what are you looking for?

Rabu, 30 Desember 2015

Negeri Van Oranje, Kisah 5 Sahabat di Negeri Belanda

credit by Google
Mendengar negeri van oranje udah tau kan negeri ini negara apaan? Yap Belanda. Apa coba yang kurang di Belanda? Udah tim bolanya yang terbilang bonafit, lokasi-lokasi yang mirip di negeri dongeng, banyak orang Indonesianya hmm. Ah elah coba gue bisa kuliah apa liburan disono, melebur sudah semua dosa-dosa gue wkwkwk. Cuman semuanya hanya imajinasi, tetap berkhayal, berdoa dan berusaha siapa tau bisa.
Jadi film Negeri Van Oranje sendiri ceritanya tentang lima mahasiswa Indonesia yang secara gak sengaja ketemu di Belanda saat sedang menunggu kereta. Bintangnya si Tatjana Saphira (Lintang), Chico Jericho (Geri), Abimana Aryasatya (Wicak), Arifin Putra (Banjar) dan Ge Pamungkas (Daus). Mereka semua kuliah S2 di universitas yang berbeda satu sama lain dan juga tinggal di tempat yang berbeda pula.
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

  • Lintang, nama lengkapnya Anandita Lintang Persada. Dia kuliah di Unversiteit Leiden, universitas riset gtu. Tokoh utama cewek satu-satunya.
  • Geri, nama lengkapnya Garibaldi Utama Anugraha Atmadja. Cowo Bandung yang high class, necis, perfeksionis dan selalu lebih. Gmana gak yang lain pada ngerokok lintingan dia ma apa tuh rokoknya kretek. Eh ada sih yang kurang dari dia satu doang* Kuliah bisnis di Universitas Hague di kota Den Haag. Geri disini bukan jenis nama snack-snack ngemil!
  • Wicak, nama lengkapnya Wicak Adi Gumelar. Cowo asal Banten yang ngambil S2 bidang lingkungan hidup kali ya di Universitas Wageningen.
  • Banjar, nama lengkapnya Iskandar Irwansyah. Asal Banjarmasin makanya dipanggil Banjar. Kuliah di kota Rotterdam. Rada-rada playboy, kerja part time di restoran Indonesia.
  • Daus, nama lengkapnya Firdaus Gojali Muthoyib bin Satiri. Orang Betawi yang bekerja di Departemen Agama, kuliah di Universitas Utrech jurusan hak asasi manusia. Orangnya pinter tapi lagaknya trolol. lol

Film mulai pas Lintangnya siap-siap mau nikah. Dengan segala tetek bengeknya si Lintang bilang bahwa dia bakal nikah sama salah satu dari empat sahabatnya selama di Belanda. Kayaknya disuruh nebak kira-kira sapa ya.. Lalu kita dibawa flashback ke saat mereka edisi terakhir liburan di Praha, Ceko sebelum Lintang balik ke Indonesia. Lintang nangis galau-galau merana karna dijadiin barang taruhan sama sahabat-sahabatnya.

credit by Google

Flashback-lah dua tahun sebelum adegan di Praha. Ceritanya Wicak sama Banjar ketemu Daus lagi ngelinting rokok bareng terus nonggol si Geri nawarin rokok kretek. Kemudian mereka berempat meet up di sebuah restoran. Tiba-tiba si Isyana eh Lintang lewat trus diajak meet up barengan. Jadi deh mereka temenan terarah ke sahabatan. Disini keempat temennya udah diliatin pada suka sama Lintang. Yang jelas-jelas keliatan bareng ya si Banjar, dia udah gak malu-malu lagi ngerangkul Lintang. Hingga Lintang pun akhirnya harus memilih satu...
Banjar ngajak Lintang jalan-jalan ke Rotterdam, tempat si Banjar tinggal. Disana mereka berdua selfie di depan stasiun baru, makan cupcake dan stroberi berdua dan liat-liat rumah miring. Dompet Lintang kemudian di copet orang. Si Banjar ngejar sampe rela dipukulin copet-copetnya asal dompet Lintang kembali.

Daus juga gak mau kalah. Dengan lagak jayus yang suka ngelucu nan garing dia berhasil membuat jurus cara belajar yang baik dan benar. Lintang sempat terkagum-kagum dengan Daus. Lintang sih mau aja gtu diajarin belajar sama Daus secara doi pinter.
Wicak yang aktivis lingkungan hidup juga bikin Lintang klepek-klepek saat diajari filosofi hidupnya. Kita cukup mengingat seseorang hanya dengan satu kejadian; kurang lebih gtulah. Wicak cukup mengingat Lintang sebagai seseorang yang rela mandi pagi di Belanda saat bersamanya menjemput junior kampus Wicak. Lintang diajak jalan-jalan ke kampusnya Wicak.

credit by Twitter

Saat bersama Geri, Lintang bercerita tentang hubungannya yang putus dari pacar lamanya Jeroen. Goblok deh si Jeroen ini masih pacaran sama Lintang eh malah main serong sama cewek laen mana sampe hamil lagi ih. Lintang abis itu sedih galau merana. Lalu Geri dateng ke rumahnya bawa produk astornya yang baru, alah. Si Geri bawa ulekan sambel buat Lintang, dan karna lagi galau Lintang pun mau aja ndusel-ndusel sama Geri. Ibarat lagi ngantuk-ngantuknya nemu guling empuk yang baru abis diganti seprei. Uh. Disini gue sempet nebaknya Lintang bakal nikahnya sama Geri dan ternyata...

Lintang berhasil lulus dan mendapatkan gelar S2 nya. Semua sahabatnya gembira. Daus ngasih cokelat, Wicak ngasih sesuatu, Banjar ngasih dompet Lintang yang dulu hilang dan Geri ngasih bucket bunga gede banget. Hmm jadi makin yakin Lintang bakal sama Geri.
Suatu hari Lintang bikin pisang goreng krenyes bumbu Sasa niatnya sih buat akang Geri. Pas sampe dirumah Geri kejadian tak disangka terjadi. *spoiler* Geri lagi maen serong, maen serongnya sama cowok. Mana mau ciuman lagi!! Geri adalah seorang gay. Watdepak, damny, fucky, shity. Lintang sedih dan lari-lari ke luar, Geri mengejar. Setelah dijelaskan bahwa ini juga berat bagi Geri kalo dia berbeda Lintang pun giliran menghiburnya.
Geri pun mengaku dihadapan sahabat-sahabatnya kalo dia gay. Temen-temennya sih gak masalah ya. Malahan mereka ngedukung apa yang Geri lakukan. Daus sempet nanya Geri kira-kira suka sama salah satu dari mereka bertiga gak, Geri jawab Daus bukan tipenya lol. Berkuranglah salah satu kandidat. Lalu mereka berlima ke Praha.

credit by Twitter

Balik lagi deh ke maenan petak umpet nyari Lintang yang lagi marah di Praha. Wicak, Banjar, Daus dan Geri nyari muter-muter. Wicak yang kebetulan lewat di monumen apa gtu namanya lupa pokoknya jika nyentuh sebelah kiri maka karier yang disebutkan bakal bagus, lain yang dikanan jodohnya bagus. Monumen ini bekerja dalam waktu 6 bulan setelah meminta. Gue yakin banget ni Wicak mau banget jodohan sama Lintang. Tiba-tiba Lintang nonggol. Wicak bilang I love u sama Lintang dan cerita berlanjut ke masa sekarang. *spoiler* Lintang nikah sama Wicak dengan disaksikan ketiga sahabat-sahabatnya yang lain. Ah indahnya...

Grade : 
Outstanding - Exceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Dapat diterima untuk kisah persahabatan mereka. Tempat-tempat di Belanda juga ditampilkan apik. Pendalaman karakter si Lintang kurang mendalam. Niatnya si mau liat si Ge Pamungkas yang katanya lucu eh malah kesrimpet nemu Isyana hmm. Isyana kinclong banget kayak abis direndem dalem air Bayclin krik. Gue pengennya sih Lintang nikahnya sama Geri tapi ya gtu. Masih syok sama si Chico yang jadi gay, watdepak.
Sebenernya gue juga punya sahabat-sahabat kayak di film ini. Bedanya kelima tokoh ini menyebut geng mereka AAGABAN, gue nyebut sahabat-sahabat gue 36B;
  • Mahfud Ika Jaya
  • Anis Fitriani
  • Nanang Satriana
  • Tegar Irda Purnama.. ((peluk))

1 komentar:

  1. Anda dapat membaca juga sepak bola terbaik, prediksi berita di situs saya
    Prediksi Bola Terbaik
    Terima Kasih

    BalasHapus

time flight