what are you looking for?

Kamis, 27 Juli 2017

Dunkirk, Level Baru Film Bertemakan Sejarah dan Perang

 
credit by Pinterest

Nama Christopher Nolan dalam jajaran sineas pengiat film sudah tidak lagi diragukan. Banyak hasil karya tangan dinginnya, seperti trilogi Batman dan Interstellar yang mendapatkan nilai-nilai positif di depan mata kritikus. Kali ini Nolan kembali menghadirkan sebuah masterpiece berjudul Dunkirk, yang diadaptasi dari kisah nyata. Bahkan Nolan ikut melibatkan nama-nama aktor papan atas lain, sebut saja Kenneth Branagh, Cillian Murphy, Mark Rylance dan tentunya Tom Hardy.
Dunkirk merupakan kisah nyata dari Battle of Dunkirk, di mana tentara-tentara operasi militer Inggris, Perancis dan aliansinya dipukul mundur serangan tentara-tentara Jerman di kota Dunkerque (Dunkirk). Kota Dunkirk sendiri tak lain berada di utara negara Perancis, sekitar 6 mil dari wilayah perbatasan Belgia.
(mengandung spoiler kelas atas)

credit by Youtube

Alur cerita?

Mengambil setting dari masa perang dunia II, tentara-tentara Inggris yang berhasil selamat dari invasi Jerman membuat sebuah perimeter di pinggir pantai, di mana mereka menunggu evakuasi yang dilakukan pemerintah Inggris di tengah-tengah situasi mencekam. Dunkirk menawarkan kisah dari tiga sudut pandang berbeda, The Mole, The Sea dan The Air. Ketiganya memiliki poin-poin pentingnya tersendiri, baik tokoh, maksud ataupun tujuannya, namun secara keseluruhan berakhir menjadi suatu kesatuan cerita yang utuh.
The Mole (one week) mengisahkan seorang tentara Inggris bernama Tommy, dialah satu-satunya orang yang selamat dari serangan di jalanan kota Dunkirk yang memasuki perimeter aman. Mengikuti perintah tentara lain agar pergi ke pantai. Bertemu dengan Gibson dan bersama-sama menyelinap ke kapal penyelamat alih-alih membawa korban perang. Sempat mengalami dua kali berganti kapal, yang satu tenggelam akibat serangan udara dan lainnya terkena torpedo jarak dekat. Kemudian berkenalan dengan Alex yang bersama dengan tentara-tentara lain menduduki kapal karam di pinggir laut saat air pasang guna membawa mereka berlayar. Belum sempat mengarungi tengah lautan, kapal mereka ditembaki orang tak dikenal, mungkin adalah tentara-tentara Jerman. Seluruhnya terapung-apung di lautan hingga diselamatkan oleh Dawson dan anak lelakinya, Peter.
Di sudut pandang ini terselip juga cerita komandan Bolton dan kolonel Winnant yang memimpin tentara-tentara Inggris dalam evakuasi seluruhnya.
The Sea (one day) mengisahkan Dawson bersedia mengikuti perintah dari angkatan laut agar perahu-perahu nelayan turut serta mengevakuasi tentara-tentara Inggris di pinggir pantai Dunkirk. Membawa anak lelakinya, Peter dan remaja lain bernama George, dirinya mengarungi lautan yang berada di masa-masa berbahaya. Agak lama, ketiganya menyelamatkan seorang pilot pesawat perang yang tidak memberitahukan namanya terkatung-katung di atas reruntuhan puing-puing pesawat. Pilot ini mengalami depresi yang teramat sangat. Lainnya, turut pula menyelamatkan Collins, pilot pesawat yang juga terjatuh. Collins ini adalah teman dari Farrier, yang sama-sama melindungi kapal diatas dengan menembaki pesawat-pesawat musuh. Hampir mencapai pantai, perahu Dawson menerima korban-korban kapal karam dan membawa mereka kembali ke Inggris.
The Air (one hour) mengisahkan aksi heroik pilot angkatan udara Inggris dalam melindungi kapal-kapal perang di lautan dari serangan udara. Tiga pesawat yang masing-masing dikemudikan satu orang, Farrier, Collins dan pimpinan skuadron mencoba menghentikan pesawat-pesawat Jerman meskipun harus mengorbankan diri mereka. Suatu saat pimpinan skuadron mereka mengalami hilang kontak tiba-tiba. Farrier dan Collins bekerja sama menghancurkan beberapa pesawat dalam jangkauan mereka. Naas, pesawat Collins mengalami kerusakan dan harus mendarat di tengah laut. Collins yang panik diselamatkan oleh Dawson. Kini hanya tinggal Farrier yang mengudara. Bermula dari malfungsi mesin penunjuk bahan bakar dan tersisa lima puluh enam liter menurut perkiraan, dirinya melakukan manuver-manuver hebat dan berakhir mendarat di pinggir pantai Dunkirk.


Pengenalan tokoh?

Fion Whitehead sebagai Tommy,
Seorang tentara resimen Inggris yang mencoba kembali ke Inggris bagaimanapun caranya. Tommy adalah tokoh sentral dalam The Mole dan salah satu dari banyak orang yang diceritakan selamat di akhir film. Fion sang pemeran terbilang beruntung mendapatkan porsi cukup banyak di film debutnya.

Aneurin Barnard sebagai George,
Dirinya bisa membuktikan ke publik jika sosok pendiam mampu mengendalikan situasi. George mulanya dikira merupakan tentara Jerman, namun bisa dipastikan dia adalah tentara Perancis. Hanya mendapat secarik kalimat dari keseluruhan film. George diceritakan meninggal pada akhirnya setelah gagal menyelamatkan diri dari kapal yang tenggelam.

Harry Styles sebagai Alex,
Bertemu dengan Tommy dan George di dalam kapal dan menjalin pertemanan singkat, namun Alex sempat menganggap George orang Jerman. Dirinya selamat bersama Tommy dengan bantuan Dawson di lautan. Menaiki kereta api menuju Inggris.

Mark Rylance sebagai Dawson,
Tokoh sentral di The Sea. Mantan pensiunan marinir yang kemudian menjadi nelayan atau setidaknya dia memiliki perahunya sendiri. Perahunya diberi nama Moonstone. Tipe orang dengan inisiatif tinggi, kuat pada pendiriannya serta berjiwa pahlawan. Dawson diceritakan kembali ke Inggris bersama anak laki-lakinya.

Barry Keoghan sebagai George,
Anak remaja yang ikut berlayar dengan Dawson. Di tengah pelayaran mengalami kejadian kecil yang membuat dirinya meninggal. Kepala George mengeluarkan darah setelah terjatuh dari tangga yang disebabkan kesalahan tentara lain.

Tom Glynn-Carney sebagai Peter,
Anak laki-laki Dawson ini bersama sang ayah mengarungi lautan. Berteman baik dengan George, bahkan saat temannya meninggal dialah yang berinisiatif menyebarkan beritanya melalui koran harian di Inggris.

Cillian Murphy sebagai tentara stress,
Ditemukan oleh Dwason di atas puing-puing pesawatnya yang rusak. Dia juga orang yang menyebabkan George meninggal.

Jack Lowden sebagai Collins,
Seorang pilot angkatan udara Inggris. Bersama kedua temannya, Farrier dan pemimpinnya menjalani misi penyelamatan dari udara. Naas pesawat yang ditumpanginya mengalami sedikit masalah dan harus mendarat di tengah laut. Beruntung Dawson sempat menyelamatkannya.

Tom Hardy sebagai Farrier,
Juga seorang pilot angkatan udara Inggris. Tokoh sentral di The Air. Satu-satunya orang yang masih mengudara di saat yang lain kandas. Melakukan banyak manuver gemilang. Di akhir film dia harus mendaratkan pesawatnya di pinggir pantai. Farrier sendiri ditangkap oleh tentara-tentara Jerman dan kapalnya dibakar.

Kenneth Branagh sebagai komandan Bolton,
Orang yang mengatur jalannya evakuasi di pinggir pantai. Di akhir cerita saat kolonel Winnant menaiki perahu terakhir, Bolton tidak mengikutinya dan berkata akan menunggu tentara Perancis.


Easter eggs?

Faktanya Winston Churchill, perdana menteri Inggris pada saat itu mengultimatum jika tentara-tentara sekutu harus diselamatkan sebanyak-banyaknya dari Battle of Dunkirk. Melihat sejarah jumlah tentara yang berhasil diselamatkan total sekitar 338.000 orang, dengan tentara Inggris berjumlah sekitar 198.000 orang dan tentara Perancis berjumlah sekitar 140.000 orang.

credit by Google

Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak?

Sebagai tontonan akhir pekan, Dunkirk bisa menjadi pilihan. Namun jangan berharap akan adanya action atau ledakan seperti film bertema perang dunia lainnya. Sekali lagi, Dunkirk hanyalah sebuah film minim dialog dan bumbu drama. Kita dibuat seolah ikut masuk dalam ketegangan dan keputusasaan dimana tanpa mengucap sepatah katapun kita tahu apa yang sedang kita hadapi. Sebuah level baru untuk tontonan bertema sejarah dan perang.
Ada yang masih agak mengganjal dalam benak gue. Satu hal, apakah terdapat peraturan atau traktat khusus jaman itu jika tentara-tentara, khususnya di film ini tentara angkatan udara untuk tidak menembaki perahu-perahu milik penduduk sipil? Karena di film banyak sekali perahu-perahu nelayan yang menyelamatkan tentara-tentara Inggris tapi tidak diserang sama sekali, mereka hanya sibuk menembaki kapal-kapal perang.

credit by Google


Next :  War for the Planet of the Apes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight