yang mencoba ikut merangkak melewati tali jangkar. Keduanya terhempas ke dalam laut. Film berakhir diikuti Jack Sparrow yang mendapatkan kembali Black Pearl, juga Henry dan Carina berada di sebuah pulau menunggu Will Turner dari berakhirnya kutukan Flying Dutchman. Hadir pula Elizabeth Swann di sana.


Penokohan?

Johnny Deep memang high class, meskipun sudah berkepala lima aktor ini masih total memainkan perannya sebagai Jack Sparrow, bajak laut yang lebih mengandalkan kepandaian, kecepatan dan kecerdikan daripada kekuatan ketika bertarung. Meskipun masih cakap menggunakan pedang, Jack Sparrow lebih sering memilih untuk menghindari pertempuran. Tapi sisi baiknya dia rela mengorbankan dirinya sendiri untuk menyelamatkan orang lain. High five for it!
Orlando Bloom sebagai pemeran Will Turner kembali dalam film namun tidak banyak ambil bagian. Ada beberapa tokoh baru, Javier Bardem yang mengambil peran kapten Salazar terbilang cukup solid memainkan perannya, dirinya bisa membawa atmosfer kengerian yang ditebarkan hantu lautan terkutuk. Geoffrey Rush sebagai Hector Barbossa, musuh lama dari Jack Sparrow hadir full of love di film ini. Ada pula duet Brenthon Thwaites dan Kaya Scodelario sebagai pasangan muda mudi Henry Turner dan Carina Smyth yang sukses menarik perhatian hampir di sepanjang berjalannya film.


Spoiler alert, bocoran atau easter eggs lain?

  • Dalam adegan awal film terlihat seorang anak laki-laki yang adalah Henry Turner berlayar dan memasuki sebuah kapal untuk menemui ayahnya. Terlihat pula Will Turner yang sedang menerima kutukan menjadi kapten Flying Dutchman menggantikan Davy Jones. Yap Will Turner adalah ayah dari Henry. Will berkata kepada anaknya agar meninggalkan kapal.
  • Setelah meninggalkan Angelica di pulau terpencil dalam On Stranger Tides, diyakini Jack Sparrow telah meninggal dan dimakamkan di pulau Saint Martin. Hal ini disebutkan oleh salah satu prajurit Inggris kepada Henry Turner. Namun yang terjadi sebaliknya, Jack Sparrow masih hidup, dia bahkan terlihat tidur bersama istri walikota Saint Martin di dalam brankas bank.
  • Armando Salazar mulanya seorang kapten kapal Spanyol yang dijuluki Matador Lautan. Banyak kapal saingan dagang negara Spanyol yang ditenggelamkannya, ini berlaku pula untuk semua kapal yang tidak mau tunduk padanya. Suatu hari di Devil's Triangle, kapal Salazar hendak menenggelamkan kapal-kapal milik negara Inggris. Niatnya selalu berhasil, tapi tidak dengan satu kapal Inggris yang lain. Jack Sparrow yang telah diserahi jabatan kapten kapal dengan kepintarannya memikat kapal Salazar memasuki celah berbahaya Devil's Triangle dan menenggelamkannya. Nah sebelum meninggal Salazar sempat berkata bahwa dirinya akan menuntut balas pada Jack Sparrow.
  • Carina Smyth yang hendak dibunuh karena dikira dirinya penyihir oleh prajurit Inggris adalah satu-satunya orang yang dapat membaca peta tak terbacakan. Masa kecil Carina sempat disebutkan besar di panti asuhan. Terlahir dengan kepintarannya di bidang astronomi, dan juga mendapatkan jurnal Galileo Galilei dari sang ayah. Jurnal ini akan berfungsi pada saat bulan purnama berwarna semerah darah dengan memperlihatkan sebuah daratan di bawah tiga bintang pada sampulnya yang berhubungan langsung dengan sebuah titik, nah titik ini adalah harta terbesar milik lautan yaitu trisula Poseidon. Di akhir film terungkap jika Barbossa merupakan ayah kandung dari Carina yang selama ini dicarinya.
  • Banyak pihak yang menginginkan trisula Poseidon demi kepentingan mereka masing-masing. Jack Sparrow ingin agar trisula ini dapat membantunya mengalahkan Barbossa. Henry Turner ingin sekali menemukannya demi menghancurkan kutukan yang dilimpahkan pada ayahnya. Carina menginginkannya untuk menemukan siapa ayah yang dicarinya. Barbossa menginginkan trisula ini agar kekuasaan atas lautannya bertambah. Pihak Inggris menginginkannya demi kejayaan selama-lamanya.
  • Hector Barbossa, satu-satunya tokoh penting yang mati dalam film kali ini. Dia sengaja akan menjatuhkan Salazar yang ikut menaiki tali jangkar demi menyelamatkan diri. Barbossa menerima pedang dari Jack Sparrow dan menghujam tubuh Salazar hingga keduanya terjatuh ke dalam lautan.
  • Ayah Jack Sparrow bernama Rolling Stone dan pamannya bernama Beatle. Gue kira ini hanya sebuah nama alias. Kebetulan paman Jack Sparrow on frame dalam film ini berada dalam penjara bersama.
  • Black Pearl adalah kapal pertama milik Jack Sparrow yang dicurinya dari Barbossa. Dalam film ini Jack memiliki kapal lain yaitu Dying Gull. Kapal yang digunakan Salazar adalah Silent Mary. Davy Jones juga memiliki kapal hantunya yaitu Flying Dutchman, dimana saat ini Will Turner menjadi pemiliknya.
  • Karena Will Turner menjadi kapten Flying Dutchman yang membuatnya hanya dapat menginjak daratan sekali dalam jangka waktu sepuluh tahun, timeline Salazar's Revenge berada sepuluh tahun setelah At World's End, dimana Will telihat terakhir kali di daratan.
  • Kunci dari Salazar's Revenge adalah kompas milik Jack Sparrow yang menyebabkan hilangnya kutukan Salazar dari Devil's Triangle, jurnal milik Galileo Galilei yang adalah peta tak terbacakan, dan trisula Poseidon si senjata tersakti.

