what are you looking for?

Rabu, 13 September 2017

It, Mari Melayang Bersama Badut Pennywise

credit by Google

Oke pertama-tama It disini bukanlah Information Technology seperti salah satu jurusan di beberapa universitas. It juga bukanlah orang yang kita cari-cari saat sistem jaringan internet kantor rusak. Nyatanya It adalah film baru tentang badut yang dijamin gak ada lucu-lucunya. Badut yang biasa ada di pikiran kita identik dengan pesta ulang tahun, pertunjukan sirkus ataupun perlambangan keceriaan anak-anak digantikan dengan badut pembawa balon merah yang tiba-tiba saja siap membunuh setiap saat. Hanya satu badut namun dapat membuat kita berteriak-teriak sendiri, gemetaran menahan kencing dan bahkan mengelinjang jika berhasil lol. Tapi untungnya badut ini kabarnya hanya meneror anak-anak remaja yang belum akhil baligh. Jadi apa yang mesti dilakukan anak-anak remaja bau kencur jika bertemu badut ini di jalanan?
(mengandung spoiler)

credit by Youtube

Alur cerita It?

Oktober 1988, kota Derry dilanda hujan deras pada petang hari. Tersebut Bill Denbrough membantu adiknya, Georgie kecil membuatkan perahu kertas untuknya. Kemungkinan adiknya mempunyai kebiasaan rutin bermain perahu-perahuan di saat hujan turun. Setelahnya Geogie segera keluar dan meluapkan kegembiraannya. Bill tetap di rumah karena sakit. Kegembiraan Georgie lenyap seketika tatkala perahu kertasnya masuk ke dalam lubang pembuangan air di pinggir jalan. Georgie yang tak ingin kehilangan mencoba mencari dan bertemu sesosok badut di dalam lubang. Agak aneh memang. Si badut kemudian memakan tangan kanan Georgie tepat setelah berdiskusi panjang lebar. Tubuh kecil Georgie pun diseret pula ke dalam lubang. Banyak anak-anak yang tiba-tiba menghilang setelah kejadian itu. Kepolisian setempat bahkan menerapkan jam malam yang ketat bagi para warganya.
Juni 1989, suasana ramai di sebuah kota Derry karena berakhirnya tahun ajaran, pertanda liburan musim panas di mulai. Hal ini tidak tidak berlaku bagi Bill bersama anggota team pecundangnya, Richie, Eddie dan Stanley yang diam-diam sudah merencanakan akan mencari keberadaan Georgie yang telah lama hilang. Team ini ketambahan tiga anggota baru, seorang gemuk bernama Ben Hanscom yang tidak memiliki teman seumur hidupnya. Dirinya bergabung setelah insiden pentatoan perut yang dilakukan oleh Henry dan teman-teman geng bullying-nya. Team pecundang menolong Ben sebelum dihabisinya. Ada lagi perempuan bernama Beverly Marsh yang namanya tercemar karena gosip tak sedap yang menimpa dirinya. Beverly tepat bergabung setelah sebelumnya membantu anggota team pecundang mencuri kebutuhan P3K di toko Mr. Barton. Terakhir ada Mike, seorang anak berkulit hitam bergabung setelah bersama-sama mengalahkan Henry dan teman-temannya di pinggir sungai. Ketujuh anak ini lalu menemukan sebuah fakta mengejutkan yang mau tak mau harus mereka selidiki.
Masing-masing dari anggota team pecundang pernah mengalami terror dari si badut yang mengaku sebagai Pennywise. Contohnya Bill selalu melihat arwah Georgie yang telah mati dan berakhir dengan kemunculan badut menyeramkan. Ben bertemu si badut di perpustakaan kota. Beverly mengalami banjir darah di kamar mandinya yang berasal dari dalam lubang westafel. Richie menemukan pamflet dirinya yang diberitakan menghilang. Mike menemukan bayangan badut dalam toko sosis. Eddie yang parah bahkan harus mengalami trauma di rumah berhantu.
Petualangan mengungkap fakta tentang si badut dimulai saat memasuki rumah berhantu di Neibolt Street, rumah sama yang dikunjungi Eddie. Bill, Stanley dan Eddie hendak menangkap si badut Pennywise namun berhasil kabur. Naasnya Eddie mengalami patah tulang di tangannya. Ibu Eddie sangatlah marah pada teman-teman anaknya. Di sini team pecundang mengalami keretakan.
Singkatnya, Bill menemukan jika Beverly hilang dari rumahnya dan hanya menyisakan mayat sang ayah. Bill menghubungi anggota teamnya satu persatu. Kepalang baik teman-temannya kembali guna menyelamatkan Beverly. Keenamnya mengunjungi rumah berhantu untuk kedua kalinya. Ruang rahasia tempat si badut Pennywise berada jauh di belokan sumur. Keenamnya masuk dengan lancar meski Mike harus menyingkirkan Henry terlebih dahulu. Beverly ditemukan melayang di dekat pintu keluar masuk. Ben mencium Beverly yang menyebabkannya tersadar. Si badut sempat membuat anak-anak mengeluarkan ketakutan terbesar mereka, namun gagal. Bill si pemimpin ditangkap si badut pada akhirnya. Teman-temannya kemudian bahu-membahu menyelamatkan nyawa Bill. Badut Pennywise mengucapkan selamat tinggal sebelum dirinya melarikan diri.
Sebulan kemudian, Beverly menginformasikan jika dia harus tinggal bersama neneknya di Portland. Sebelum filmnya berakhir ketujuh anak-anak sempat membuat sumpah terikat jika suatu saat kota Derry dalam masalah, mereka harus berjumpa kembali.


Hubungan film It dengan The Dark Tower?

Si badut Pennywise ini memiliki kekuatan sihir Deadlights. Kekuatan ini dapat menyebabkan penderitaan terbesar pada korbannya bahkan menemui ajalnya. Diketahui Dandelo dalam The Dark Tower juga memiliki kekuatan yang sama. Keduanya bahkan tergabung dalam The Red, agen bentukan Crimson King yang bertujuan menghancurkan Dark Tower dan membangun kembali Discordia. Badut Pennywise di wikipedia bahkan ditulis adalah anak dari Crimson King. Oh ya kota Derry bahkan sempat juga disebut sebagai salah satu portal dari Dark Tower.
Hal ini hanya berlaku bagi novel The Dark Tower dan bukan di filmnya yang lalu atau mungkin belum disinggung.


Spoiler alert, bocoran atau easter eggs?

  • Georgie ditangkap dan diseret badut Pennywise ke dalam saluran pembuangan air di Jackson street.
  • Bill Denbrough adalah seorang yahudi. Sempat terlihat dia membaca kitab taurat dan dimarahi ayahnya karena tidak menuruti Mitzvah, sebutan perintah Allah dalam ajaran Yudaisme.
  • Lagu yang didengarkan Ben ketika bertemu pertama kali dengan Beverly dinyanyikan oleh band New Kids on the Block berjudul You Got it.
  • Henry Bower si pemimpin geng bully-ing dinilai tidak dapat melakukan apapun di depan mata sang ayah. Apapun yang dilakukannya selalu salah. Dalam ketakutan dirinya dipengaruhi badut Pennywise dan membunuh sang ayah dengan menikam lehernya, Henry juga sempat akan membunuhi para anggota team pecundang di dalam sumur, namun berhasil digagalkan oleh Mike. Henry berakhir dengan mati terjatuh ke dalam sumur.
  • Beverly sebelum menghilang juga sempat membunuh ayahnya di rumahnya, kemungkinan adalah manipulasi dari badut Pennywise.
  • Teman satu geng Henry yang bernama Patrick Hockstetter bernasib sama dengan Ed Corcoran dan Betty Rimpson yang juga ditangkap dan dibunuh oleh badut Pennywise.
  • Nama asli badut Pennywise adalah Bob Gray. Hal ini tidak pernah diceritakan dalam film, namun kita dapat melihat label botol bir bertuliskan Bob Gray di samping rumah berhantu Neibolt.
  • Menjelang akhir film, badut Pennywise meminta teman-teman Bill memilih hendak menyelamatkan Bill atau keenamnya dapat meninggalkannya dan menjalani masa tua masing-masing. Ternyata teman-temannya lebih memilih menyelamatkan Bill. Di sini badut Pennywise dan Bill hampir melakukan "The Ritual of Chud". Ritual ini adalah pertempuran psikis menggunakan akal sehat. Bill mempercayai jika Pennywise tidaklah nyata. Ritual ini sangatlah penting dan kemungkinan akan diceritakan menyeluruh pada sekuel berikutnya.
  • Menurut cerita yang dipecahkan oleh Ben, kota Derry selalu mengalami kekacauan setiap 27 tahun sekali dan memakan banyak korban jiwa. Gue inget di tahun 1908 terjadi kebakaran sebuah pabrik, lalu 27 tahun kemudian tepatnya tahun 1929 terjadi pembantaian besar-besaran yang dilakukan oleh The Bradley Gang. Hal ini berlaku pada kenyataannya, film It kali ini dirilis tepat 27 tahun dari miniseries lamanya tahun 1990 lalu.
credit by Google

"Bill? If you'll come with me, you'll float too." - Georgie Denbrough

Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

Filmnya diangkat dari novel rekaan Stephen King yang bisa dibilang penulis juara dikelasnya. Dari adegan pembukanya saja tampaknya memang memberitahukan filmnya akan terkesan dark. Harapan-harapan hampa dibumbui rasa kengerian dan komedi yang diulang di beberapa adegan tampaknya berjalan dengan baik. Gue bahkan sesaat merasa seperti lari terengah-engah di atas tempat duduk, namun sesaat kemudian tertawa histeris menertawakan karakter-karakter utamanya.
Gue akan mengatakan bahwa film ini direkomendasikan untuk orang yang lagi broken heart, dijamin kalian akan melupakan masalah kalian untuk sesaat. Sisi persahabatan yang paling ditonjolkan dalam film. It juga mengajarkan pesan moral untuk melawan ketakutan terbesar kita. Bagian pentingnya meski cast utamanya banyak anak-anak, namun film ini sangat tidak disarankan untuk anak-anak karena mengandung kekerasan dan dialog yang kasar. Dijamin setelah ini para penganut Coulrophobia akan bertambah semakin pesat.


Kemungkinan adanya extra scenes?

Bagian post-credits scene terdengar paduan suara anak-anak menyeramkan yang menyanyikan lagu Oranges and Lemons, lagu yang sudah identik dengan makhluk-makhluk penebar ketakutan. Lalu tiba-tiba saja audio serasa ditembak dan muncullah tawa badut Pennywise. Tawa yang sangatlah panjang sampai tendengar dari dalam gorong-gorong Derry.
Hal ini memungkinkan jika anggota-anggota team pecundang akan kembali bereuni bersama. Jika badut Pennywise tidak mati melainkan tertidur hingga 27 tahun mendatang membawa terror baru di kota Derry. Jika film It akan dibuat chapter keduanya.

credit by Google


Next :  Blade Runner 2049

2 komentar:

time flight