what are you looking for?

Kamis, 10 Agustus 2017

Annabelle: Creation, Explore the Birth of Evil

credit by Google

Annabelle kembali. Setelah sukses dengan film pertamanya, New Line Cinema kembali merilis film kedua Annabelle dalam film berjudul Annabelle: Creation. Buat kita pecinta film horor pasti ngeh sekali dengan karakter boneka horor ikonik ini. Boneka Annabelle pertama kali muncul di film The Conjuring. Saking besarnya antusias publik akhirnya dibuatlah spin-off filmnya yang rilis di tahun 2014 lalu. Kesuksesan Annabelle tak berhenti di situ, tahun ini Annabelle akan kembali meneror kita di bioskop dan mengungkap awal terciptanya boneka Annabelle.
(mengandung spoiler dosis besar)

credit by Youtube


Alur cerita Annabelle?

Suatu hari hiduplah seorang laki-laki bernama Samuel Mullins yang tinggal bersama istrinya, Esther dan anak perempuannya yang masih belia, Annabelle. Sehari-hari Samuel bekerja menjadi pembuat boneka rumahan limited edition yang bisa dibilang lumayan bagi bisnisnya. Kemudian kejadian tak terduga mendera keluarga Mullins. Annabelle "Bee" tertabrak mobil dan mati seketika dalam perjalanan dari gereja. Keluarga Mullins pun berduka.
Dua belas tahun berselang, seorang suster dan anak-anak dari panti asuhan berkunjung ke rumah keluarga Mullins. Diketahui niat mereka adalah tinggal bersama Samuel dan akan membantunya mengurusi Esther yang sedang sakit. Mulanya semua berjalan dengan baik, namun perlahan aktivitas-aktivitas ganjil mulai dirasakan di dalam rumah. Suster Charlotte yang pertama merasakan ada sesuatu dalam celah dekat kamar tidurnya. Janice, perempuan yang susah berjalan juga merasakan ada seseorang yang hendak bermain dengannya. Saat masuk ke dalam kamar terlarang yang mulanya milik Annabelle, dia menemukan sebuah boneka yang terlihat cantik namun juga menyeramkan. Hal aneh lainnya, Carol, anak lain melihat langsung ke dalam kamar tempat Esther tinggal yang terlihat penuh rahasia, bahkan suatu malam Carol dan Nancy sempat diteror makhluk yang mirip dengan arwah Esther. Samuel sempat mengklarifikasi jika Esther tidak pernah keluar kamar barang sekalipun. Lalu semua kejadian memuncak saat Janice diserang sesosok iblis yang menggunakan jiwa Annabelle untuk bernaung. Janice terluka akibat luka dan shock yang dideritanya.
Kejadian demi kejadian mengerikan kemudian datang berurutan. Samuel ditemukkan mati di ruang makan seperti habis diserang. Esther juga mati digantung dengan tubuh separuh setelah sebelumnya menceritakan jika mereka sempat bersekutu dengan apapun agar jiwa Annabelle dapat kembali, akan tetapi salah mengira karena itu bukanlah Annabelle melainkan iblis. Carol diteror arwah dari orang-orangan sawah. Janice mengalami kejadian diluar nalar dan tubuhnya dirasuki si iblis. Linda, teman baik Janice berinisiatif membawa boneka Annabelle dan melemparkannya ke dalam sumur, mengira dapat mengurangi aktivitas buruk di rumah, namun bisa ditebak dia salah.
Teror berakhir dengan suster Charlotte, Carol, Nancy, Linda dan kedua anak lainnya menghubungi kantor polisi sehingga menyelamatkan mereka. Esok paginya pastur datang memberkati rumah keluarga Mullins. Janice menghilang setelah insiden mengerikan yang terjadi semalaman. Suster Charlotte dan kelima anak lain pergi meninggalkan rumah. Cerita berlanjut ke sebuah panti asuhan yang diperlihatkan sepasang suami istri Higgins hendak mengadopsi anak. Janice yang mengaku sebagai Annabelle diadopsi dan tinggal bersamanya. Dua belas tahun kemudian kejadian mengerikan terjadi pada keluarga Higgins.


Hubungan Annabelle: Creation dengan film Annabelle pertama atau bahkan The Conjuring series?

Kita tidak terlalu membutuhkan kejelian dalam menghubungkan kedua filmnya. David Sanberg telah memberikan apapun yang dibutuhkan kita dalam memahaminya. Kode pertama adalah keluarga Higgins. Yap keluarga inilah tetangga dari John dan Mia Form yang diceritakan meninggal dalam pembunuhan berdarah yang dilakukan oleh anak perempuan mereka ditemani pacarnya dalam Annabelle pertama. Jiwa si anak yang dikira melakukan ritual pemujaan masuk ke dalam tubuh boneka dan mulai menjalin ceritanya sendiri. Namun dalam Annabelle: Creation diceritakan lebih jauh jika Annabelle ini mulanya adalah Janice yang mengaku-mengaku. Ntah apa motifnya sampai harus membunuh kedua orang tua angkatnya.
Kode kedua adalah jalan cerita dua belas tahun setelah pengangkatan Janice yang langsung berhubungan ke dalam adegan pembunuhan keluarga Higgins di Annabelle pertama. Kita akan mulai menggali memori dan memahaminya perlahan.
Kode ketiga adalah munculnya Valak. Terlihat suster Charlotte memperkenalkan teman-temannya sesama suster di dalam foto kepada Samuel. Terdapat empat figur dalam foto. Suster Charlotte menyebutkan nama Maria, Anna dan Lucia. Akan tetapi Samuel bertanya siapakah sosok kelima yang berada paling kanan. Suster Charlotte mengatakan dia tidak mengenalnya. Samuel mengoyang-goyangkan foto dan tampaklah Valak dalam bayangan.
Kode keempat adalah iblis oran-orangan sawah yang meneror Carol, apakah dia adalah The Crooked Man di The Conjuring 2? Kode kelima dan keenam ada pada bagian mid dan post-credits scene.


Spoiler, bocoran dan easter eggs lain?

  • Nama-nama anggota panti asuhan yang hendak tinggal di rumah keluarga Mullins antara lain suster Charlotte, Janice, Linda, Nancy, Carol, Tierney dan Kate. Suster Charlotte sebagai penanggung jawab mereka. Janice perempuan yang agak susah berjalan akibat penyakit polio. Linda merupakan teman baik dari Janice. Nancy dan Carol keduanya perempuan remaja. Tierney dan Kate bukan tokoh dominan, Kate adalah perempuan berkulit hitam. Keenamnya berasal dari panti asuhan St. Eustace, seperti yang tertulis pada huruf-huruf di bagian bis yang mereka naiki.
  • Esther Mullins bercerita sebelum meninggal, dalam ketiadaan Annabelle rumahnya sangatlah sepi, sampai-sampai dia dan suaminya menjalin persekutuan dengan apapun yang dapat membawa arwah Annabelle kembali. Niat mereka terjawab. Suatu ketika si arwah menginginkan tinggal di tubuh boneka kesayangan Annabelle dan mereka menyetujuinya. Rumah kembali ceria mesti Annabelle hadir hanya dalam bentuk arwahnya saja. Lama-lama Esther menyadari jika si arwah bukanlah arwah Annabelle melainkan arwah dari iblis jahat, bahkan Esther sempat dilukai bagian wajah olehnya. Samuel dan Esther memanggil pihak gereja yang membantu mereka menyingkirkan boneka tersebut ke dalam lemari yang disegel banyak firman Tuhan. Si iblis berhenti menghantui. Esther sampai sekarang menggunakan topeng untuk menutupi wajahnya.
  • Saat Janice diadopsi oleh pasangan Higgins dirinya ditemukan terpelihara dan tinggal dalam panti asuhan St. Joachim. Kemungkinan setelah berhasil kabur dari rumah keluarga Mullins, dia dimasukkan ke sana dengan mengaku bernama Annabelle. Ntah juga si iblis masih merasuki dirinya atau tidak. Dalam adegan ini juga terlihat boneka asli (mungkin tiruan) Annabelle turut bersamanya. Boneka asli Annabelle diketahui tersimpan di The Warren's Occult Museum di desa Moodus, Connecticut.
credit by Google

  • Ada adegan di mana Janice yang cedera berada diatas kursi roda saat siang hari. Tiba-tiba dia diganggu sesosok arwah dan didorong ke dalam gudang. Angle kamera hanya mengambil bagian bawah kaki dan kursi roda saja. Kemungkinan besar arwah pengganggu ini adalah Valak.
  • Judul lagu yang selalu diputar dalam piringan hitam di kamar Annabelle berjudul You are my Sunshine yang dinyanyikan oleh Johnny Cash.
  • Samuel Mullins mati setelah dirinya dibunuh oleh si iblis. Tubuhnya ditemukkan suster Charlotte dalam keadaan bengkok berdarah. Esther Mullins juga mati ditemukkan suster Charlotte dalam keadaan separuh tubuhnya berdarah digantung di tembok kamarnya.
  • Timeline Annabelle: Creation berdasarkan insiden di rumah keluarga Mullins berada pada tahun 1957. Dirunut dari peristiwa ini kematian Annabelle berada dua belas tahun sebelum insiden yaitu sekitar tahun 1945. Lalu kejadian pembunuhan keluarga Higgins terjadi pada dua belas tahun setelah insiden yaitu pada tahun 1969.


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak?

Annabelle: Creation merupakan prekuel supernatural film terbaik yang pernah ada. David Sanberg sang nahkoda menjabarkan keseluruhan film mengenai asal-usul boneka menyeramkan dengan baik. Jejak-jejak, pintu berderit, koridor terbuka dan amukan dalam kegelapan menambah ketegangan yang memang sudah tercipta dari awal kita duduk. Film ini benar-benar menyatakan jika sebuah boneka duduk di kursi goyang itu sangatlah mengerikan. Sandberg juga menambahkan hal-hal lainnya, kursi yang bisa naik turun sendiri, orang-orangan sawah dan pemutar piringan hitam sebagai komponen utama bagi si iblis dalam melakukan kekejiannya. Kita dibawa dalam keadaan mencekam bahkan saat siang hari pula. Jujur gue suka kejeniusan Gary Dauberman si penulis naskah meramu formula agar film ini dapat menyatu ke semua film dari The Conjuring series. Juarak.


Kemungkinan adanya extra scenes?

Terdapat masing-masing adegan pada mid dan after-credits scene. Dalam mid-credits scene hanya terlihat boneka Annabelle duduk di atas kursi goyang. Tidak terdapat gerakan sama sekali, namun terdengar irama-irama mencekam yang identik sekali dengan irama pada Annabelle pertama.
Dan dibagian post-credits scene terlihat sebuah lorong gelap. Tertulis di layar biara St. Carta, Romania 1952. Mulai terdengar irama-irama mencekam, tak lama Valak datang dari kegelapan. Ini semacam adegan penegasan untuk Valak jika benar dia akan bermain dalam film solonya, The Nun tahun 2018 nanti.

credit by Google


Next :  The Battleship Island

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight