what are you looking for?

Senin, 05 Oktober 2015

The Martian, Stay Alive on Mars

" I don't want to come off as arrogant here, but I'm the best Botanist on the Planet. " - Mark Watney

credit by Google

Sumpah The Martian ini bukan film tentang alien Mars yang suka ngejar-ngejar Daffy Duck di kartun Looney Tunes. Film ini juga bukan tentang Martian Manhunter yang anggota Justice League itu. Filmnya bercerita tentang seorang astronot yang bertahan hidup di planet Mars. Saat badai menerjang dataran Mars sang astronot terkena hantaman badai. Teman-temannya meninggalkannya setelah dia dikira tewas. Tetapi Mars berkata lain, sang astronot selamat dari badai.
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

  • Main Course
Saat sedang melakukan analisa pada dataran Mars datanglah badai besar yang tak terduga. Para astronot yang tergabung dalam Ares III diharuskan menyelamatkan diri mereka dengan menaiki MAV. Naasnya astronot Mark Watney terkena hembusan badai dan hilang. Kru Ares III yang tersisa kemudian lepas landas dari dataran Mars meninggalkan Mark seorang diri.
Untung bagi Mark, dia selamat dari badai dan berinisiatif kembali ke dalam habitat. Dengan stok makanan dan air yang tersisa Mark diharuskan menggunakan kecerdasan botani dan teknik permesinannya agar bisa bertahan hidup. Segala cara dia lakukan dengan menanam kentang, menggunakan mesin-mesin yang dimodifikasi dan menyuling airnya sendiri. Setelah beberapa sol terdampar di planet Mars kontak ke NASA pun bisa dilakukan. Dengan bantuan dari kru Ares III dan kecerdasan otaknya dia pun meninggalkan Mars.

credit by Google

  • Red Line
Misi Ares III di dataran Mars - terjadinya badai besar - Mark berhasil selamat dan memulai kehidupannya di Mars - NASA mendapatkan sinyal kehidupan Mark - Mark dan NASA saling berkomunikasi - Mark mendapat arahan agar pergi ke tempat pendaratan yang akan digunakan misi Ares IV - jejak pendapat antara kru Ares III dan NASA - roket bahan makanan meledak di atmosfer Bumi - CNSA membantu NASA - kru Ares III sepakat menyelamatkan Mark - Mark menaiki Pathfinder - Mark diselamatkan oleh teman-temannya di luar angkasa - Mark menjadi seorang guru di NASA.

credit by Google

  • Istilah Lengkap
Banyak hal asing yang bakal kita liat dan denger di film The Martian, dari mulai singkatan kata sampai hal-hal yang mungkin hanya bisa dimengerti sama orang yang bikin skenarionya wkwk. Gue kasih contohnya;

HERMES : kapal antariksa yang digunakan para astronot kru Ares III untuk mengorbit planet Mars. Diluncurkan dari Bumi.
ACIDALIA PLANITIA : dataran planet Mars yang dieksplorasi oleh kru Ares III. Tempat habitat berada.
SCHIAPARELLI CRATER : kawah dimana tim penjelajah Mars lain, Ares IV yang dijadwalkan mendarat sekitar empat tahun lagi.
HABITAT : doom yang ditempati para astronot kru Ares III untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
SOL : adalah perhitungan waktu harian di Mars; bukan tukang sol sepatu!! Waktu sehari di Mars sama di Bumi beda; cek sendiri di Google.
MAV (MARS ASCENT VEHICLE) : kapal kecil yang digunakan kru Ares III untuk lepas landas dari Mars.
MDV (MARS DESCENT VEHICLE) : kapal yang digunakan kru Ares III untuk landing di Mars.
ROVER : kendaraan untuk mengeksplorasi Mars.
PATHFINDER : kapal antariksa yang landing di Mars pada tahun 1997. Kapal yang juga digunakan Mark untuk lepas landas dari Mars.
SOJOURNER ROVER : bagian dari Pathfinder, juga alat yang digunakan Mark agar bisa berkomunikasi dengan Bumi.
EVA (EXTRA VEHICULAR ACTIVITY) : berjalan-jalan di permukaan Mars.
RTG (RADIOISOTOPE THERMONUCLEAR GENERATOR) : kapsul isotop yang banyak berisikan Plutonium. Bersifat panas.
JPL (JET PROPULSION LABORATORY) : nama organisasi yang menjalankan misi Pathfinder.
CNSA (CHINA NATIONAL SPACE AGENCY) : organisasi antariksa milik China.
VAL (VEHICULAR AIR LOCK)
*Thanks mbah Google :)

  • Trivia
Nama-nama kru Ares III terdiri dari Mellisa Lewis (komandan), Mark Watney, Rick Martinez, Beth Johanssen, Chris Beck dan Alex Vogel.
Lewis adalah seorang komandan Ares III dan ahli Geologi. Mark ahli Botani dan teknik mesin. Martinez, bersama Lewis mengendalikan kapal Hermes, MDV/MAV specialist. Johanssen ahli sistem operasional kapal antariksa. Beck seorang ahli bedah dan EVA specialist. Vogel ahli kimia, sistem navigasi dan seorang Astrofisik.
Para kru Ares III dijadwalkan berada di Mars sampai pada Sol 31.
Sol 1, Hermes dan para kru Ares III memasuki orbit Mars. Sol 6 mereka mulai mengeksplorasi dataran Mars. Sol 18 badai besar menerjang. Sol 19 Mark tersadar setelah pingsan terhempas badai. Sol 26 Mark mulai menanam kentang. Sol 30 Mark mulai membuat airnya sendiri. Sol 461, sol terakhir Mark tinggal di Mars.
Cara membuat air versi Mark adalah dengan ambil Hidrogen, tambahkan Oksigen lalu dibakar.
Tokoh lain di NASA antara lain adalah Teddy Sanders (Kepala organisasi NASA), Mitch Henderson (pengarah misi NASA), Vincent Kapoor (pengarah misi NASA untuk planet Mars), Annie Montrose (juru bicara NASA), Bruce Ng (pengarah misi Pathfinder), Tim Grimes (orang yang menemukan cara terbaik menuju planet Mars).
Diakhir film para 6 orang kru Ares III semua selamat. Lewis tinggal bersama suaminya dirumah. Mark menjadi guru di NASA, Martinez mengikuti lagi misi Ares V pergi ke Mars. Johanssen dan Beck menjadi pasangan suami istri yang sudah punya anak. Vogel tinggal bersama keluarga besarnya.
Fimnya bersettingkan tahun 2035. Kru Ares III lepas landas dari Bumi tanggal 29 Juni 2035. Tiba di Hermes tanggal 6 Juli 2035. Mulai memasuki orbit Mars tanggal 7 November 2035 (sol 1).

credit by Google

Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Exceeds Expectations untuk science fiction, cara bertahan hidup dan penampakkan planet Marsnya. Cuman agak minus di filmnya yang lama banget sampe lebih dari 2 jam dan istilah-istilah yang bikin gak mudeng. Film terlalu lama berarti siap-siap bawa bantal guling XD. Kita bisa tau cara menanam kentang gmana, cara bikin air sendiri dan bisa ngeliat teknologi NASA yang digunakan untuk mendaratkan manusia ke planet Mars di masa mendatang. Buat yang suka Astronomi dan sci-fi kayak gue mesti nonton ini film. #BringHimHome

credit by Google

credit by Google
  
" So that's the situation. I'm stranded on Mars. I have no way to comunicate with Hermes or Earth. Everyone thinks I'm dead. I'm in a Hab designed to last thirty-one days.
If the oxygenator breaks down, I'll suffocate. If the water reclaimer breaks down, I'll die of thirst. If the Hab breaches, I'll just kind of explode. If none of those things happen. I'll eventually run out of food and starve to death.
So yeah. I'm fucked. "

2 komentar:

time flight