what are you looking for?

Jumat, 08 Juni 2018

Jurassic World: Fallen Kingdom, Akhir dari Kemegahan Isla Nublar

credit by Google

Nama gue Valentinus, Via Vallen bermasalah dan Fallen Kingdom dirilis. Sebuah konspirasi alam semesta?
Sekuel Jurassic World kembali dengan keganasan serta ceritera negeri dongeng ala masa prasejarah. Setelah tiga tahun yang lalu kita dibuat mengernyit ketakutan oleh terror Indominus Rex, Jurassic World: Fallen Kingdom kini lebih mengedepankan kengerian yang ditimbulkan dari spesies dinosaurus baru hasil kloningan yang digambarkan mendapat banyak peningkatan. Berbekal teknologi serta gabungan DNA dari Indominus sendiri, seseorang berhasil mengawinkannya dengan DNA Velociraptor sehingga menciptakan makhluk ganas yang dua kali lipat tidak kenal ampun.
(spoiler alert)


Plot Jurassic World 2?

Isla Nublar. Sepasukan penjarah menggunakan kapal selam untuk mengambil serpihan tulang Indominus Rex yang telah lama mati. Mereka sengaja melakukan hal tersebut demi memperoleh sample DNA yang amat berharga. Aktivitas para penjarah di taman Jurassic World juga mengalami sedikit gangguan. Tyrannosaurus (T-Rex) senang membunuhi manusia, begitu pula Mosasaurus yang bahkan merusak peralatan kapal selam. Beruntung apapun yang dicari mereka berhasil didapatkan sebelum serangan makin tak terkendali.
The court. Taman Jurassic World terbengkalai selama kurang lebih tiga tahun. Dengar pendapat terbuka dilakukan supaya masalah kelangungan hidup spesiesnya segera teratasi. Dr. Ian Malcolm sebagai juru bicara InGen berpendapat jika spesies dinosaurus di Isla Nublar harus binasa ditengah perubahan kondisi alam. Ian mengatakan bahwa tindakan mengkloning dinosaurus adalah kesalahan besar yang pernah dibuat umat manusia, dan alamlah yang akan memperbaiki kesalahan itu. Pemerintah lalu memutuskan kejadian luar biasa tersebut mesti diselesaikan InGen tanpa campur tangan mereka.
Lockwood’s estate. Claire Dearing menerima penawaran Benjamin Lockwood agar membantunya menyelamatkan dinosaurus dari kepunahan. Si lelaki tua menginginkan para dinosaurus dipindahkan ke pulau terpencil yang jauh dari campur tangan manusia. Claire sepakat bersama Owen Grady untuk pergi ke Isla Nublar ditemani Zia Rodriguez dan Franklin Webb.

credit by Youtube

Isla Nublar. Keempatnya kaget karena menerima sambutan dari pasukan lain. Owen dan Zia diduetkan kepala pasukan guna menangkap satu-satunya Velociraptor di sana, sedangkan Claire dan Franklin harus membuka semua kode akses menuju ruangan. Keadaan berubah mencekam tatkala gunung berapi di pulau itu meletus. Owen diceritakan mengalami kelumpuhan sesaat akibat pengaruh obat bius yang sengaja ditembakkan ke tubuhnya. Zia dipaksa pergi dengan para kru yang akhirnya telah mendapatkan Blue si Raptor yang dicari. Claire dan Franklin ditinggalkan begitu saja di ruang kendali taman. Keduanya bahkan harus menyelamatkan diri masing-masing dari serangan Baryonyx yang lapar. Di sisi lain, lahar panas mulai meluluh lantahkan separuh daratan Isla Nublar. Seluruh spesies dinosaurus hampir musnah. Owen, Claire serta Franklin bertemu satu sama lain di tengah kekacauan dan bersama-sama meninggalkan pulau dengan menyelundup masuk ke kapal para kru. Sebanyak sebelas spesies dinosaurus berhasil diselamatkan.
Lockwood’s estate. Alih-alih hendak membantu Benjamin dalam menangani urusan dinosaurus, Mills dan seorang juru lelang bernama Gunnar Eversoll malah akan menjual mereka sesegera mungkin. Kegiatan ilegal ini diketahui oleh "keponakannya", Maisie. Perempuan mungil tersebut lalu memberitahukan rencana jahat terselubung keduanya pada sang kakek. Pasukan yang ada di Isla Nublar adalah anak buah dari Mills.
The ship. Zia kebingungan karena Blue banyak kehabisan darah akibat tertembak. Tiba-tiba saja dirinya bertemu Owen, Claire dan Franklin yang sedang mengendap-endap. Peluru yang bersarang di tubuh Blue harus cepat dikeluarkan demi kelangsungan hidupnya. Owen dan Claire diam-diam mengambil darah T-Rex guna mentransfusikannya ke tubuh Blue. Operasi pun berjalan lancar.

Lockwood’s estate. Owen dan Claire tertangkap oleh Ken Wheatley yang notabene adalah pemimpin pasukan rekaan Mills. Keduanya dijebloskan ke dalam penjara bawah tanah bersama dinosaurus lain. Zia dan Franklin berpura-pura sebagai petugas medis pasukan tersebut. Banyak hal terjadi kemudian. Acara lelang berjalan hampir sukses, kematian Benjamin Lockwood, terbebasnya Owen dan Claire dari kurungan, serta pertemuan Maisie dengan kedua orang yang disebutkan terakhir.
Lockwood’s estate (2). Di luar dugaan, Indoraptor sang bintang utama terlepas dari kurungannya akibat kesalahpahaman Wheatley. Dinosaurus hasil kloningan ini mengamuk dan memangsa semua orang termasuk Wheatley sendiri. Kediaman Lockwood dapat diibaratkan zona perang. Para pembeli telah kabur karena suasana makin mencekam. Owen, Claire dan Maisie mau tak mau mesti melumpuhkan Indoraptor yang mengejar mereka. Di saat paling akhir, Mills mati karena dimangsa T-Rex, sedangkan Indoraptor berhasil dilumpuhkan berkat bantuan dari Blue. Dinosaurus-dinosaurus yang sempat sekarat akan asap sianida dilepaskan ke alam terbuka atas permintaan Maisie.


Bocoran, spoiler dan easter eggs lain?

  • Owen Grady dan Claire Dearing mengalami apa yang disebut keretakan dalam hubungan cinta. Kesalahpahamanlah yang mendasari konflik tersebut.
  • Claire Dearing kini bekerja sebagai aktivis dinosaurus yang juga mendirikan Dinosaur Protection Group. Organisasi itu sangat menginginkan spesies dinosaurus dapat diselamatkan dari kepunahan Isla Nublar.
  • Zia Rodriguez adalah seorang paleo-veterinarian. Kegiatannya kurang lebih meneliti, mengobati dan beberapa hal lain yang berhubungan dengan dinosaurus. Zia juga anggota dari Dinosaur Protection Group.
  • Franklin Webb dikenal sebagai teknisi ahli komputer, penganalisis data dan hacker. Dia tergabung pada Dinosaur Protection Group.
  • Sebelas spesies dinosaurus yang diselamatkan oleh pasukan rekaan Mills antara lain Tyrannosaurus, Stygimoloch, Triceratops, Carnotaurus, Pteranodon, Stegosaurus, Gallimimus, Brachiosaurus, Parasaurolophus, Ankylosaurus dan Compsognathus. Terdapat satu-satunya spesies Velociraptor yaitu Blue yang ditangkap sebagai bonus.
  • Spesies dinosaurus yang tampil di sepanjang film ini antara lain Allosaurus, Ankylosaurus, Apatosaurus, Baryonyx, Brachiosaurus, Carnotaurus, Compsognathus, Gallimimus, Indoraptor, Mosasaurus, Pteranodon, Sinoceratops, Stegosaurus, Parasaurolophus, Stygimoloch, Triceratops, Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Dilophosaurus, Dimetrodon, Dracorex (dragon king of Hogwarts), Edmontosaurus, Indominus Rex (kerangka), Kosmoceratops, Mononykus dan Protoceratops.
  • Mount Sibo adalah nama gunung berapi yang meletus ditengah pulau Isla Nublar.
  • Claire dan Franklin sempat menaiki gyrosphere sesaat sebelum Isla Nublar terkepung lahar panas. Keduanya jatuh ke laut yang kemudian diselamatkan Owen. Gyrosphere merupakan sebuah bola kaca yang dapat dikemudikan untuk dua orang saja. Kendaraan ini pertama terlihat pada film Jurassic World (2015).
  • Kediaman besar keluarga Lockwood berada di daerah California Utara.
  • Para pembeli dinosaurus ilegal tergabung dalam organisasi Aldaris Pharmaceutical seperti apa yang dikatakan oleh Gunnar Eversoll.
  • Benjamin Lockwood mati setelah dibekap menggunakan bantal oleh Eli Mills yang tak ingin kejahatannya terbongkar.
  • Owen dan Claire terbebas dari kurungan di ruang bawah tanah berkat bantuan dari Stygimoloch yang merusak dinding.
  • Negara Indonesia sempat disebut oleh Gunnar Eversoll saat melakukan pelelangan. Orang Indonesia diketahui membeli Ankylosaurus seharga $10 juta dollar.
  • Indoraptor merupakan dinosaurus hasil kloningan antara DNA Indominus Rex dengan DNA Velociraptor. Kelakuannya sangat kejam hasil dari perilaku campuran dari Indominus Rex dan T-Rex. Indoraptor pula memiliki penciuman tajam seperti Raptor yang dapat melacak buruannya hingga 1,5 km jauhnya. Spesies ini pun mampu memilih ancaman didepan matanya hanya dari sorotan laser tembak. Perilaku yang terakhir berasal dari DNA milik Blue; salah satu Raptor yang dilatih Owen. Indoraptor adalah secret weapon terbaik.
  • Henry Wu adalah orang dibalik pembuatan spesies Indoraptor. Kemungkinan dia bergabung pada proyek penelitian Mills karena membutuhkan banyak uang.
  • Indoraptor seperti apa yang tertulis pada layar monitor di acara pelelangan terjual seharga $28 juta dollar.
  • Maisie Lockwood diceritakan sebagai cucu dari Benjamin. Ibunya sempat dijelaskan mati setelah insiden kecelakaan mobil. Menurut perkataan Mills, Benjamin menggunakan alat kloning dinosaurus untuk menghidupkan kembali anaknya dari kematian. Jadi dapat dikatakan jika Maisie adalah reinkarnasi tubuh ibunya sendiri. Hal tersebutlah yang membuat hubungan pertemanan antara Benjamin dengan John Hammond merenggang.
  • Potrait John Hammond (Jurassic Park series) terlihat pada lukisan di ruang tengah kediaman Lockwood. Diketahui, Benjamin dan Hammond telah berteman sejak lama dan bersama-sama merencanakan penghidupan kembali dinosaurus.
  • Iris yang notabene merupakan pembantu dan penjaga rahasia keluarga Lockwood dipecat oleh Mills setelah kematian Benjamin.
  • Gunnar Eversoll dan Ken Wheatley mati dibunuh oleh Indoraptor. Wheatley mati di dalam kurungan, sedangkan Gunnar mati di dalam lift.
  • Indoraptor mati setelah terjatuh dari atap dan tubuhnya tertusuk oleh tanduk yang berasal dari kerangka Triceratops.
  • Eli Mills mati dimangsa T-Rex sebelum dinosaurus itu berkonfrontasi melawan Carnotaurus.


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - PoorDreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

Manusia memang tak pernah puas akan apa yang telah diterimanya.
Gue sangat tidak menyarankan kalian untuk menonton Jurassic World 2 dalam waktu dekat. Pilihlah dahulu film-film lain yang lebih baik dari ini. Turunkan standar kalian akan typical film jempolan jika memang kepepet sangat ingin menontonnya. Kisah dinosaurus kali ini sangatlah jelek. Cerita ditampilkan apa adanya. Para tokohnya terbilang biasa saja. Visualisasi dan aksi ledakan pantas menjadi juaranya. Sumpah, Jurassic World 2 padahal bukan film besutan Michael Bay...


Kemungkinan extra scene?

Ending Jurassic World: Fallen Kingdom dijelaskan oleh Dr. Ian Malcolm jika dunia memasuki era baru dimana manusia mau tidak mau harus menerima keberadaan dinosaurus di kehidupan fana mereka. Mosasaurus terlihat berada di sisi para pemain selancar, T-Rex menantang singa untuk mengaum guna membuktikan siapa raja yang sesungguhnya serta Blue si Velociraptor sedang melihat ke arah pemukiman megah penduduk setempat. Blue sangat lapar!
Pada bagian post-credits scene memperlihatkan segerombolan Pteranodon terbang di atas gedung pencakar langit yang kemudian menungkik turun di dekat replika menara Eiffel di daratan Las Vegas. Hal ini menjadi bukti akan kehadiran film Jurassic World 3. Semoga.

credit by Google


Baca pula review gue tentang Jurassic World (2015).
Next :  Ocean's 8

1 komentar:

  1. Hallo Sobat buat pecinta film khususnya yang gak punya waktu untuk ke Bioskop sekarang gak perlu khawatir karena ada aplikasi INFLIXER yang dijamin seru abis, bisa lihat film terbaru dan film film unggulan lainnya.
    100% Mantap Betul...
    Download aplikasi INFLIXER di www.INFLIXER.com

    BalasHapus

time flight