what are you looking for?

Minggu, 29 Oktober 2017

Thor: Ragnarok, Having Fun with The Goddess of Death

credit by Google

Selamat ulang tahun my brother, Yayang Kurnia 🎉🎉🎉
Thor: Ragnarok yang diplot sebagai film kelima dalam phase ketiga Marvel Cinematic Universe (MCU) memang layak ditunggu. Pasalnya seluruh film phase ketiga bisa dibilang akan sangat berpengaruh pada perjalanan panjang MCU yang telah dimulainya sejak sembilan tahun silam. Babak akhir yang telah dikonfirmasi oleh pihak Marvel adalah bersatunya para superhero kesayangan kita melawan Mad Titan Thanos, biang dari seluruh akar masalah. Kita juga telah mendengarkan dongeng lama jika si Thanos ini sedang rajin-rajinnya mengumpulkan Infinity Stones yang dapat memperlancar aksinya menguasai jagad raya.
Setelah dinilai dan dipelajari secara bijak, semua film Thor, baik Thor pertama maupun Thor: The Dark World memiliki koneksi terbaik setara Guardians of the GalaxyThe Avengers dan Doctor Strange yang menghubungkan MCU menuju penghabisan melawan Thanos. Mengapa gue bilang terkoneksi lebih baik? Secara film-film di atas mengambil setting tempat di luar angkasa, tempat tinggal Thanos; pengecualian terhadap Doctor Strange, tidak seperti film Iron ManCaptain America dan lainnya yang melulu soal harus menyelamatkan Bumi saja. Ini soal jagad raya, the multiverse dude. Jadi apa hal-hal yang membuat Thor: Ragnarok sangat worth it untuk disaksikan?
(free spoiler)

credit by Youtube

Jalan cerita Thor: Ragnarok?

Thor terbangun dalam keadaan terikat didalam sangkar di tengah gua yang lebih menyerupai kedalaman gunung berapi (kemungkinan Muspelheim). Dirinya terbangun karena seseorang memanggil namanya. Di sini kita bisa melihat Surtur si iblis api yang secara gamblang menanyai Thor soal keingintahuannya tentang Infinity Stones yang banyak dicari. Tak hanya itu, Surtur berkata padanya soal Odin, ayah Thor yang hilang. Odin bukanlah Odin sesungguhnya yang saat ini berada di takhta Asgard. Surtur juga bercerita tentang ramalan Ragnarok, di mana sang iblis api ditakdirkan akan meratakan Asgard menjadi debu jika mahkotanya ditaruh pada api kekal di ruang penyimpanan Odin. Thor yang mendengarkan dengan baik dan tenang tiba-tiba saja berhasil terbebas dari ikatan yang menjeratnya. Surtur dan para pasukan api mengejar Thor yang hendak melarikan diri. Thor kembali ke Asgard dengan membawa tengkorak Surtur melalui jembatan Bifrost. Thor mengklaim kepemilikan kepala Surtur.
Di sisi lain istana, Odin palsu sedang menikmati pertunjukan teater. Thor datang dan mengancamnya. Odin palsu selama ini adalah jelmaan Loki. Di hadapan seluruh penduduk Asgard, Loki mengaku dirinyalah orang yang mengasingkan Odin asli ke Midgard (Bumi). Berikutnya Thor dan Loki bergegas mencari Odin berada. Tak disangka, keduanya bertemu Doctor Strange dalam pencarian. Strange sengaja menjebak Loki agar Thor mau datang ke Sanctum Sanctorum. Strange mau sekali membantu Thor dan Loki dengan syarat setelah menemukan Odin, mereka harus meninggalkan Bumi. Keduanya menyetujui. Strange mengatakan bahwa Odin sangatlah senang berada dalam pengasingan di Norwegia.

