what are you looking for?

Minggu, 09 Agustus 2015

Mission : Impossible - Rogue Nation, Misi Menyelamatkan IMF

credit by Google

Saga Mission: Impossible memang tidak dapat dipisahkan dari nama beken Tom Cruise. Aktor yang terkenal berkat penampilannya sebagai Ethan Hunt ini tak jarang menuai decak kagum dari para idolanya. Nama Tom Cruise sendiri tentunya telah banyak dikenal oleh para penikmat sajian-sajian rekaan Hollywood. Sebut saja War of the Worlds, The Last Samurai, dan Edge of Tomorrow yang termasuk dalam film-film sukses berkat bantuan akting terbaiknya. Meski terbilang sudah tidak muda lagi, Tom tetap menunjukkan totalitasnya dalam berakting. Dirinya bahkan lebih suka tidak menggunakan stuntman saat pengambilan gambar, meskipun itu adalah adegan paling mencekam sekalipun.
(mengandung spoiler)

credit by Youtube

  • Main Course
Tom Cruise kembali dalam lanjutan sekuel Mission Impossible. Berjudul Mission : Impossible - Rogue Nation, filmnya masih berkutat seputar dunia perdetektifan, bergenre action dan thriller serta misi-misi penyelamatan.
Rogue Nation dibuka dengan adegan Ethan Hunt yang menyusup ke dalam pesawat untuk mengagalkan aksi penjualan tabung-tabung gas syaraf. Tak disangka dia pun menemukan sebuah paket mencurigakan berisi piringan hitam. Ethan bergegas menuju sebuah toko kaset terdekat untuk memutar rekaman yang ada pada benda bulat tersebut. Naas, Ethan terjebak oleh seseorang tak dikenal dan lalu dibius guna dimintai keterangan.
Di sisi lain, IMF (Impossible Mission Force) sedang mengalami kegentingan. William Brandt, salah satu agennya harus menghadiri jejak pendapat atas usulan dari menteri Inggris. Pak menteri menginginkan jika organisasi IMF secepatnya dibubarkan karena sudah tidak sesuai dengan tujuan negara. Orang kedua di Inggris itupun mengatakan bahwa seluruh tugas dan kewajiban akan segera dialihkan kepada CIA. Pembubaran ini menyangkut soal satu agen IMF yang melenceng dari tugasnya. Hal tersebut pun memaklumkan beberapa agen tersisa mulai kehilangan otoritasnya.
Ethan yang memahami akan apa yang terjadi diam-diam masih bekerja bagi IMF. Dia menjalankan sebuah rencana untuk menemukan musuh satu-satunya dunia. Berjuluk Syndicate, organisasi paling bertanggung jawab atas terjadinya banyak serangan ini mulai mencoba untuk menguasai dunia lewat para terorisnya. Berhasilkah Ethan mengagalkan aksi seseorang dibalik topeng Syndicate dan membersihkan nama kesatuannya?

  • Red Line
Ethan Hunt menyusup ke dalam pesawat - Ethan terjebak di kotak kaca pada sebuah toko kaset - persidangan William Brandt  - pertarungan sengit Ethan melawan anggota Syndicate di gudang tua - konfrontasi pada opera di Wina - pencurian sebuah data keuangan teroris - aksi kejar-mengejar antara Ethan dan Ilsa Faust - aksi "penculikan" perdana menteri Inggris - penyelamatan Benji Dunn - Ethan dan teman-temannya menangkap Solomon Lane dan mengurungnya di kotak kaca.

credit by Google

  • Pendalaman Karakter
Ethan Hunt, masih sebagai tokoh utama pada saga Mission : Impossible. Dia sengaja menyembunyikan identitasnya karena hendak ditangkap oleh CIA. Anggota dari IMF.
William Brandt, agen dari IMF yang sengaja menyamar dan menjadi agen CIA untuk membantu Ethan dalam menjalankan misinya. Dia rela berkorban agar IMF tidak dibubarkan.
Benji Dunn, agen IMF yang banyak membantu Ethan langsung di lapangan. Salah satu tokoh pencair suasana. Pada Rogue Nation, dia dijadikan tumbal oleh Salomon Lane agar Ethan mau memberikan data keuangan milik teroris.
Ilsa Faust, perempuan sensual yang membuat banyak orang bingung akan dirinya yang beraliansi dengan siapa. Mulanya dia membantu Ethan saat aksi penculikan, akan tetapi Ilsa juga seorang agen terbaik bagi Syndicate. Ada dikatakan oleh Chief Atlee bahwa Ilsa sebenarnya adalah anggota MI6. Mana yang benar?
Luther Stickell, agen IMF lama yang dimintai tolong oleh Brandt guna membantunya melacak keberadaan Ethan.
Solomon Lane, pemimpin organisasi Syndicate. Mulanya dia hampir tertangkap oleh CIA namun berhasil kabur ke Jakarta dengan meledakkan gudang pengolahan gula di Manila. Solomon-lah orang yang menyuruh Ilsa untuk mengelabui Ethan agar mengambil sebuah data keuangan. Diketahui, data tersebut akan digunakannya sebagai biaya operasional bagi Syndicate. Solomon pingsan di akhir film dalam sebuah kotak kaca berisikan gas bius.
Alan Hunley, perdana menteri Inggris yang mengugat agar IMF segera dibubarkan. Dirinya terindikasi akan bekerja sama kembali dengan IMF setelah penjahat sesungguhnya ditangkap.
Chief Atlee, kepala organisasi mata-mata Inggris MI6; organisasi dimana James Bond berada pula. Dialah orang yang meminta Ilsa agar menyusup ke dalam organisasi Syndicate. Pak menteri mengatakan jika Chief merupakan orang yang mendirikan Syndicate.
Janik "Bone Doctor" Vinter, seorang teroris Syndicate yang menyiksa Ethan didalam gudang tua.

  • You Must See
Saat Ethan Hunt menyusup ke dalam pesawat. Katanya sih ini real adegan yang dilakukan Tom Cruise di pesawat sesungguhnya dan tanpa stuntman.
Kedua, adegan pertarungan di sebuah opera di Wina.
Ketiga, adegan pencurian data keuangan teroris di Maroko. Lihat betapa kocaknya Benji.
Keempat, ketika Ethan dan Ilsa melakukan kejar-kejaran menggunakan motor gede. Hal ini dilakukan setelah Ilsa mencuri flashdisk berisikan data yang dicari-cari keduanya.
Terakhir saat aksi knife fight Ilsa Faust dan Solomon Lane yang mendekam dalam kotak kaca.

credit by Google

Model pesawat ketika adegan Ethan Hunt diceritakan menyusup di awal film adalah model Airbus A400M.
Tempat-tempat yang disebutkan pada Rogue Nation antara lain bandara internasional Kuba (appetizer adegan pesawat) - Wina, Austria (tragedi opera) - Maroko (salah satu markas Syndicate) - London, Inggris (penangkapan Solomon Lane) - Amerika - Malaysia - Manila, Filipina - Jakarta, Indonesia (hanya disebut sekilas).
Kode nama Ethan Hunt masih sama seperti di film-film Mission : Impossible sebelumnya yaitu Bravo Echo 1-1.
Kode stasiun bawah air yang dibutuhkan Ethan untuk membantu Benji berada di nomor 108.
Perdana menteri Austria beserta istri dan bodyguard-nya mati meledak di dalem mobil yang mereka kendarai.
Perdana menteri Inggris dan istrinya sedang berkunjung di sebuah acara lelang saat dia akhirnya diculik oleh Ethan dkk.
Kemungkinan besar organisasi Syndicate bubar setelah Salomon Kane berhasil diamankan.


Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Secara keseluruhan filmnya sangat menarik. Banyak sekali adegan actionnya dan tingkat ledakan yang tidak terlalu besar. Kelemahan ada pada alur ceritanya yang muter-muter kayak baling-baling helikopter. Sedikit saran, tonton lagi film-film Mission Impossible sebelumnya agar tidak kaget sewaktu menikmati sajian ini. Si Rebecca Ferguson kelewatan cantiknya, hm jadi pengen gue bawa pulang wkwk.

" Desperate times, desperate measures. " - Ethan Hunt


Next :  Fantastic Four

1 komentar:

time flight