credit by Google

Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak?

Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge termasuk salah satu dari beberapa film petualangan ringan yang tidak membutuhkan para penonton agar melihat film-film prekuel sebelumnya. Meski ringan film ini tidak murahan. Kesan bajak laut dalam pikiran kita selama ini berhasil divisualisasikan dengan apik. Grafisnya sendiri memenuhi standar kelayakan dalam penilaian gue pribadi, tidak kurang atau dilebih-lebihkan. Jalinan cerita yang kuat juga menambah aura para pelakon dalam memerankan tokoh-tokoh yang mereka mainkan. Gue rasa runtime 2 jam 9 menit berasa kurang lama. Congrats Joachim Rønning and Espen Sandberg.
Ada beberapa versi judul film ini di berbagai negara. Untuk wilayah penjualan Amerika Utara dan Hollywood sendiri menggunakan judul Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales. Negara Perancis, Spanyol dan Italia lebih menggunakan judul Pirates of the Caribbean: The Revenge of Salazar. Nah bagi negara Inggris dan penjualan kawasan Asia, termasuk Indonesia menggunakan judul Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge. Dan pertanyaannya, apa yang membuat judul Pirates 5 ini berbeda? Dikutip dari beberapa media, judulnya berubah demi masalah adaptasi bahasa saja agar mempermudah beberapa orang menyebutkannya.


Kemungkinan adanya post-credits scene?

Dan Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge benar-benar memiliki scene di after credit seperti film-film Pirates yang lainnya. Will Turner tidur bersama Elizabeth Swann beneran yang gagal mati. Di luar rumah terjadi badai besar, dan tiba-tiba seseorang membuka pintu kamar. Orang ini kemungkinan besar adalah Davy Jones yang bangkit dari kematiannya, yang sudah lama bersembunyi sampai tiba saatnya dia harus menampakkan rupanya. Secara logis dia hendak membalas dendam kepada Will Turner yang telah mencuri jantungnya. Mendadak Will terbangun dari tidurnya dan memeluk Elizabeth. Dua buah cangkang kerang terjatuh di lantai kamar. Apakah itu semua hanya mimpi?

credit by Google


Next :  Wonder Woman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight