what are you looking for?

Rabu, 20 Juni 2018

Incredibles 2, Menikmati Persektif Lain Film Superhero Besutan Disney

credit by Google

Hype superhero memang belum habis masa kejayaannya.
Tersebutlah Marvel Entertainment dan DC Comics sebagai perusahaan pencipta pahlawan-pahlawan super yang kini banyak dibicarakan oleh khalayak ramai berkat universe film yang mereka buat. Kedua perusahaan itu dapat diibaratkan Yin dengan Yang, hitam dengan putih, Korea Utara dengan Korea Selatan atau bahkan Tom dengan Jerry. Marvel dan DC memang jarang sekali memiliki konflik yang dapat menghebohkan jagat internet, namun nyatanya fans garis keras merekalah yang terkadang suka "berperang" demi membuktikan siapa di antara kedua franchise itu yang lebih unggul dibandingkan satu lainnya.
The Incredibles hadir sebagai perspektif lain dalam memahami konsep superhero besutan dua perusahaan di atas. Plot-nya menceritakan kisah sebuah keluarga yang diberkahi kekuatan super dimana mereka harus melindungi masyarakat dari beberapa musuh yang seringkali merusak tatanan kehidupan. Cerita klasik namun dapat berarti banyak. Di tahun 2018 sekuelnya berjudul Incredibles 2 dibuat demi memenuhi harapan fans yang telah lama merindukan kelanjutan aksi keluarga Parr jauh empat belas tahun ke belakang dari film pertamanya.
(spoiler alert)

credit by Youtube


Plot Incredibles 2?

Metroville Bank. Keluarga Parr; Bob, Helen, Violet, Dash dan Jack-Jack mesti meneruskan aksi mereka mengalahkan Underminer pada lanjutan babak akhir The Incredibles. Supervillain ini sedikit mendapatkan kesulitan tatkala menghindari tekanan dari para pahlawan super kesayangan kita. Meski pula telah dibantu oleh Lucius Best (Frozone), Underminer berhasil membobol brankas dan menyedot seluruh uang masuk ke dalam kendaraan tempurnya. Aksi kejahatan ini gagal total setelah Underminer kabur dan membuat kekacauan di depan gedung pemerintahan. The Incredibles disalahkan atas kekacauan tersebut.
Safari Court. Rick Dicker memberitahukan jika departemen Super Relocation telah dibubarkan demi melindungi masyarakat dari bahayanya kekuatan pahlawan super. Hal ini menjelaskan bahwa keluarga Parr akan kehilangan seluruh pekerjaan mereka. Motel tempat menginap pun harus segera dikosongkan dalam waktu dua minggu ke depan. Bob dan Helen sempat bersitegang akibat perbedaan pendapat tentang masa depan keluarganya. Lucius tiba-tiba berkunjung ke motel demi menawarkan langkah bagus.
DEVTECH tower. Winston Deavor, pemilik perusahaan DEVTECH membuat kesepakatan pada Bob, Helen dan Lucius guna mempromosikan pahlawan super; dalam kasus ini berarti ketiganya, ke dunia luar betapa masyarakat sangat membutuhkan kekuatan mereka sehari-hari. Helen (Elastigirl) dipilih sebagai percontohan yang dikontrak jangka panjang. Dibantu dengan adiknya, Evelyn, perusahaan DEVTECH akan mendukung sepenuhnya aksi keheroikan Elastigirl di luar sana.

New Urbem. Helen sebenarnya tak ingin meninggalkan suami beserta anak-anaknya sendirian, namun desakan ekonomi membuatnya berubah pikiran. Bob, Violet, Dash dan Jack-Jack pindah ke rumah peristirahatan milik Winston. Helen secara tak terduga tampil gemilang menjadi seorang Elastigirl dalam aksi penyelamatan pertamanya terhadap kereta api yang hilang kendali. Aksi keduanya pula mendapatkan banyak pujian bahkan dari duta besar Selick. Muncul supervillain yang menjadi ancaman baru, dialah Screenslaver yang menggunakan media kacamata dan layar plasma untuk menghipnotis para penduduk New Urbem.
Home of The Incredibles. Bob mendapatkan masalah pelik yang berhubungan dengan kisah cinta Violet, tugas sekolah Dash dan kekuatan yang muncul pada diri Jack-Jack. Lelaki ini segera saja mengalami stress berat. Beruntung saja Lucius dan Bibi Edna siap sedia membantunya setiap saat.
New Urbem. Helen dan Evelyn sukses melacak dimana Screenslaver berada. Nyatanya alter ego supervillain itu hanyalah seorang pengantar pizza. Winston berencana mengundang beberapa kepala negara dan pahlawan super lain yang diam-diam bersembunyi untuk bersama meresmikan undang-undang pelegalan superhero. Acara tersebut dilaksanakan di atas kapal pesiar.

DEVTECH tower. Helen yang masih menaruh kecurigaan terhadap siapa Screenslaver yang asli membuat sebuah pemahaman baru. Naas, Evelyn yang nyatanya adalah dalang dibalik semua rencana jahat Screenslaver tiba-tiba saja memberikan kacamata dan serta merta menghipnotis Helen. Tak hanya dirinya, semua pahlawan super yang berada di atas kapal pesiar pun mengalami hal yang sama. Perempuan jahat itu lalu menelepon Bob di rumahnya.
Home of The Incredibles. Bob panik karena terjadi sesuatu dengan Helen. Dia hendak pergi setelah sebelumnya menghubungi Lucius agar menemani anak-anak. Tak lama para pahlawan super dibawah pengaruh hipnotis Evelyn datang dan membuat kekacauan. Lucius terhipnotis, sedangkan anak-anak berhasil kabur.
Everjust ship. Bob terhipnotis pada akhirnya. Para pahlawan super telah tiba dan berjaga-jaga di dalam kapal pesiar. Acara peresmian dimulai. Evelyn memainkan perannya. Winston dan kepala-kepala negara lain dihipnotis menggunakan layar plasma. Violet, Dash dan Jack-Jack sukses menyelamatkan kedua orang tuanya dan Lucius dari pengaruh jahat Evelyn. Film selesai dengan disahkannya (lagi) undang-undang pelegalan superhero secara resmi, berkumpulnya kembali keluarga Parr dan ditangkapnya Evelyn atas semua tindak kejahatan yang dilakukannya.


Bocoran, spoiler dan easter eggs lain?

  • Incredible 2 memutar sebuah film pendek seperti kebanyakan adat istiadat dari film animasi besutan Disney sebagai sajian pembuka. Berjudul Bao, kisahnya menceritakan tentang seorang ibu yang menderita empty nest syndrome. Suaminya pergi bekerja sehari-hari meninggalkannya seorang diri. Sang ibu kemudian mencoba untuk memakan bakpao yang tiba-tiba saja hidup. Perempuan tua tersebut membesarkan "anaknya" dengan belas kasih sayang hingga dewasa. Si bakpao yang tak tahu diri berniat pergi meninggalkannya demi tinggal dengan sang kekasih. Karena kesal, sang ibu secara tak terduga memakannya. Di sini diperlihatkan perempuan tua itu amatlah sedih akan apa yang dilakukannya. Situasi berubah setelah anak laki-laki sungguhannya datang dan memberikannya sekotak donat untuk dimakan bersama. Sang ibu kini tidak lagi bersedih hati.
  • Anggota keluarga Parr terdiri dari Robert 'Bob' (Mr. Incredible), Helen (Elastigirl), Violet, Dashiell 'Dash' dan Jackson 'Jack-Jack'. Bob adalah pahlawan super tercepat dan paling kuat. Helen dapat merenggangkan tubuhnya sepanjang yang dia inginkan. Violet memiliki kekuatan tak terlihat dan memunculkan medan energi disekelilingnya. Dash dapat berlari sangat cepat menyaingi ayahnya. Jack-Jack merupakan seorang polimorfik. Dia terbilang kuat, mampu mengeluarkan api, memiliki kemampuan telekinesis, teleportasi, mengubah bentuk organ-organ tubuhnya, menjadi batu, berubah layaknya sesosok monster, memanjat dengan cepat, mengapung di udara, mengeluarkan tembakan laser dari matanya, memunculkan petir, memperbanyak diri, memanipulasi ukuran, merubah diri menjadi lembek dan melakukan perjalanan antar dimensi.
  • Berkas dengan nomor 82-712 berisikan arsip pribadi Tony Rydinger. Lelaki itu kebetulan adalah seseorang yang dicintai oleh Violet. Rick Dinger dengan sengaja menghapus semua memorinya tentang Violet yang pernah dilihatnya sebagai pahlawan super bertopeng. Tony suka bekerja part time di restoran milik orang tuanya. Di akhir film, Tony dan Violet akhirnya berkencan di gedung bioskop.
  • Restoran milik orang tua Tony bernama Happy Platter, terletak di kota Wisconsin.
  • Motel tempat keluarga Parr tinggal bernama Safari Court.
  • Menara DEVTECH berada di jalan Avery.
  • Winston Deavor adalah pemilik perusahaan DEVTECH yang juga seorang penggemar berat superhero. Dia ingin mempublikasikan semua pahlawan super agar tidak lagi bersembunyi dalam bayang-bayang identitas rahasia mereka. Hal ini berhubungan dengan masa lalu sang ayah.
  • Mr. Deavor memiliki hubungan erat dengan pahlawan-pahlawan super lama, contohnya saja Gazerbeam dan Fironic. Pada suatu malam, lelaki tua ini gagal menghubungi kedua temannya karena sedang bersembunyi, alhasil dia pun dibunuh oleh kriminal yang menyatroni rumahnya. Sang istri tak lama pula meninggal dunia akibat patah hati. 
  • Evelyn mendesain kamera mata-mata yang ditaruhnya di depan kostum para pahlawan super untuk mengontrol aktivitas mereka. Screenslaver adalah alter ego dirinya kerena merasa tersaingi oleh sang kakak, Winston.
  • Helen mendapatkan sebuah motor baru sebagai penunjang kegiatannya sehari-hari. Motor tersebut rusak parah saat menabrak dinding terowongan pada misinya yang pertama.
  • Aksi pertama Elastigirl adalah menyelamatkan penumpang kereta api yang bergerak sendiri karena masinisnya dihipnotis oleh Screenslaver. Aksi keduanya adalah membebaskan duta besar Selick yang hendak dibunuh di atas helikopter.
  • Tempat acar peresmian rel kereta baru dalam kota berada di jalan Nottingham no.54.
  • Jack-Jack berhasil memunculkan kekuatan super berkat binatang rakun yang mengganggunya.
  • Incredimobile terlihat kembali pada lanjutan film Incredibles 2. Dalam suatu adegan, Incredimobile terjual kepada orang kaya yang membelinya mungkin dengan harga mahal. Bob sangat sibuk mencari alat pengendalinya. Konon katanya mobil itu hanya dapat bergerak menggunakan remote control atau perintah suara. Kemampuan yang dimilikinya antara lain bersifat autopilot, dapat berubah menjadi kapal boat, terbang seperti helikopter dan sebuah pelontar bangku. Incredimobile menyelamatkan Violet, Dash dan Jack-Jack dari ancaman serangan para pahlawan super yeng terhipnotis.
  • Para pahlawan super dan kekuatannya yang diperkenalkan oleh Winston antara lain Voyd (membuka-tutup portal dimensi sesuka hati), He-lectrix (menembakkan petir dari jarinya), Reflux (mengeluarkan larva panas), Krushauer (telekinesis), Brick (sangat kuat) dan Screech (burung hantu yang terlihat galak).
  • Edna Marie 'Mode' merupakan perempuan yang suka mendesain banyak sekali kostum pahlawan super. Semua kostum The Incredibles diukur dan dibuat langsung olehnya.
  • Kostum baru Elastigirl dirancang oleh Alexander Galbaki. Hal ini membuat Edna merasa tersaingi.
  • Pada babak akhir, Helen berkonfrontasi melawan Evelyn dibantu dengan Voyd yang membuka-tutup portal dimensi. Evelyn dinyatakan kalah setelah dirinya ditangkap polisi.


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

Incredibles 2 berjalan seperti sebagaimana tipikal film animasi biasa. Bercerita tentang masalah keluarga, terdapat aksi-aksi yang dapat dibilang menarik dan tentu saja berakhir happy ending. Entah kenapa gue suka aja dengan jalan ceritanya yang amat sangat standar. Kelucuan Jack-Jack menjadi penyelamat hampir di setiap adegan yang mulai terasa membosankan, Helen tampil lebih modis dibandingkan film lamanya, Bob sukses mengeluarkan sisi kebapakannya, Violet mulai mengalami masa puber seperti kebanyakan perempuan lainnya dan Dash yang jeleknya makin terlihat absurd. Lucius a.k.a Frozone akhirnya mendapat jam tayang yang lebih banyak di depan kamera wkwk. Tidak ada after credit, hanya muncul adegan-adegan menarik sebagai penghiburan. Peringatan bagi kalian yang menderita epilepsi untuk selalu berhati-hati. Terdapat beberapa adegan yang kiranya berbahaya bagi jiwa kalian.
Incredible 2 dapat disamakan dengan event bola empat tahunan World Cup, keduanya sama-sama ditunggu banyak penggemarnya!!

credit by Google


Next :  Ant-Man and the Wasp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight