what are you looking for?

Jumat, 03 Maret 2017

Logan, Akhir Kisah Perjalanan Panjang Hugh Jackman Sebagai Wolverine

credit by Official Site

Haloooo semua. Lumayan lama juga gak online di blog ini. Sebenernya sih gue masih tetep nonton sedikit film-film keluaran baru, but karna beberapa hal teknis yang gak bisa ditinggalkan blog ini malah makin terbengkalai. Parahnya di bulan Februari gue bahkan sama sekali gak kepikiran buat buka blog ini wkwk. Gue ada nonton Resident Evil: The Final Chapter di akhir Januari dan hanya nonton The Lego Batman Movie di bulan Februari. Yah awal tahun yang tidak produktif bung.
Sedikit mengenai Resident Evil: The Final Chapter yang masih berkutat pada zombie-zombie menyeramkan juga menjijikan. Alice kembali ke kota Raccoon City untuk menemukan penangkal virus zombie yang disimpan rapat-rapat petinggi Umbrella Corporation. Dibantu dengan teman-temannya juga Red Queen berhasillah si Alice ini menghancurkan perusahaan tersebut dan juga menyelamatkan seluruh umat manusia yang tersisa. Hanya Alice dan Claire tokoh utama yang diceritakan hidup sampai saat serial ini berakhir.
Sedangkan The Lego Batman Movie bercerita tentang Bruce Wayne yang berjuang melawan rasa kesendiriannya. Melindungi Gotham City dari kejahatan Joker dan penjahat-penjahat lainnnya saja tidak membuat Bruce puas. Dia merasa ada bagian yang hilang dalam hidupnya. Semua berubah setelah pengangkatan anak angkat bernama Dick Grayson aka Robin dan bertemu seorang sheriff polisi baru Gotham City, Barbara Gordon. Hidupnya kembali bergairah. Sebenarnya di sini diceritakan pula hubungan Batman dan Joker yang bisa dibilang "Lebih dari sekedar jagoan dan penjahat".
(mengandung spoiler)


credit by Youtube

Kembali ke topik film Logan, kita bisa menerka dari trailer perdananya dimana Logan aka Wolverine yang sudah terlihat menua, mulai terlihat kepayahan dan demen mabok! Kerennya di sini terlihat juga Charles Xavier yang tinggal di dalam kubah maha besar. Kedua mutan ini sepertinya diharuskan bekerja sama menolong seorang anak perempuan dari tindak penculikan.

Setelah perang yang hanya disinggung sekilas oleh Xavier, para mutan di Bumi bisa dibilang mengalami kepunahan. Dua puluh lima tahun tidak ada mutan yang terlahir ke dunia. Logan aka Wolverine, Charles Xavier dan Caliban adalah sedikit mutan yang tersisa. Xavier yang sudah memasuki bagian akhir dari umurnya menghabiskan waktu berdiam diri di atas kursi roda. Logan si Wolverine mengalami keracunan di dalam tubuhnya hingga sedikit demi sedikit mulai kehilangan kemampuan penyembuhannya. Caliban yang hanya bisa diam di rumah tidak pula banyak membantu.
Suatu saat Logan yang berprofesi sebagai supir online menerima pesan dari Gabriela yang memintanya untuk menolongnya dan anak perempuannya dari penculikan. Sebenarnya Logan tidak ingin lagi terlibat dengan hal-hal menantang dalam hidupnya, namun dirinya mendadak diplomatis tatkala Gabriela ditemukan meninggal dalam kamar hotel. Logan berinisiatif membantu anak perempuan Gabriela, yang diketahui bernama Laura itu dan berniat akan mengantarnya dengan aman ke persembunyian di Dakota Utara, tempat yang disarankan.
Banyak hal-hal ganjil yang menyangkut dengan anak perempuan tersebut. Dari yang tidak pernah berbicara sampai bagaimana bisa dia dikejar-kejar sepasukan Reavers yang hendak menculiknya. Xavier berhasil mengambil hati dari Laura yang membuatnya semua keadaan terkendali. Keadaan mulai memburuk tatkala tempat tinggal Logan diserang pasukan Reavers yang mengejar Laura. Caliban disandera, Logan dan Xavier berjuang melindungi Laura. Terungkap fakta jika Laura adalah mutan kloningan yang memiliki kekuatan cakar Adamantium layaknya Logan. Ketiga orang terakhir disebut melarikan diri menggunakan mobil ke utara.

credit by Google

Pasukan Reavers ini kemudian diketahui berasal dari danau Alkali, dipimpin oleh orang yang disebut Donald Pierce dengan arahan dari Zander Rice. Berdasarkan dari rekaman handphone milik Gabriela, pasukan ini memang merekrut banyak anak-anak untuk dijadikan percobaan mutan kloningan. Pasukan ini selalu berhasil melacak kemana Logan, Xavier dan Laura pergi.
Suatu malam ketiganya menginap rumah keluarga Munson. Xavier berkata ini adalah hal-hal indah yang selama ini sudah tidak pernah lagi dia rasakan dalam hidupnya tentang kenyamanan kelurga. Kabar buruk serangan kembali terjadi. Keluarga Munson seluruhnya dibantai oleh mutan kloningan lain yang disebut X-24. Mutan ini memiliki bentuk fisik persis menyerupai Logan dengan adanya cakar Adamantium dan kemampuan penyembuhan diri. Logan yang kalut membawa Laura kabur, tapi tidak dengan Xavier.
Laura mengambil peran lebih banyak semenjak keabsenan Xavier. Laura menyakinkan agar Logan tetap mengantarnya ke Dakota Utara. Logan amat bersikeras jika Dakota Utara tempat Eden yang dibicarakan Gabriela dan Laura di paket hanyalah rekaan komik belaka. Ini diyakinkan dengan komik yang memiliki koordinat sama dengan kordinat pada paket. Karena Laura tetap dengan pendiriannya, berangkatlah keduanya ke sana. 
Laura bertemu dengan teman-temannya di tebing Dakota Utara. Semua teman Laura adalah mutan kloningan juga. Logan yang kelelahan beristirahat di tempat tinggal para mutan. Setelah sadar, Logan mengaku akan pergi meninggalkan Laura karena kewajibannya sudah selesai. Laura dan teman-temannya pergi menuju perbatasan Eden. Btw kordinat Eden di komik beneran memang ada!
Pasukan Reavers kembali mencari gara-gara. Mereka menyerang anak-anak mutan agar tidak berhasil memasuki perbatasan Eden. Logan tidak tinggal diam melihat ini terjadi. Meminum ramuan penguat dari teman Laura, mengganaslah dia. Satu demi satu pasukan Reavers tumbang. Laura membantu menyelamatkan teman-temannya. Zander Rice si boss besar ditembak mati, Donald Pierce dibungkam teman-teman Laura serta X-24 yang dibunuh menggunakan peluru Adamantium.

credit by Google

Trivia
  • Timeline Logan kali ini berada pada tahun 2029. Bisa dibilang waktu yang sangat jauh dari event X-Men: Apocalypse. Atau bisa dibilang enam tahun setelah event X-Men: Days of Future Past.
  • Di bagian perempat film, Xavier sempat berkata jika bangsa mutan mengalami masa kejatuhannya. Sudah dua puluh lima tahun tidak ada lagi mutan yang lahir, apalagi beberapa tahun sebelumnya, mutan-mutan telah terbunuh dalam perang besar. Perkiraan gue pribadi kemungkinan mutan-mutan memang ditakdirkan untuk lenyap meskipun dahulu dalam X-Men: Days of Future Past, Logan mereset timeline yang kembali ke masa lalu dan menyingkirkan sentinel. Apalagi dalam komik Old Man Logan, si Wolverine sendirilah yang diceritakan membunuh semua teman-teman mutannya karena salah mengira mereka adalah musuh, Logan di sini berada dalam pengaruh racun.
  • Charles Xavier aka Prof. X sudah berumur 90an mengalami penyakit gabungan antara Alzheimer dan sakit kepala sebelah. Ketika kejang terjadi, Xavier mampu mengakibatkan berhentinya waktu bagi manusia biasa dan resonasi suara tingkat tinggi bagi para mutan. Xavier banyak menghabiskan waktu dengan terbisa diam di atas kursi roda dengan Logan yang selalu memberikannya obat penenang setiap waktu.
  • Logan aka Wolverine terlihat mulai menua. Hidupnya banyak dihabiskan dengan mengemari obat-obatan terlarang dan juga minuman keras untuk membuatnya tenang. Sesekali dia bekerja menjadi supir online menggunakan mobil mewahnya. Xavier berkata jika sesuatu meracuni tubuhnya dari dalam sehingga kemampuan penyembuhan dirinya mengalami kelambatan. Zander Rice sempat berkata jika ayahnyalah yang membuat racun itu.
  • Zander Rice adalah anak dari Dale Rice. Seperti ayahnya, Zander juga bekerja sebagai ilmuwan dalam proyek awal Weapon X. Di masa kini dia mengelola Transigen, perusahaan gabungan Amerika-Kanada yang melakukan tindakan ilegal pembuatan mutan kloningan dalam proyek Speciation. Transigen membuat wanita-wanita imigran Meksiko agar mengandung benih-benih mutan hasil penyuntikan cairan-cairan speciation. Naasnya wanita-wanita setelah melahirkan akan langsung dibunuh. Nah bayi-bayi mutan setelah besar akan dilatih menggunakan kemampuannya untuk menjadi pasukan-pasukan khusus.
  • Laura Kinney aka X-23 terlahir dengan kemampuannya mengeluarkan cakar besi Adamantium layaknya Wolverine. Beberapa saat setelah Transigen mengetahui adanya cacat dalam diri para mutan kloningan, mereka membunuhi semuanya tanpa sisa. Laura ini diselamatkan Gabriela dan dibawanya menuju tempat yang aman. Setelah Gabriela mati, Laura ditolong Logan dan Xavier dari usaha penculikan pasukan Reavers. Laura sangat jarang berbicara dan gemar sekali makan.
  • Donald Pierce adalah pegawai dari Transigen dan pemimpin pasukan Reavers. Memiliki tangan kanan terbuat dari mesin. Terlihat sangat brutal namun renta. Bertanggung jawab terhadap penyanderaan dan penyiksaan Caliban.
  • Caliban dahulu kala adalah seorang pelacak bangsa mutan bekerja untuk keperluan pribadinya. Dia banyak menghalalkan segala cara agar tujuannya dapat terlaksana. Caliban memiliki IQ tertinggi di antara para bangsa mutan. Kelemahannya dirinya hanya terhadap sinar matahari atau apapun yang berbau terang. Dalam X-Men: Apocalypse dirinya terlihat bersama dengan Psylocke yang memang melacak mutan-mutan lain. Kini Caliban hidup dalam pengawasan serta turut membantu Logan menangani Xavier.
  • Logan mengambil tempat tinggal di sebuah lahan tak terurus di area penopang tiang-tiang listrik milik perusahaan asal Cina, Fundicion Robles. Daerah ini terletak jauh di Selatan daratan Amerika yang sudah masuk ke dalam wilayah negara Meksiko.
  • Keluarga Munson terdiri dari sang ayah Will, istrinya Kathryn dan anak laki-laki satu-satunya mereka Nate.
  • Koordinat letak Eden adalah 48.970333-102.155491 , North Dakota.
  • Nama-nama orang yang selalu disebut Laura ketika dirinya marah dengan Logan antara lain Rictor, Rebecca, Bobby, Charlotte, Delilah, Rissa dan Jonah. Mereka adalah nama teman-teman sesama mutan kloningan Laura di asrama Transigen. Di komik X-Men mereka lebih dikenal dengan sebutan X-Force.
  • Anak-anak mutan kloningan itu memiliki beberapa kemampuan seperti mengendalikan api, tiupan mengandung es, pengendalian tumbuhan, pengendalian petir seperti Bobby dan pengendalian tanah seperti Rictor si pemimpin. Laura di sini bisa dibilang sebagai anak Logan karena di dalam dirinya terdapat kloningan DNA mutan milik Logan yang berkemampuan mengeluarkan cakar Adamantium.
  • Terdapat scene di sebuah pom bensin yang ditampilkannya sesosok lelaki berambut blonde. Mirip sekali dengan Quicksilver di Avengers. Seperti sengaja dibuat untuk memperolok Marvel.
  • Caliban mati karena dirinya tidak ingin dijadikan alat pelacak bagi pasukan Reavers. Dia mati bunuh diri di dalam mobil dengan cara meledakan dirinya sendiri menggunakan granat.
  • Zander Rice sendiri mati ditembak oleh Logan.
  • Donald Pierce mati dibunuh teman-teman mutan kloningan Laura.
  • X-24 bisa dibilang kembaran dari Logan. Dirinya di kloning menggunakan DNA Logan sama persis seperti Laura. Dirinya mati setelah dengan gagah berani membuat Logan cedera parah. Laura menembaknya dengan pistol yang berisi peluru Adamantium lama milik Logan.
  • Ada istilah-istilah yang belum jelas yang disampaikan secara spontan. Xavier berkata dua kali tentang Sun Seeker kepada Logan, jika keduanya sedang mencarinya. Juga Xavier berkata insiden di Westchester yang mengakibatkan kepunahan mutan. Kita semua tau Westchester Country adalah nama rumah lama Xavier yang diubahnya menjadi Xavier's School for Gifted Youngsters (sekolah khusus mutan). Apakah ada kejadian mengerikan di sana? I don't know.

"Nature made me a freak. Man made me a weapon. And God made it last too long." - Logan

Grade :
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll

Jauh beberapa bulan sebelum film ini dirilis Hugh Jackman si pemeran Logan aka Wolverine menghebohkan jagad media masa dengan pernyataannya jika film Logan ini adalah kali terakhir dirinya akan memerankan tokoh Wolverine setelah waktu tujuh belas tahun lamanya. Hal ini terbukti dalam film yang membuat Wolverine akhirnya bisa merasakan apa itu kematian. Logan di film mati setelah dilukai parah dengan X-24 menggunakan batang pohon. Logan mati karena kemampuan penyembuhan dirinya sudah melemah. Dirinya dimakamkan secara layak berkat Laura dan teman-temannya.
Bulan lalu jagad media kembali dihebohkan dengan pernyataan Patrick Steward yang mengikuti Hugh Jackman jika dirinya akan berhenti memerankan tokoh Charles Xavier aka Prof. X karena memang dirinya sudah tua. Ntah ini demi mendongkrak rating film atau apa. Tapi di film Logan memang Charles Xavier diceritakan mati untuk yang kedua kalinya setelah ditikam oleh X-24 dalam insiden pembunuhan keluarga Munson.
Berbeda dengan film superhero kebanyakan yang temponya berjalan cepat. Logan bergerak tenang seperti mobil yang dikendarai Laura. Penempatan drama dan adegan aksinya nyata. Sisi drama memang lebih dominan daripada adegan aksinya, tapi justru karena dramanya kuat, begitu penonton melihat darah dan organ tubuh berterbangan di layar efeknya terasa jauh lebih maksimal. Adegan aksi yang terjadi bukan hanya sekedar show-off. Efeknya jauh lebih memikat.
Satu hal yang mesti digaris bawahi, meski film ini termasuk film superhero besutan Marvel bukan berarti anak-anak harus menontonnya. Dengan rating R -rated one- banyak sekali adegan-adegan yang memang tidak pantas ditonton bersama anak-anak. Full blood, tusuk-tusukan atau pembantaian membabi buta. Sekali please buat orang tua jangan nonton bersama anak-anak.
Akhir kalimat, jangan mencari Nathaniel Essex aka Mister Sinister di film ini karena dia tidak akan nonggol sama sekali. Juga jangan berharap adanya mid atau post-credits scene. Bukan berarti gara-gara film buatan Marvel mesti wajib kudu harus ada adegan tambahannya, terlihat cuma ada tulisan-tulisan di after credit. Selamat menonton.

credit by Google


Next :  Kong: Skull Island

6 komentar:

  1. Setau gw sun seeker itu jenis kapal, dimana Logan sama Prof. X pengen pergi dari tempat itu dengan ngebeli kapal. Makanya awalnya Logan bukan mau nolong Gabriela & Laura dgn cuma2, tapi karena pas malem itu dia dikasih uang yang banyak banget (makanya sampe bisa beli mobil baru pas Logan, Prof. X sama Laura di hotel) dan setelah selesai nganter bakal dikasih uang lagi, dan bener kan dia dikasih uang lagi sama Rictor tapi dia gamau akhirnya.
    Tapi itu menurut gw ya

    Terus itu dari penjelasan diatas ada yg kurang pas menurut gw, Laura ga dengan sengaja dibawa Logan pas Gabriela mati, tapi dia masuk sendiri ke bagasi mobil Logan..

    Tapi banyak juga kok hal yg nambah pengetahuan gw dari tulisan diatas, khususnya yang dari komik. Karena gw suka Marvel bukan basis karena baca komiknya..

    So, thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih penjelasan dan koreksinya. Edited soon.

      Hapus
  2. Scene yg ada quicksilver blonde dipom itu menit keberapa ya?

    BalasHapus
  3. Ada yang tau, pemeraj x 24 itu siapa? Mirip bgt sama hugh jackman soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. X-24 memang Logan. X-24 mengambil DNA Logan sebagai penciptaannya. Pemerannya juga sama Hugh jackman

      Hapus

time flight