what are you looking for?

Kamis, 16 November 2017

Justice League, Bangkitnya Superman dari Kematian

credit by Google

Inilah dia film superhero yang paling ditunggu sepak terjangnya di penghujung tahun 2017. Berjudul Justice League, filmnya setia menceritakan bersatunya ketujuh, atau masih tepatnya keenam superhero ternama rekaan DC Comics. Di antaranya Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Aquaman dan Cyborg, minus Green Lantern, dipertemukan dengan musuh baru, Steppenwolf yang berniat mengumpulkan ketiga Mother Boxes, yang akan digunakannya untuk membangun ulang planet Bumi seturut kehendaknya. Mother Boxes diketahui memiliki kekuatan dahsyat dari luar angkasa. Berangkatlah para superhero yang mulanya tidak saling mengenal ini bahu-membahu dalam mencegah niat jahat Stepphenwolf dan terutama mencegah terjadinya kiamat di muka Bumi. Bersama-sama. You Can’t Save the World Alone.
(mengandung spoiler)

credit by Youtube


Bagaimanakah plot Justice League?

Dunia kehilangan Superman. Dunia dilanda krisis keamanan setelah insiden kematian Superman yang diberitakan hampir setiap hari. Tindak kejahatan mulai marak terjadi di mana-mana. Dunia seakan kehilangan harapannya akan sosok penyelamat umat manusia.
Pengenalan karakter. Bruce Wayne menemukan satu Parademon yang dikatakannya sebagai hal yang terburuk. Diana Prince dikisahkan menjadi seorang arkeolog cantik yang selalu siap sedia menyelamatkan umat manusia dari marabahaya. Barry Allen mesti berjanji pada ayahnya di penjara jika dirinya akan menemukan siapa orang yang bersalah atas kematian ibunya, walaupun harus setiap saat berlari-lari di Central City. Arthur Curry telah bertemu Bruce Wayne dan mengatakan jika sudah sepantasnya Bruce tidak menganggu previledge-nya. Victor Stone masih tidak bisa menerima apa yang telah diperbuat ayahnya kepada tubuhnya, Victor lebih baik mati daripada harus hidup dalam bentuk cyborg.

Perekrutan. Cerita lalu berlanjut kepada perekrutan satu persatu anggota Justice League. Bruce mengajak Barry Allen yang langsung menyetujuinya tanpa banyak permintaan. Diana masih harus membujuk Victor yang lebih memilih meminta waktunya untuk berpikir sejenak. Karena ancaman sudah semakin mendekat, seluruh superhero bersama Victor yang menyetujui dan Arthur Curry, kelimanya sepakat agar bersama-sama mencegah sesuatu yang buruk terjadi.
Kebangkitan Steppenwolf. Melihat dari data peninggalan Lex Luthor, barang penting Mother Boxes terdiri dari tiga buah yang seluruhnya dijaga terpisah pada tiap-tiap ras di Bumi. Salah satu Mother Box yang berada pada kaum Amazon mengeluarkan peringatan. Steppenwolf muncul tanpa permisi dan mulai menyerang para kaum Amazon. Hippolyta sebagai sang pemimpin kaum Amazon di Themyscira berusaha membawa kabur Mother Box milik mereka. Stepphenwolf mendapatkannya di saat terakhir dan menghilang. Hippolyta yang bingung, lalu memberikan peringatan kepada Diana melalui api abadi. Stepphenwolf mulai memburu Mother Box kedua. Kerajaan Atlantis menjadi target berikutnya. Dengan mudahnya, kotak itu berhasil direbut. Kini tersisa kotak terakhir yang diketahui berada pada ras manusia namun tidak menjelaskan berada di mana.
Para superhero kita mulai berkonfrontasi dengan Steppenwolf dan pasukan Parademons-nya. Pulau Brixton menjadi saksi diperlihatkannya duel heroik nan kejam yang dilakukan antar kedua kubu. Cerita berakhir dengan Steppenwolf yang kembali menghilang. Victor Stone melalui ayahnya mengatakan jika dia harus menyimpan Mother Box terakhir dengan taruhan nyawa. Hal ini mengindikasikan jika ayah Victor merupakan pemilik Mother Box ketiga.