Berbicara panjang lebar membuat Thor dan Loki mengerti betapa ayahnya sangat suka di Bumi. Odin berkata jika Bumi mengingatkannya pada sosok Frigga, ibu anak-anaknya yang telah meninggal. Odin tak lupa mengatakan jika Asgard kini dalam bahaya setelah ketidakhadirannya di tahkta tertinggi. Seorang dewi kematian bernama Hela akan kembali ke Asgard merebut segalanya. Odin lalu membunuh dirinya sendiri dengan berubah menjadi debu. Masih keadaan berduka, Hela datang ke Bumi melalui portal kegelapan. Hela berkata jika dirinya adalah anak sulung Odin, juga sebagai pewaris tahkta pertama Asgard. Thor yang tidak menyetujui pembualan ini menyerang Hela. Thor berserah ketika palunya, Mjolnir hancur berkeping-keping di tangan Hela. Thor dan Loki kabur menggunakan jembatan Bifrost. Dalam perjalanan, keduanya malah terlempar dari proses pemindahan, dengan Hela seorang yang tiba di Asgard.
Hela menyerang Hogun, Volstagg dan Fandral. Hela mengangkat penjaga sementara Bifrost, Skurge menjadi juru begalnya. Hela kemudian memerintah Asgard layaknya ratu. Diketahui juga, semakin lama Hela di Asgard maka kekuatannya akan semakin kuat.
Thor terjatuh di planet Sakaar. Dia diselamatkan oleh Valkyrie dari ancaman Sakaarian setempat yang malahan membawanya kepada Grandmaster. Thor akan dijadikan salah satu konstestan dalam Kontes Para Juara yang harus menantang sang juara bertahan. Sebelum bertarung Thor sempat bertemu Korg dan Miek dalam kurungan. Korg mengatakan akan mengadakan revolusi di Sakaar. Thor juga melihat Loki yang mengakui tidak mengenalnya. Tiba saatnya Thor menghadapi sang juara bertahan yang dikenalinya sebagai Hulk. Thor mulanya tak ingin melakukan perlawanan, namun Hulk juga tak ingin kehilangan pamornya. Pada akhirnya Thor hampir dapat mengatasi perlawanan dari Hulk.
Lain cerita di Asgard, Heimdall, orang yang telah dicap pengkhianat oleh bangsanya sendiri kini menyelamatkan penduduk Asgard yang bertentangan dengan Hela. Heimdall sengaja mencuri perang ditatahan jembatan Bifrost agar Hela tidak dapat melakukan aksi brutalnya ke dunia lainnya. Heimdall menempatkan para penduduk ke dalam benteng leluhur lama Asgard. Suatu ketika Thor menghubungi Heimdall dari Sakaar. Heimdall berjanji akan menyelamatkan sebanyak mungkin penduduk Asgard dan jika mampu akan membawa mereka kabur melewati jembatan Bifrost.
Thor menemukan dirinya tinggal bersama Hulk di kediamannya. Hulk mengaku tidak mempunyai teman lain selain si Valkyrie yang menyelamatkan Thor itu. Tak ingin melihat Asgard dalam bahaya, Thor memohon pada Hulk dan Valkyrie agar membantunya kembali ke Asgard secepatnya. Si Valkyrie mau membantu setelah sebelumnya pikirannya dibuka oleh Loki tentang masa lalunya. Thor, Hulk dan Valkyrie menyusup ke dalam hangar Grandmaster dan mencuri kapal The Commodore. Di sisi lain, Grandmaster yang tak ingin kehilangan sang juara bertahan dan tentunya Thor sendiri, menyuruh pasukannya mengejar ketiganya sampai dapat. Nyatanya di Sakaar pada saat itu juga sedang terjadi revolusi yang dipimpin Korg dan Miek. Revolusi terjadi juga berkat campur tangan dari Thor. Korg, Miek dan yang lainnya, turut bersama pula Loki mencuri kapal armada terbesar milik Grandmaster yang lainnya dan pergi ke Asgard. Di tempat lain, kapal The Commodore juga sedang menuju Asgard setelah mengalahkan para pasukan Grandmaster saat sebelumnya.
Hela mengetahui dari seorang einherjar jika penduduk Asgard banyak yang mengungsi di benteng lama. Hela dan Skurge mencoba mencari tahu. Heimdall nyatanya telah berhasil bergegas menuju jembatan Bifrost bersama lainnya. Di tengah perjalanan di jembatan, sesosok serigala buas yang dikenal bernama Fenris menghadang. Fenris adalah salah satu makhluk yang dibangkitkan Hela dari kematian bersama pasukan leluhur Asgard lainnya. Fenrir hampir menyerang secara brutal namun Hulk datang dan berduel dengannya. Hela mulai mendekati pusat kekacauan. Thor dan Valkyrie bekerja sama mengalahkan Hela. Hampir tiba saat para penduduk Asgard mulai ketakutan dengan serangan pasukan kematian milik Hela. Kapal armada yang digunakan Korg dan lain-lain mendekati jembatan Bifrost dan menyelamatkan semuanya. Loki merangsek ke dalam aksi bersama pasukan revolusi Korg dan Miek. Pertempuran seru tak terelakan. Hela yang sangat powerful tak mudah untuk dikalahkan. Thor berinisiatif menyuruh Loki agar pergi ke penyimpanan Odin demi melakukan hal mengerikan. Thor menginginkan mahkota Surtur ditaruh pada api kekal di dalam penyimpanan dan menghancurkan Asgard, seperti tertuang pada ramalan Ragnarok. Loki menuruti perintah saudaranya. Surtur bangkit dan mulai membakar habis Asgard. Thor telah memperhitungkan jika Surtur bangkit maka Hela akan dikalahkannya. Kemudian terjadilah. Di saat terakhir, Thor, Hulk, Valkyrie dan Loki menaiki kapal armada Korg yang meninggalkan Asgard dalam kehancuran. Thor dipastikan menjadi raja baru para mantan penduduk Asgard. Dihadapan teman-temannya, Thor dengan mantap berkata mereka akan menuju Bumi.


Karakter superhero Marvel lain yang muncul di film?


Dari teaser trailer Thor: Ragnarok kita sudah diperlihatkan jika Dr. Bruce Banner aka Hulk telah terkonfirmasi akan ikut andil. Dirinya bersama Thor akan bertarung sengit satu sama lain dalam Kontes Para Juara yang diadakan oleh Grandmaster. Keduanya lalu akan bekerja sama membantu Asgard mengenyahkan Hela.
Berikutnya Dr. Stephen Strange aka Doctor Strange juga akan muncul. Strange diketahui membantu Thor dan Loki guna mencari Odin yang diasingkan ke Bumi. Kemudian Natasha Romanoff aka Black Widow juga muncul dalam adegan dimana Thor yang gugup sempat menekan tombol di Quinjet dan menampilkan cuplikan video dirinya mengucapkan kata penyemangat untuk Banner. Cuplikan video ini berasal dari film Avengers: Age of Ultron sebelum Banner menghilang. Nama Tony Stark aka Iron Man disebutkan saat Banner menanyakan pada Thor mengapa dirinya harus menggunakan baju Tony. Banner juga sempat mentertawakannya dengan lelucon celana sempit Tony. Terakhir nama Jane Foster sempat disinggung dalam adegan dua perempuan yang meminta foto selfie dengan Thor dan Loki. Salah satu perempuan merasa kasihan terhadap Thor karena telah dicampakkan oleh Jane.


Kehadiran sosok Thanos atau Infinity Stones terakhir?

Thanos masih juga belum menampakan batang hidungnya setelah dirinya tampil terakhir dalam film Guardians of the Galaxy pertama. Dan soal salah satu Infinity Stones yaitu Soul Stone juga belum telihat dimanakah gerangan berada. Dahulu Marvel sempat mengkonfirmasi akan hadir dalam Ragnarok ini, namun di film tetap tidak ada. Hanya terlihat Infinity Gauntlet itupun palsu di ruang penyimpanan Odin di Asgard.


Spoiler alert, bocoran atau easter eggs lain?

