what are you looking for?

Minggu, 20 Desember 2015

Star Wars: The Force Awakens, Mencari Luke Skywalker

 
credit by Google

Hype bagus masa kecil dan promosi yang berlebihan. Film Star Wars: The Force Awakens jika diulik memang berhasil mengembalikan memori ke masa 90an dimana gue masih ingusan pada waktu itu. Gue ingat sekali, dahulu kala Chiki sebagai produk makanan ringan yang harganya lumayan mahal memberikan hadiah tentang Star Wars berupa klise foto berisikan gambar-gambar buram. Jadi ceritanya klise-klise itu akan lebih indah dilihat jika dimasukkan ke dalam teropong dari kertas. Pekerjaan rumah bagi kita adalah membeli teropong tersebut yang memang dijual terpisah! Gue yang tidak pernah memiliki teropongnya pun hanya bisa merenung dan terkucil dari pergaulan..
Hype Star Wars telah dimulai kurang lebih setahun yang lalu di semua platform sosial media. Promosi filmnya pun dapat dikatakan sangatlah seru, namun juga menjurus ke arah berlebihan. Semacam spoiler alert, Lego secara blak-blakan menjual action figure beberapa karakter dengan sangat terinci. Begitu pula di sebuah kota yang pernah gue baca, mereka telah melakukan hitung mundur menuju hari perdana pemutaran The Force Awakens. Sebenarnya sah-sah saja melakukan promosi marketing seperti model di atas, akan tetapi sangat disayangkan saja jika ekspektasi akan melukai realita. Berharaplah semoga saja filmnya memang akan dapat mengobati kerinduan para fans terdahulunya.
(mengandung spoiler) 

" May the force be with you." - General Leia Organa
credit by Youtube

Inti cerita Star Wars episode VII adalah mencari Luke Skywalker yang telah hilang. Pada opening crawl dijelaskan bahwa Luke tiba-tiba tidak terlihat lagi setelah membunuh Darth Vader. Banyak yang menduga jika dirinya akan melatih seorang Jedi baru. Luke tidak pernah memberitahukan dimana dia berada pada siapapun, hingga akhirnya ditemukanlah sebuah peta berupa kepingan yang dapat membawa siapa saja menuju tempat persembunyiannya.
Poe Dameron, seorang pilot Resistance bertemu dengan salah satu penduduk desa bernama Lor San Tekka di planet Jakku. Lelaki ini diketahui memiliki kepingan peta tempat Luke Skywalker berada. Poe sukses mendapatkan kepingan tersebut sesaat sebelum desa diserang. *spoiler 1* Para stormtroopers dibawah arahan Kylo Ren menyerang dan juga membunuhi para penduduk desa. Sang pilot berinisiatif untuk menitipkan barang berharga itu kepada BB-8. Dia pun lalu menyuruh droidnya untuk pergi sejauh mungkin. Naas sekali, Poe ditangkap dan dibawa menuju kapal besar milik First Order. Poe yang tak sanggup menerima tekanan bertubi-tubi akhirnya membocorkan informasi dimana kepingan tersebut. Kejadian tak disangka terjadi. Seorang stormtrooper culun FN-2187 membantu si tawanan lepas dari marabahaya. Poe dan FN-2187; yang dikemudian disebut Finn, berhasil kabur dengan mencuri kapal TIE musuh.

Di daerah padang pasir planet Jakku, hiduplah Rey yang bekerja sebagai pengumpul onderdil rongsokan dari kapal-kapal karam untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Suatu saat, perempuan ini bertemu dengan BB-8. Rey yang tidak mengerti akan apa yang terjadi kemudian malah menolongnya mencari sang majikan.
Poe dan Finn yang mengendarai kapal TIE mendapatkan serangan di angkasa. Mereka terpaksa mendarat di planet Jakku dalam keadaan darurat. Finn terselamatkan, sedangkan Poe hilang entah kemana. Ditengah kebingungan, dia pun berjumpa dengan Rey dan BB-8. Mantan stormtrooper ini amat senang bertemu seseorang yang membantunya. Kapal-kapal perang milik First Order tiba di padang pasir hendak menemukkan kepingan peta dan menangkap Finn. Perseteruan melanda kembali. Rey yang lincah segera saja mencuri kapal Millenium Falcon dan pergi dari planet Jakku bersama dua lainnya.
Millenium Falcon dibajak Han Solo dan Chewbacca di tengah perjalanan. Si tampan dan temannya merupakan pemilik asli kapal tersebut. Rey, Finn dan BB-8 yang masih berada didalam kapal mau tidak mau harus pasrah kehilangan satu-satunya harapan mereka.
Organisasi Guavian Death dan Kanjiklub sempat berkunjung ke Millenium Falcon. Hal ini berhubungan dengan hutang yang meski dibayar Han. Si tampan pemberani lalu memanggil monster yang dari dulu berdiam di geladak kapal. Masalah sedikit teratasi setelah mereka melakukan perjalanan menembus galaksi.
Han mengarahkan kapalnya ke planet Takodana; tempat nenek-nenek bernama Maz Kanata tinggal. Diketahui keduanya telah lama akrab satu sama lain. Han hanya ingin beristirahat sejenak sebelum berlayar kembali. Finn meminta untuk diijinkan pergi karena penyamarannya hampir terbongkar. Dia takut jika First Order akan datang ke planet ini. Finn mengaku dihadapan semua orang jika mulanya hanya seorang stormtrooper pecundang. Bekas anak buah Captain Phasma tersebut memang lebih suka mengaku sebagai anggota Resistance. Hal aneh mulai menjangkiti diri Rey. *spoiler 2* Dia terpikat oleh suara-suara dan membawanya kehadapan sebuah light saber. Menurut perkataan Maz, benda bercahaya itu mulanya milik Luke Skywalker. Rey merasa terpanggil harus mendapatkannya. Kapal-kapal First Order tiba dan menyerang secepat kilat. Puri dan bangunan disekitarnya rusak parah. Penghuni-penghuninya mati perlahan. Keadaan berbalik unggul tatkala kapal-kapal Resistance asli melakukan manuver penyerangannya. Han dan Chewbacca membantu para tamu. Poe segera bertemu Finn dan BB-8. First Order terpukul mundur. Rey yang berjuang seorang diri lalu diculik oleh Kylo Ren.
Disisi lain General Hux berhasil menyakinkan penguasa First Order untuk menghancurkan Republic guna melumpuhkan sedikit kekuatan Resistance. *spoiler 3* Planet-planet Republic dihancurkan menggunakan starbase killer. Tak ingin kehilangan momen kemenangan, Hux memerintahkan pengisian ulang daya bagi sang planet pemusnah. Target berikutnya adalah markas besar Resistance.

General Leia Organa bereuni dengan Han Solo. Rapat kerja diadakan di markas Resistance. Leia dan seluruh anggotanya segera menyusun strategi sebaik-baiknya. Mereka telah mengetahui misi berikutnya General Hux. Han, Finn dan Chewbacca diharapkan menyusup terlebih dahulu ke dalam inti starbase killer untuk melumpuhkan pelindungnya. Jika berhasil kemudian kapal-kapal X-Wing akan membersihkan sisanya. Tak lama apa yang dilakukan Han Solo dkk menemui titik keberhasilan. Strategi berjalan sesuai rencana. Terjadi pertempuran antara Resistance melawan Black Order di angkasa. Rey ditemukkan bersama penculiknya. Han yang mengerti maksudnya lalu menemui Kylo yang sedang dilanda kegusaran. *Spoiler 4* Parahnya Han Solo mati dibunuh oleh light saber milik Kylo Ren. Rey dan Finn yang tidak bisa menerima kematian temannya segera mengejarnya. Ketiga orang ini pun berkonfrontasi. Finn pingsan karena tebasan light saber. Rey yang diketahui memiliki sedikit keahlian force menantang Kylo berduel menggunakan light saber masing-masing. Starkiller base mengalami guncangan hebat. Kylo yang hampir mati meninggalkan Rey sendirian. Planet pemusnah tersebut meledak hingga mengubahnya menjadi supernova. General Hux dan Kylo pergi bersama armada First Order. Rey, Finn dan Chewbacca selamat menggunakan Millenium Falcon.

credit by Google

Trivia
  • Kylo Ren sesungguhnya adalah anak dari pasangan Han Solo dan Leia Organa. Darth Vader sendiri merupakan ayah dari Luke Skywalker dan Leia. Di film, Kylo Ren menyebut Darth Vader sebagai kakek. Jadi dapat disimpulkan jika semua tokoh penting saling berhubungan, termasuk pula droid-droid mereka.
  • Han Solo adalah pemilik asli kapal Millenium Falcon yang dicuri oleh Rey dan Finn dari Unkar Plutt.
  • First Order merupakan organisasi dark side yang dipimpin General Hux dan dikomandoi langsung oleh Supreme Leader Snoke; alien jelek yang sangat amat tinggi. Pasukannya sering disebut sebagai Stormtroopers. Kapal perang mereka adalah TIE yang bentuknya mirip ikan gepeng. Captain Phasma dan Kylo Ren tergabung disini.
  • Resistance merupakan organisasi light side bersama seluruh koloni Republic. Dipimpin dan dikomandoi oleh General Leia Organa. Kapal-kapal mereka biasa disebut X-Wing yang masing-masing dikemudikan pilot fighter terlatih. Poe Cameron termasuk salah satu pilotnya.
  • Kylo Ren memiliki konflik yang ada didalam dirinya. Dia bingung harus memihak dark side atau light side. Kylo di satu sisi tak ingin membuat Snoke marah, sedangkan sisi lainnya lebih untuk melindungi anggota keluarganya. Topeng Darth Vader membuat segalanya makin membingungkan.
  • Rey kemungkinan besar adalah seorang Jedi baru karena dia memiliki keahlian mengendalikan force. Dia pun sangat lancar menggunakan light saber milik Luke ditengah ancaman Kylo.
  • Light saber yang digunakan Kylo Ren berwarna merah, sedangkan light saber yang digunakan Rey berwarna biru. Agar mudah diingat, merah adalah si jahat dan biru merupakan jagoannya.
  • Terdapat tiga orang Indonesia yang masuk dalam jajaran cast The Force Awakens, mereka antara lain Iko Uwais, Yayan Ruhian (Mad Dog) dan Cecep Arif Rahman. Ketiganya tergabung dalam organisasi Kanjiklub; organisasi kriminal antar galaksi. Bersama Guavian Death, mereka melacak kapal milik Han Solo untuk menculik BB-8. Kanjiklub berpergian menggunakan kapal barang Eravana. Rencana organisasi tersebut gagal setelah diserang oleh monster Rathtars; makhluk peliharaan Han Solo di dalam Falcon. Mad Dog diplot menjadi pemimpin Kanjiklub dengan nama Tasu Leech, Iko Uwais menjadi Razoo Qin-Fee dan Cecep Arif Rahman menjadi Crokind Shand. Btw Mad Dog hanya berbicara bahasa yang tidak jelas, sedangkan rambut Iko Uwais dikepang dua mirip si Nacha pendekar roda api. Ketiganya muncul kurang lebih tiga menitan saja. Mereka harus mati karena dimakan monster lol.
  • Terdapat tiga droid yang eksis di Star Wars kali ini, mereka antara lain BB-8 (droid milik Poe Dameron yang berwarna orange), C-3PO (droid pelayan anggota Resistance) dan R2-D2 (droid milik Luke Skywalker).
  • Tokoh-tokoh utama yang mati pada Star Wars episode VII ini antara lain Lor San Tekka dan Han Solo. Keduanya mati ditusuk oleh Kylo Ren menggunakan light saber.
credit by Google

  • Planet-planet anggota koloni Republic tergabung dalam Hosnian Star System. Semua planetnya dihancur leburkan oleh starbase killer milik organisasi First Order.
  • Starbase killer bekerja dengan menyerap matahari dan menjadikannya senjata laser. Planet pemusnah ini akhirnya meledak sendiri setelah dirusak bagian sistem pemanasnya oleh Han Solo, Rey, Finn dan Chewbacca. Tingkat ledakannya dapat disamaratakan dengan supernova.
  • Ending The Force Awakens adalah bersatunya kepingan peta yang berada pada BB-8 dan R2-D2 sehingga menampakkan lokasi Luke Skywalker berada. Tiga yang lain; Rey, Chewbacca dan droid R2-D2, pergi menggunakan Millenium Falcon ke planet tersebut. Misi mereka adalah hendak mengembalikan light saber milik Luke.

Grade :
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll 

Star Wars episode VII ini sangat oke meskipun di masa kecil gue sama sekali tidak pernah mengikuti satupun film-film Star Wars. Ceritanya agak seperti dibuat universe baru sehingga para penikmat generasi jaman sekarang dapat lebih mudah memahaminya. Tidak ada adegan porno-pornoan sama sekali. Pemeran Rey sangat menawan!


Next :  Negeri Van Oranje

5 komentar:

  1. Lengkap banget mas. Saya baru ngikutin star wars beberapa minggu ini sejak diputer ulang dari episode 1 ampe 6 di Global TV. Trus baru nnton yang ke 7 kemaren. Sayang luke nya muncul cuma bentar di ending aja. Sepertinya film ke 7 ini awal dari trilogi baru. Mungkin luke ngelatih Rey buat jadi jedi nantinya, soalnya dia kan punya force juga. Trus si Rey ini bisa punya force apakah murni dari dia atau keturunan layaknya Luke dapet karena dia juga anak Darth Vader/ Anakin Skywalker. Kylo Ren dapet juga kyknya karena dia anaknya Leia yg juga sodaranya Luke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, maaf ya klo ngasih spoiler besar-besaran :)
      jujur gue sendiri malah gak pernah sama sekali nonton film Star wars dari no 1-6 wkwkwk. Star Wars episode VII ini kan punya misi mencari Luke Skywalker yang hilang.
      gue kebetulan baca dimana gtu klo Kylo Ren itu sebenernya juga Jedi tapi dia malah berpihak ke dark side. CMIIW.
      Mungkin Rey ada hubungan dengan keluarga Skywalker walaupun di film belum dijelasin mendetail. Bisa jadi Luke ngajarin Rey menjadi Jedi baru, dan bukan Finn yang selama ini digembar-gemborkan.

      Hapus
  2. Luke & leia anaknya darth vader (anakin skywalker) udah bukan rahasia lg.. udah kebongkar di episode 5 Empire strikes back.
    Yang jadi pertanyaan siapakah sebenarnya Rey ini.. ?? ada yg bilang anaknya luke , ada yg bilang anaknya leia & han, bahkan ada yg bilang cucunya obi-wan kenobi 😂..
    Soalnya, J. J. Abrams & George lucas pernah ngomong "Star wars scara keseluruhan ttg tragedi keluarga Skywalker "

    soalnya ada bbrp persamaan antara trilogi asli & prequelnya:
    1) episode 1 & ep 5 sosok guru/father figure/yg dihormati meninggal.. di ep 1 ada qui-gon jin meninggal & di ep 5 obi-wan yg meninggal dan yg trakhir kita nonton ep 7 .. yaa tau sendiri kan siapa..

    2) Ep 1 & 5 si peran utama punya "the strong force" yg tdk terduga.. dan gak kenal ayah mereka.. and they are Skywalker..
    3) Di bagian kedua dr masing trilogi sebelumnya ada love story ; ep 2 anakin & padma , ep 6 leia & han dan bgmn dgn love story ep 8 ?? rey & ...

    4) Ep 1-3 cerita ttg petualangannya kakek anakin skywalker, ep 4-6 cerita ttg petualangannya bapak/om luke skywalker , dan ep 8-9 cerita ttg petualangannya rey.. entah siapa dia anak/keponakan luke atau emng ga ada hubungannya dgn skywalker mungkin obi-wan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow thanks banget ulasannya. bahkan gue sendiri gak ngerti apa-apa tentang Star Wars. two thumbs :3
      maybe semua bakal terungkap saat Star Wars episode VIII. Semoga. Gue yang bukan penggemar sejati juga berharap Rey masih berhubungan sama keluarga Skywalker biar ceritanya panjang kayak Tersanjung lol.
      sebenernya di film kita diliatin Rey bertahan di planet Jakku karna nungguin seseorang, nah yang ditungguin itu siapa... gue berharap Rey cinta-cintaannya sama Chewbacca wkkwkwk

      Hapus
  3. Anda dapat membaca juga sepak bola terbaik, prediksi berita di situs saya
    Prediksi Bola Terbaik
    Terima Kasih

    BalasHapus

time flight