Membangkitkan Superman. Bruce Wayne merasa tidak percaya diri dalam memimpin teamnya. Kehilangan Superman atas kesalahannya menjadi ketakutan tersendiri di hidupnya. Alfred menyarankan agar Diana Prince untuk memimpin, namun Diana telah sebelumnya mengatakan pada Bruce jika dalam kepemimpinannya terakhir malah mengantarkan teman-temannya berada di pinggir jurang kematian. Viktor memberikan ide bagusnya jika mereka bisa saja membangkitkan Superman menggunakan Mother Box. Dalam keputusasaan, diambillah peti mati Clark Kent dari dalam kuburnya, dan diambil jugalah jasadnya agar dibawa menuju kapal alien yang terjatuh di Metropolis. Ritual kebangkitan dimulai. Superman berhasil bangkit dari kematiannya. Naas, dia malah berkonfrontasi sesaat dengan teman-temannya akibat kehilangan ingatan. Lois Lane menjadi pereda pertempuran di antara mereka. Di sisi lain Mother Box terakhir tidak terlindungi secara menyeluruh. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Steppenwolf yang kemudian mencurinya.
Insiden Rusia Utara. Steppenwolf yang sudah memiliki ketiga Mother Boxes memulai kehancuran Bumi. Kota Porzenov menjadi tempat berlangsungnya upacara sakral ini. Para superhero jagoan kita mengetahui aksinya dan cepat-cepat menuju ke sana. Bruce menyingkirkan Parademons terlebih dahulu, sedangkan lainnya langsung berhadapan dengan Steppenwolf. Victor yang mengetahui seluk beluk Mother Boxes berupaya memisahkan ketiganya. Steppenwolf tidak tinggal diam begitu saja. Diana Prince dan Arthur Curry sebagai perwakilan legenda mencoba memperlambat Steppenwolf. Superman datang di saat tergenting. Dirinya bersama Victor kemudian bekerja sama. Mother Boxes terpisah dan hancur berkeping-keping. Steppenwolf yang kehilangan kapak mengerikannya merasakan ketakutan hebat. Parademons yang paling suka terhadap ketakutan mulai menggerogoti tubuh Steppenwolf. Parademons membawanya menuju dimensi lain.

Epilogue. Para superhero kini berjanji akan melindungi Bumi sebaiknya-baiknya dari para penjahat maupun ancaman dari luar. Diana Prince kembali dalam kegiatannya sehari-hari. Arthur Curry tinggal bersama Mera di Atlantis. Barry Allen mengatakan pada ayahnya jika dia telah menerima kontrak pekerjaan baru. Victor Stone membantu perkembangan Star Labs milik ayahnya. Clark Kent menerima kembali rumahnya yang telah disita oleh bank dan tinggal bersama ibunya. Bruce Wayne dan Alfred membeli sebuah rumah lawas berdinding luas. Mereka mengatakan akan menjadikan rumah itu sebagai markas baru Justice League. Keduanya juga memikirkan akan merekrut anggota baru.

credit by Google


Spoiler alert, easter eggs dan bocoran lain?

  • Arthur Curry atau Aquaman merupakan raja Atlantis. Memiliki kekuatan mengendalikan air dan berbicara terhadap ikan-ikan. Arthur lebih suka tinggal di daratan dan menjaga penduduk pesisir dari bahaya daripada harus berhadapan dengan Mera di istana. Menilik dari percakapannya bersama Mera, dia memiliki ibu yang meninggalkannya saat bayi di pintu depan rumah ayahnya. Mera sendiri mengatakan jika Arthur-lah orang yang harus bertanggung jawab menjaga Atlantis. Hubungan Arthur dan Mera memang agak sedikit renggang.
  • Barry Allen atau The Flash diceritakan mendapatkan kekuatannya dari sambaran petir. Tiap hari Barry berlari-lari cepat di Central City sambil mencegah kejahatan. Terkadang dia juga sempat keluar masuk speed force sekehendak hatinya. Barry mengatakan pada Bruce mengapa manusia lain sangatlah lamban. Ayahnya, Henry Allen mendekam dalam sel penjara akibat kesalahan yang tidak dilakukannya. Sang ayah dijadikan kambing hitam atas kematian ibunya. Barry berjanji akan mencari siapa pembunuh sesungguhnya yang merenggut nyawa ibunya dihadapan sang ayah. Barry sangat takut terhadap serangga, pistol, orang tinggi, pembunuh dan juga tenggelam. Barry memiliki laboratoriumnya sendiri.
  • Victor Stone atau Cyborg memiliki tubuh dan ingatan menyerupai manusia setengah robot (cyborg). Keahliannya meliputi pembacaan kode-kode akses, mengetahui cara kerja seluruh teknologi dan bisa terbang! Mulanya dia adalah atlet football universitas, namun terjadi kecelakaan mobil yang kemudian merenggut nyawanya. Sang ayah, Silas Stone sengaja menggunakan Mother Box agar menghidupkan kembali nyawa anaknya dalam eksperimennya di S.T.A.R Labs. Tubuh luar Victor diubah menjadi robot dan memiliki pikiran yang dalam hitungan jam saja dapat berkembang cepat. Victor sangat malu akan keadaannya hingga tak pernah sekalipun keluar rumah.
  • Penciptaan Mother Boxes berhubungan dengan legenda tentang persatuan kaum Amazon, kaum Atlantis, ras manusia dan sekutu makhluk luar Bumi lain dari terjadinya perang besar. Dikisahkan Mother Boxes dibuat oleh para leluhur alien dari luar Bumi yang membuatnya demi menjadikan seseorang menjadi Tuhan baru yang lebih mulia. Steppenwolf mengatur agar dirinya menjadi satu-satunya penakluk planet menggunakan Mother Boxes. Terjadi peperangan hebat dalam mempertahankan Bumi beberapa ribu tahun silam. Ras-ras Bumi memperoleh kemenangan. Steppenwolf dibawa ke planetnya semula menggunakaan kapal besar. Satu Mother Box diserahkan kepada kaum Amazon, sisa kedua lainnya masing-masing disimpan kaum Atlantis dan ras manusia.
  • Superman dibangkitkan dari kematian juga berkat dari Mother Box milik Silas Stone. Jasad Clark Kent dimasukan ke dalam ruang Amnion kapal alien di Metropolis, ini juga merupakan tempat dimana Jendral Zod berubah menjadi Doomsday dalam Batman v Superman. Victor mengatur agar rencana ini berjalan mulus. Barry Allen turut andil dalam mengirimkan arus listrik pada kotaknya.
  • Green Lantern Corps sempat disinggung sebanyak dua kali. Hint pertama ketika perang pertama ras Bumi melawan Steppenwolf dalam memperebutkan Mother Box. Diana Price dalam ceritanya mengatakan jika kaum Amazon, kaum Atlantis dan ras manusia memperoleh bantuan kekuatan dari makhluk luar Bumi. Dalam visual diperlihatkan makhluk hijau yang mempunyai cincin-cincin sebagai kekuatan mereka. Lalu hint kedua diucapkan dengan sangat jelas oleh Steppenwolf saat tiba di Bumi. Steppenwolf mengatakan "No Lanterns, no Kryptonian... This world will fall."
  • Darkseid juga sempat disinggung satu kali dalam film. Hint-nya adalah ketika Steppenwolf sedang berada di pabrik nuklir. Dia mengatakan kepada Parademons jika mereka akan membantunya dalam menemukan Mother Box terakhir demi kebaikan dirinya, dan juga demi Darkseid. Kita semua tahu jika Steppenwolf adalah paman dari Darkseid.
  • Mimpi buruk Bruce Wayne saat melihat rekaman data milik Lex Luthor dalam Batman v Superman menjadi kenyataan. Dalam mimpi, Bruce melihat sepasukan besar makhluk bersayap yang hendak menyerangnya bersama Superman. Dalam Justice League, makhluk bersayap ini kemudian dikenal sebagai Parademons.
  • Hint bagi duo clowns DC terlihat dalam film. Bruce, Diana dan Barry berkenalan di atas menara tertinggi. Tak jauh dari menara terlihat dalam huruf-huruf besar kata Ace Chemicals di gedung lain. Menilik di komik, hal ini mengacu pada Joker dan Harley Quinn yang telah mulai membangun kerajaannya. Apakah hint untuk film solo Joker/ Harley Quinn atau Suicide Squad 2?
  • Dari awal sampai akhir film, Diana Prince (masih) tidak mengatakan jika dirinya adalah Wonder Woman. Begitupun Barry Allen dan Victor Stone juga tidak ada yang mengatakan mereka adalah The Flash dan Cyborg. Bruce sekali memanggil Arthur dengan sebutan Aquaman, namun dirasa Arthur tidaklah begitu senang. Hal ini bertolak belakang antara Bruce Wayne yang bangga menyebut dirinya sebagai Batman, dan Clark Kent yang disebut sebagai Superman oleh manusia Bumi.
  • Barry Allen sempat mengucapkan kata Pet Sematary kepada Superman pada waktu dia bangkit dari kematian. Pet Sematary di sini hanyalah lelucon tentang novel atau film berjudul sama rekaan Steven King yang sama-sama bercerita tentang sesuatu bangkit dari kematian, sayangnya apa yang bangkit dari situ bukanlah sesuatu yang sama seperti ketika dia masih hidup. Oiya Barry sepertinya juga menyukai kebudayaan asal Korea Selatan. Sebagai contoh dalam laboratoriumnya terlihat video clip lagu As If It's Your Last yang dinyanyikan oleh Blackpink.


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

Cerita berlalu dengan sangat cepat, mungkin juga untuk menghemat durasi. Awal adegan divisualisasikan dengan rasa kehilangan yang amat sangat, kemudian dibumbui sedikit action pembuka hingga pada pengenalan karakter barunya yang secepat kilat. Di pertengahan film, tensi cerita dibuat naik turun agar penonton penasaran. Cerita mulai asyik di bagian kebangkitan Superman. Bagian finishing agak kurang pas, namun terselamatkan berkat epilogue yang apik.
Terpujilah Ezra Miller! Barry Allen menjadi penyelamat hampir di semua adegan serius. Gal Gadot masih tetap menawan. Jason Momoa sepantasnya mengikuti audisi untuk vokalis band. Ben Affleck ternyata bisa berdarah. Henry Cavill sukses membuat cewek-cewek kesemsem. Ray Fisher biasa aja. Ben Affleck, Henry Cavill dan Gal Gadot tetap menjadi tokoh utama, sedangkan ketiga lainnya ibarat sampingan saja. JL tidak terkesan gelap-gelap amat soalnya banyak adegan diambil pada siang hari. Banyak juga adegan becek, soalnya Jason Momoa dan Henry Cavill lebih suka menanggalkan busana mereka. Si Steppenwolf seperti kurang niat membuat kiamat di Bumi. Terakhir, hindarilah melihat review negatif di internet dan cerita teman-teman yang bilang filmnya jelek. Internet dan temanmu bukanlah sebuah tolak ukur untuk menyukai kadar sebuah film.


Kemungkinan adanya after-credits scenes?

Pada bagian mid-credits scene diperlihatkan Barry Allen dan Superman mengadu siapa yang lebih cepat dalam hal kecepatan menempuh perjalanan dari pesisir satu ke pesisir lainnya. Superman mengatakan jika Barry kalah maka dia harus keluar dari team. Namun jika Barry menang maka dirinya akan mengajak mereka semua dalam team untuk makan siang bersama. Ini mengacu pada slogan The Flash sendiri yaitu The Fastest Man Alive.
Dalam post-credits scene diperlihatkan Lex Luthor yang sudah terbebas dari Arkham Asylum. Adegan berpindah dengan memunculkan seseorang yang memiliki dua pedang tersilang di punggungnya. Di atas kapal, Lex menyebutnya dengan sebutan Mr. Wilson. Lex juga mengajak seseorang ini untuk mendirikan sebuah teamnya sendiri. Adegan ini dapat diartikan seseorang tersebut adalah Slade Wilson atau yang lebih dikenal sebagai Deathstroke. Dan team yang dimaksud Lex bisa jadi adalah Injustice League. Apakah hint Ace Chemicals di dalam film suatu kebetulan belaka?


credit by Google


Next :  Murder on the Orient Express

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight