what are you looking for?

Sabtu, 15 Agustus 2015

Fantastic Four, Doomsday for Dr. Doom

Fantastic Four. Mendengar judul film yang satu ini pikiran gue langsung melayang kepada penampakan Chris Evans, maklum dahulu kala sempat suka sekali melihat karakter Human Torch berapi-api yang diperankannya. Namun setelah menyaksikan trailer Fantastic Four reboot-an beberapa bulan lalu, ekspektasi gue turun melihat Human Torch disana, maklum (lagi) dari sisi pemerannya saja sudah agak skeptis dibuatnya. Entah dari sisi teman-teman superheronya pun kemungkinan besar juga tidak terlihat lebih baik. Gue sempat mengecek Fantastic Four pada Internet Movie Database dan website Rotten Tomatoes yang bahkan memberikan rating anjlok sekali. Hmm seberapa tidak bagusnya sih film ini?
(mengandung spoiler)

" With every New discovery, there is risk. But we are stronger together than we are apart. " - Dr. Franklin Storm
credit by Google

  • Main Course
Reed Richards kecil berumur sembilan tahun terobsesi dengan ilmu sci-fi hingga dirinya membuat sebuah eksperimen yang dapat membuat suatu benda menghilang ke dimensi lain. Hal tersebut dilakukannya bersama teman sekelasnya, Ben Grimm. Setelah beranjak dewasa, Reed berhasil memodifikasi eksperimen lamanya agar diperbolehkan mengikuti pekan ilmiah di sekolahnya. Tiba-tiba saja Dr. Franklin Storm dan anaknya; Susan Sue, merasa tertarik dengan hasil kerjanya. Dr. Storm lalu menawari Reed beasiswa agar dapat menempuh pendidikan lanjutan di universitas miliknya. Reed makin terobsesi dan mulai melanjutkan eksperimen kecilnya. Dia pun turut membantu Victor Von Doom guna menyelesaikan sebuah proyek Gerbang Kuantum. Bersama Susan, ketiganya bekerja tidak kenal lelah agar proyek itu terselesaikan secepatnya. Kabar baik datang secepat kilat, Johnny Storm; adik dari Susan, akhirnya juga ikut ambil bagian berkat bujukan sang ayah.
Setelah proyek terselesaikan, pemerintah dan NASA ingin mengambil alih karena bersikeras bahwa merekalah yang membiayai kegiatan tersebut. Victor berinisiatif mencoba peralatan Gerbang Kuantum untuk pergi ke dimensi lain terlebih dahulu. Hal ini disetujui semua orang. Reed menelepon Ben agar mengenapi jumlah orang. Terlihat Reed, Victor, Johnny dan Ben masuk ke dalam pod. Di sisi lain, Susan mengoperasikan peralatan dibalik meja kerja. Ketidakberuntungan memihak keempat manusia yang tidak melakukan persiapan matang. Victor terjatuh ke dalam jurang sesaat setelah tiba di tempat tujuan. Dia mengalami semacam gangguan radiasi akibat efek ledakan antar dimensi. Ketiga lainnya pun tidak dapat dikatakan beruntung, mereka turut mengalami apa yang terjadi pada Victor. Susan mengembalikan teman-temannya ke Bumi dengan gegabah. Lonjakan energi radiasi merusak semua peralatan dan juga menginfeksi tubuhnya sendiri.

credit by Youtube

  • Red Line
Reed Richards dari kecil, bersekolah sampai berhasil membuat eksperimen kecilnya - Reed dan Ben Grimm mengikuti pekan ilmiah - pengenalan Victor Von Doom - pengenalan Johnny Storm - Ketiga ilmuwan muda menyelesaikan proyek Gerbang Kuantum - Reed, Victor, Johnny dan Ben menuju dimensi lain - Victor terjatuh dari tebing - ledakan dimensi - Reed, Johnny, Susan dan Ben terkena radiasi - keempatnya dibawa ke area 57 - Reed Richards kabur dan menjadi buronan - Reed tertangkap - Reed membantu pemerintah menyelesaikan lagi proyek Gerbang Kuantum - Victor Von Doom kembali dari dimensi lain - Victor menghancurkan area 57 - Dr. Franklin Storm mati - Victor membangun tenaga baru - Reed, Johnny, Susan dan Ben menyusul Victor ke dimensi lain - Victor mati - keempatnya kembali ke Bumi dan mendapatkan "rumah" baru.

credit by Google

  • Greatest Moments
Pertama saat Johnny Storm sedang balap-balapan mengendarai mobil miliknya.
Kedua saat Reed Richards, Victor Von Doom, Johnny dan Ben Grimm pergi ke dimensi lain. Pokoknya seru ketika akhirnya terjadi ledakan radiasi.
Ketiga saat Johnny, Susan dan Ben memunculkan kemampuan baru mereka masing-masing.
Keempat saat Victor menghancurkan area 57 dan kawasan disekitarnya. Kayak adegan di film Twister.
Dan terakhir saat adegan battle pamungkas antara Reed, Johnny, Susan dan Ben melawan Victor.

  • Trivia
Reed Richards (Mr. Fantastic), selain memiliki otak yang cerdas, dia juga dapat melenturkan tubuhnya. Mampu menjangkau objek yang jaraknya jauh dan mampu berubah menjadi bentuk yang berbeda-beda. Dia hanya butuh waktu sepuluh menit untuk mengotak-atik program Gerbang Kuantum agar berfungsi kembali.
Johnny Storm (Human Torch), kemampuannya dapat mengubah tubuhnya diselimuti lidah api dan tahan terhadap panas. Lihai dalam terbang.
Susan Sue (Invisible Woman), memiliki otak yang cerdas, dapat menjadi tak terlihat dan mampu mengendalikan medan energi. Ahli membaca pola suatu gerakan jika sedang mendengarkan lagu.
Ben Grimm (The Thing), sangat amat kuat, memiliki kemampuan untuk beregenerasi dengan cepat dan ahli mengendalikan batu.
Victor Von Doom (Dr. Doom), berkemampuan untuk membuat lawannya mati seketika berkat kekuatan lahar dari dimensi lain. Juga dapat membuat kepala orang yang menjadi targetnya meledak.
Reed Richards dan Ben Grimm menuntut ilmu di daerah Oyster Bay, New York di tahun 2007.
Lagu yang didengarkan oleh Susan ketika bertemu dengan Reed di perpustakaan universitas dinyanyikan oleh grup musik Portishead.
Universitas dimana Reed dan Susan menuntut ilmu bernama Baxter Institute.
Ben Grimm adalah seorang penyendiri. Orang tuanya bekerja sebagai penjual barang rongsokan di tempat yang juga dinamai Grimm. Dalam saga Harry Potter, Grim adalah pertanda kematian. Seseorang yang melihat Grim akan segera menemui ajalnya hmm.
Reed tinggal bersama ibu kandungnya dan seorang ayah tiri.
Johnny dan Susan merupakan saudara tiri. Johnny adalah anak kandung dari Dr. Storm, sedangkan Susan berstatus sebagai anak angkat. Jadi kalian masih mempersalahkan kakak beradik beda warna kulit?
Di film, Dr. Storm sempat mengatakan "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh" kepada Victor.
Toyota adalah merk mobil yang dikendarai Johnny saat sedang balapan.
Kode nama yang digunakan Reed Richards untuk mengakses IP internet adalah Captain Nemo; nama alias yang diberikan oleh Susan Sue kepadanya.
Victor terlihat memainkan sebuah game yang ternyata adalah Assassin's Creed Syndicate.
Victor mempunyai cinta terpendam pada Susan Sue.
Kekuatan dari Fantastic Four memiliki kemiripan kekuatan dari elemen-elemen penyatu Avatar. Mr. Fantastic melambangkan air, Human Torch melambangkan api, Invisible Woman melambangkan udara dan The Thing melambangkan tanah.
Dr. Storm mati karena dibunuh oleh Victor Von Doom. Tubuhnya dibuat melepuh.
Dr. Doom mati karena dipukul oleh The Thing masuk kembali ke dalam lubang cahaya yang dibuatnya sendiri dan serta merta terperangkap.

credit by Google


Grade :
Outstanding - Exceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Jujur menurut gue sih filmnya gak jelek-jelek amat, paling minus The Thing gak pake celana sama Dr. Doom yang baru nonggol beberapa menit terus mati. Tapi broh Dr. Doom-nya emang serem banget; sebelas dua belas kayaknya sama om Voldy hiiiii. Filmnya kelamaan menyoroti soal masa kecil Reed Richards dan pembuatan proyek Gerbang Kuantum. Akhir? happy ending tentunya.
Ada hal lain yang masih mengganjal. Susan Sue terlihat kurang cantik. Wajah Ben Grimm terlalu ganteng hanya untuk dijadikan The Thing yang mukanya kotak-kotak kayak batu gitu, padahal pemeran Reed Richards aja kalah gantengnya sama doi. Karakter Johnny Storm memang sangat underrated.

credit by Google


Next :  Inside Out

1 komentar:

time flight