  • Film Thor: Ragnarok berpusat pada penglihatan masa depan yang dialami Thor semasa dirinya dahulu mengendalikan Aether dalam Thor: The Dark World. Penglihatan ini adalah masa depan tentang Ragnarok atau kiamat bagi para dewa.
  • Senjata pamungkas milik Thor yaitu Mjolnir hancur berkeping-keping setelah dihancurkan Hela. Mulanya Thor sempat merasa separuh kekuatannya telah lenyap, namun karena keteguhan hatinya, Thor dapat membuat petir dari tangan kosongnya tanpa harus menggunakan Mjolnir.
  • Odin palsu yang selama ini menduduki takhta adalah penjelmaan dari Loki. Odin yang asli sengaja diasingkan oleh Loki ke Bumi tepatnya di Norwegia. Loki sengaja memalsukan kematiannya di film sebelumnya karena dia sangatlah menginginkan menjadi raja di Asgard. Odin yang asli mati di Bumi dalam pengenangannya terhadap Frigga.
  • Hela mengaku sebagai anak sulung dari Odin yang berarti dialah pewaris takhta pertama Asgard, bukannya Thor apalagi Loki. Hela juga berkata pada jaman dahulu, dia dan Odin telah bekerja sama dalam menaklukan sembilan dunia. Odin lalu mengenyahkan Hela dan pasukan leluhur Asgard kuno karena niat ambisinya telah melebihi ambang batas. Odin beralih menjadi penjaga kedamaian sembilan dunia. Diketahui kekuatan Hela berasal dari Asgard, jadi semakin lama dia berada di Asgard maka kekuatannya akan bertambah.
  • Dalam film diceritakan jika Hela adalah seorang dewi kematian yang dikurung oleh Odin entah di mana. Nah dalam mitologi Nordik, Hela dikenal sebagai Hel yang juga berasal dari dunia kesembilan yang bernama Helheim, dunia tempat jiwa-jiwa orang meninggal. Nama yang menginspirasi adanya Hell (neraka). Hel pada dasarnya adalah anak Loki dan raksasa Angrboda, namun di film disebut anak sulung Odin.
  • Hela mempunyai serigala kesayangannya bernama Fenris yang dibangkitkannya lagi sebelum Ragnarok. Dalam mitologi Nordik, Fenris atau Fenrir adalah anak sulung dari Loki dan raksasa Angrboda, atau kata lainnya bersaudara dengan Hela. Entah di film Fenris ini jinak terhadap Hela dan tidak mengakui Loki sebagai ayahnya lol. Dalam Ragnarok sesungguhnya, Fenris ini yang ditakdirkan untuk membunuh Odin. Sekali lagi di film, Fenris hina sekali harus mati di jatuhkan dari tepi Asgard oleh Hulk.
  • Dr. Bruce Banner telah lama sekali terjebak di dalam diri Hulk. Banner sempat kembali ke bentuk manusianya dalam penglihatannya terhadap video dari Natasha. Hulk adalah juara bertahan dalam Kontes Para Juara. Banner sempat tergabung dalam Revengers menyelamatkan Asgard meskipun dia tak mengerti kenapa bisa berada di planet alien. Pada Avengers: Age of Ultron, Hulk gagal menyelamatkan dirinya sendiri dalam insiden Sokovia dan terjebak dalam Quinjetnya yang terjatuh di Fiji.
  • Heimdall sempat dicap pengkhianat oleh Odin dan terusir dari Asgard. Namun dalam film, dirinya terlihat mencuri pedang yang ditatahkan pada ujung jembatan Bifrost. Selama ini Heimdall tidaklah benar-benar pergi melainkan tinggal di bekas benteng lama Asgard. Dalam ketiadaanya di jembatan Bifrost tugasnya digantikan sementara oleh Skurge.
  • Skurge berbalik mengkhianati bangsanya sendiri setelah kedatangan Hela di sana. Skurge dinobatkan menjadi penjagal bagi Hela. Skurge pada dasarnya hanyalah seorang pesuruh. Ayah Skurge saja hanyalah tukang batu di Asgard. Dia mendapatkan kehormatan suatu ketika menjadi ksatria pada perang di Vanaheim. Skurge memiliki dua buah senjata kesayangannya yang diberinya nama Des dan Troy. Di akhir film Skurge kembali lagi mendukung Asgard dengan melakukan aksi kerennya menyingkirkan pasukan leluhur Asgard kuno. Naas Skurge malah mati dibunuh Hela dalam aksinya.
  • Grandmaster adalah orang pertama yang terbuang, pencipta dan pemilik sah planet Sakaar. Dia membangun dari sisa-sisa orang hilang dan tidak dicintai sampai akhirnya berkembang baik sekali. Grandmaster membuat Kontes Para Juara bagi makhluk terkuat. Acara ini diklaim mendapatkan keuntungan dan pamoritas tersendiri.
  • Scrapper 142 adalah sebutan Grandmaster bagi salah seorang mantan Valkyrie. Thor dihadapkan pada Grandmaster setelah ditangkap oleh Valkyrie ini. Dalam perkembangannya, sang Valkyrie mau sekali bergabung bersama team Revengers menyelamatkan Asgard. Diketahui dari cuplikan masa depan yang disiratkan Loki, dahulu kala para Valkyrie dikirim Odin agar membunuh Hela. Hela menang dengan mengubah arena bak pertumpahan darah disana, tentunya hanya menyisakan si Valkyrie ini yang malahan pensiun. Senjata terkenal si Valkyrie berupa pedang yang disebut Dragonfang.
  • Valkyrie dalam mitologi Nordik adalah perempuan-perempuan pilihan Odin yang ditugasinya untuk mencari manusia-manusia yang mati secara ksatria. Manusia ini kemudian akan disebut Einherjar. Valkyrie biasa menempatkan einherjar di antara kaum Aesir di Valhalla-nya Asgard atau padang Folkvangr milik kaum Vanir.
  • Di film, Surtur dalam ramalan Ragnarok adalah makhluk yang ditakdirkan menghancurkan Asgard. Surtur juga memiliki peliharaan naga api. Di adegan awal, Thor memenggal kepalanya dan ditaruh pada ruang penyimpanan Odin. Thor lalu mengusulkan ide pada Loki agar menaruh mahkota Surtur ke dalam api kekal guna membumi hanguskan Asgard dan memulai Ragnarok. Hal ini nyatanya berhasil membunuh Hela, namun tidak bagi Asgard yang malah hancur. Surtur atau Surt dalam mitologi Nordik adalah raksasa api yang menguasai Muspelheim. Dalam Ragnarok sesungguhnya, Surt ditakdirkan membunuh Freyr, dewa kesuburan. Surt juga adalah raksasa yang mengakhiri Ragnarok dengan cara membakar keseluruhan sembilan dunia dengan apinya. Dengan melakukan itu, Surt menghancurkan hampir semua makhluk hidup, termasuk dirinya sendiri.
  • Sang sutradara, Taika Waititi turut ambil peran dengan berperan sebagai Korg, alien yang ditemui Thor di kurungan. Korg mempunyai teman baik alien serangga bernama Miek. Keduanya memimpin revolusi di planet Sakaar dan meruntuhkan tirani Grandmaster. Dalam komik rekaan Marvel, Korg adalah bagian dari ras kuno humanoid berbentuk batu yang telah menginvasi Bumi ribuan tahun yang lalu. Mereka menamai ras ini dengan sebutan Kronan. Korg tinggal lama di planet Saturnus atau sebutan lainnya planet Ria. 
  • Para anggota Revengers kabur dari planet Sakaar menggunakan kapal The Commodore melewati Devil's Anus (Bokong Iblis).
  • Revengers adalah team hasil bentukan Thor yang didalamnya beranggotakan Thor sendiri, si Valkyrie, Hulk dan kemungkinan Loki.
  • Pertunjukan yang dilihat oleh Odin palsu diberi judul Tragedi Loki dari Asgard. Dalam ceritanya Loki meminta maaf pada Thor jika dia harus mati. Sebelum meninggal, si pemeran Loki meminta agar dibuatkan patung besar dirinya dengan tanduknya yang panjang.
  • Ketika Thor dan Loki tiba di Bumi keduanya melihat tempat Panti Wreda Shanty Acres yang dihancurkan.
  • Kode suara pengaktifan Quinjet dalam teknologi Stark Industry bagi Thor adalah point break. Kemudian saat Bruce Banner ingin mengaktifkan Quinjet, dia tidaklah membutuhkan kode suara. Mungkin Tony tidak mengingkinkan seorang alien atau dewa sekalipun ikut campur dalam teknologinya.
  • Kata sakti dalam menanggani kecanggungan Bruce Banner adalah matahari mulai terbenam. Kata-kata ini selalu diucapkan Natasha Romanoff dalam mengatasi kemarahan Hulk.
  • Thor diceritakan kehilangan satu matanya karena serangan dari Hela. Kebutaannya bersifat permanen. Thor kini telah menyamai ayahnya, Odin dan Nick Fury yang sama-sama juga kehilangan sebelah matanya.
  • Planet Hulk sempat hampir terucap saat Bruce Banner mengatakan dia sebelumnya pernah berada di planet alien lain. Terhitung dua planet alien dengan Sakaar di dalamnya. Planet Hulk disinggung dalam komik The Incredible Hulk.
  • Terlihat beberapa monumen berbentuk kepala besar pada menara tempat tinggal Grandmaster. Terungkap jika ini adalah kepala-kepala milik sang juara dalam Kontes Para Juara yang lama. Di sana kepala Hulk berada di sisi teratas, dibawahnya terbentuk seperti Man Thing, Ares, Beta Ray Bill dan Bi-Beast. Man Thing adalah seperti monster rawa yang bisa membakar orang yang punya rasa takut di dalam dirinya hanya dengan menyentuhnya saja. Ares disini adalah dewa dalam mitologi Yunani yang secara tidak sengaja tersesat di MCU. Beta Ray Bill adalah anggota ras alien Korbinites. Bill pernah mengadu kekuatan dengan Thor dan hendak mengklaim kepemilikan Mjolnir. Tak lama Odin sendiri memberikannya palu tiruan, Stormbreaker. Bi-Beast bisa dibilang kembaran dari Hulk. Dia memiliki tubuh besar yang terbuat dari metal dan memiliki dua kepala saling bertumpuk. 
credit by Google

  • Stan Lee tampil cameo menjadi pekerja Grandmaster yang memotong rambut Thor menjadi pendek tanpa rasa penyesalan sebelum pertandingan Thor melawan Hulk dalam Kontes Para Juara.
  • Theme song untuk film ini diambil dari judul lagu Immigrant Song milik Led Zeppelin.

"I'm not a queen, or a monster... I'm the goddess of death!" - Hela


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

The movie it's so colourful and extraordinary, so you can watch it again. The score of the movie, the intense scenes, I mean I really love this movie. Is the best one among all of the three Thor movies. Firstly because it feels like whole new story telling, and secondly it's also one of the best MCU movies. Phase 3 of the Marvel Cinematic Universe gives us truly great movies, and like a die hard Marvel fan I appreciate that. I will not reveal the plot or some big details of the movie, I want you to enjoy yourself first, but you'll not be disappointed at all! Hela is epic, Odin got his role in Ragnarok and there are some huge details that'll lead to Infinity War and you'll lose your mind when you see them.


Kemungkinan adanya extra scenes?

Di bagian mid-credits scene terlihat kapal armada yang sekarang telah terisi seluruh penduduk Asgard hendak menuju Bumi. Di tengah perjalanan kapal mereka dihadang kapal luar angkasa yang seratus kali bahkan lebih besar. Apa yang mungkin terjadi? Pertama, kapal angkasa yang besar ini adalah kapal milik Thanos dan anggota Black Order-nya. Thanos diceritakan mengetahui jika Odin mempunyai Tesseract dalam ruang penyimpanannya, bisa jadi juga dia mengetahui jika di dalam kapal armada terdapat salah satu Infinity Stone yang dicarinya. Kedua, Loki ada hubungannya dibalik semua ini. Dalam trailer tertutup Infinity War versi San Diego Comic Con diperlihatkan Loki memberikan Tesseract pada seseorang yang lebih besar dari dirinya. Hal ini juga yang membuat Thor terlempar ke luar angkasa dan ditemukan oleh kapal The Ravengers. Silahkan cek trailer terbatas Infinity War di Youtube.
Di bagian post-credits scene hanya terlihat Grandmaster dan para pekerjanya muncul di daerah terluar planet Sakaar. Grandmaster tanpa kekuatan dan kekayaannya bukanlah orang yang dihormati. Dia mengucapkan selamat atas keberhasilan Sakaarian melakukan revolusi. Ini bukanlah adegan yang sangat penting.

credit by Official Site


Next :  Justice League

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight