what are you looking for?

Sabtu, 25 Maret 2017

Power Rangers, Kembalinya Memori Anak Generasi 90'an

credit by Google

Power Rangers bisa diibaratkan salah satu dari kesekian banyak harta karun anak generasi 90'an. Memori tentang hal-hal menyenangkan yang saat ini tidak dapat kita temukan lagi di layar televisi. Bersama dengan permainan-permainan populer zaman itu, Power Rangers tumbuh bersama bagaikan anak yang diasuh orang tuanya, bagaikan seorang guru yang mengajar anak muridnya hingga tamat pendidikan. Gue yakin siapapun kalian wahai anak generasi 90'an saat ini, Power Rangers selalu ada dalam ingatan kita. Jadi apa yang membuat menarik film Power Rangers versi teranyar ini dengan serial lawasnya? It's morphin time!
(Warning : mengandung banyak sekali spoiler)

credit by Youtube


Bagaimana sih cerita film teranyar Power Rangers kali ini?

Angel Grove, sebuah kota nelayan yang bisa dibilang lumayan tentram di negara bagian California. Di kota itu hiduplah lima remaja yang dengan problematika mereka masing-masing kelak akan menjadi Power Rangers. Jason Scott, Billy Cranston, Kimberly Hart, Zack Taylor dan Trini Kwan mulanya tidak mengenal satu sama lain. Meski bersekolah di tempat yang sama, kelimanya tidak pernah bertatap muka, hingga Jason, Billy dan Kimberly masuk kelas detensi bersama. Petualangan kelima remaja ini dimulai ketika Billy menghancurkan dinding sebuah tambang emas. Terlihat sesuatu berkilauan di sana; yang kemudian disebut kristal Zeo, yang bercahaya warna-warni. Zack dengan lincah mengambil dan membagikannya ke masing-masing orang. Dari sini pula kelimanya menemukan kapal alien jauh di bawah air.
Sebelumnya banyak kejadian aneh yang menimpa Jason, Billy, Kimberly, Zack dan Trini. Misalnya mereka mendapat kekuatan berlebih, atau keeroran memori setelah kecelakaan kereta, sampai kepada bertemu Alpha 5 di kapal alien dan menjelaskan semua yang terjadi jika kelimanya adalah remaja yang terpilih. Alpha lalu memperkenalkan mereka dengan Zordon yang terperangkap dalam dinding kapal. Nah di sini Zordon mulai menginstruksikan agar semuanya berlatih guna mengalahkan Rita Repulsa dan menjadi the real Power Rangers.
Rita Repulsa sebagai main villain ditemukan ayah Jason yang seorang nelayan. Menemukannya tersangkut dalam jaring ikan. Rita segera tersadar dan mulai membangun bala tentaranya. Menggunakan emas yang sangat banyak dia juga membangkitkan teman lamanya, Goldar. Misi dari Rita di sini ialah mencari kristal Zeo berwarna hijau.
Dalam waktu sebelas hari, para calon Power Rangers mulai berlatih keras dalam simulasi serangan. Berlatih mengalahkan monster-monster ilusi, berlatih ber-morphin time namun tidak kunjung berhasil. Di saat rasa menyerah mulai timbul, Rita telah memulai menginvasi Angel Grove dibantu Goldar dan bala tentara putties. Dalam keadaan terdesak, Jason, Billy, Kimberly, Zack dan Trini berubah menjadi Power Rangers dan mengalahkan Rita cs. Para Rangers menggunakan zord mereka agar memperingan pekerjaan. Ada saat ketika Goldar berhasil melemahkan zord. Kelima zord bersatu menjadi megazord tunggal. Goldar berhasil dienyahkan, Rita dilempar ke luar angkasa. Angel Grove untuk sesaat selamat dari marabahaya.


Diatas disebutkan kata Problematika para Rangers, apa itu?

Jason Scott - Ranger merah, pemimpin para Rangers, seorang jumawa, pelajar yang menempuh pendidikan di Angel Grove High School, seorang quarterback tim baseball Tigers, bisa dibilang lumayan terkenal. Depresi tidak bisa bermain lagi bagi Tigers karena melakukan kesalahan fatal yang membuat tim footballnya kalah di final. Kehidupan keluarganya juga tidak baik. Memiliki ayah yang bisa dibilang tidak menyayanginya, membuat dirinya melakukan banyak tindak kriminal di sekolah.
Kimberly Hart - Ranger pink, memiliki masalah yang lebih pelik. Dirinya dituduh menyebarkan foto aib salah satu sahabatnya, hingga pacarnya Ty Simpson hilang kepercayaan terhadapnya. Masuk ke dalam kelas detensi karena memukul wajah pacarnya sampai giginya rontok. Dikeluarkan dari tim cheerleaders sekolah.
Zack Taylor - Ranger hitam, merasa diabaikan orang sekitar. Tinggal di Melody Mobile Home Park bersama ibunya yang sakit parah. Zack sendiri tidak suka berdiam diri di rumah karena takut ibunya akan meninggal. Masih berstatus pelajar di Angel Grove High School namun jarang sekali mengikuti pelajaran.
Trini Kwan - Ranger kuning, di sisi lain bisa dibilang agak aneh. Dia tidak akan sekalipun berbicara jika seseorang tidak menanyainya pertama kali. Hubungan dengan keluarganya tidak harmonis tatkala dirinya memiliki orientasi seks yang tidak akan pernah dimaklumi keluarganya. Gadis penyuka silat.
Billy Cranston - Ranger biru merupakan anak yang istimewa. Dirinya sendiri berkata jika dia adalah anak autis. Terobsesi bersama ayahnya yang selalu mencari hal-hal yang menakjubkan. Ketika ayahnya mati, Billy menjadi lebih tertutup. Dipertengahan film sempet dibuat mati, tapi gak jadi karena pengorbanan dari Zordon. Tipe orang yang sangat menghargai persahabatan, dirinya juga suka melucu hampir di semua adegan. Cocok menjadi anaknya Sule wkwk.

credit by Google


Bagaimana kostum dari para Rangers sendiri, sesuaikah?

Dahulu kita bersikap skeptis melihat armor baru ranger yang lumayan nganu. Alih-alih menggunakan bahan spandek colorfull seperti pada serial lamanya, para Rangers malah menggunakan material dari baja. Bahkan gue sendiri sempat gak bisa menerima jika Ranger merah kesayangan gue lebih mirip Iron Man lol. Tapi setelah melihat armor Rangers baru ini secara langsung di bioskop ya bisa dibilang gak jelek-jelek amat sih, bisa dibilang hal ini mewakili alur cerita yang memang Power Rangers diceritakan berasal dari ras alien sekitar 65 juta tahun yang lalu. Hal keren lainnya kini para Rangers berbicara tidak lagi harus menggunakan helm, yang sekarang helmnya bisa terbuka bagian wajahnya.
Gak ikut ngomongin Alpha versi baru? Jangan berharap Alpha ayeyeye tampil bagaikan robot imut. Alpha yang sekarang terlihat lebih mirip alien betulan. Zordon? Masih sama seperti yang lama, dirinya masih terperangkap dalam dinding. Si Alpha dan Zordon ini pertamanya berbicara dalam bahasa Eltarian, parah.


Kerenan zord Rangers yang sekarang atau yang dulu?

Masih menyambung dengan asal muasal Rangers dari ras alien, zord para Rangers juga banyak berbeda. Di serial lama para zord hampir terlihat banyak palsunya, tapi gue suka. Zord lama terlihat banyak menggunakan roda untuk mereka berjalan, lihat saja Triceratops dan Sabertooth Tiger. Sayap Pterodactyl juga tidak bisa bergerak. Hanya Tyrannosaurus dan Mastodon yang keliatan oke.
Kini para zord lebih leluasa bergerak dan lebih lincah. Pterodactyl kini mampu mengerakkan sayapnya! Para zord juga dilengkapi senjata-senjata yang mutakhir. Tapi bukan berarti zord Power Rangers teranyar kali ini bagus ya. Banyak diantaranya yang malah aneh. Lihat Triceratops memiliki enam kaki, Mastodon yang kayak jenis Mammoth aja memiliki delapan kaki, wtf ini bukan zordnya Spiderman! Hanya dari kelima zord gue lebih menyukai Sabertooth Tiger dibandingkan keempat lainnya, yah zord itu lebih manusiawi.
Btw gue lebih suka Megazord dari serial lama. Terlihat lebih artistik, colorfull dan lebih proporsional. Megazord yang sekarang lebih kelam, tubuhnya gak enak banget dilihat lol. Jika dalam Megazord lama para Rangers bisa leluasa mengobrol di dalam satu kokpit, kini mereka berbicara berbeda kokpit secara ldr. Kasian.
(Kokpit Ranger merah berada di tengah tepat di dada Megazord. Ranger kuning berbagi kokpit dengan Ranger pink di lengan Mezagord, masing-masing di lengan kanan dan lengan kiri. Kokpit Ranger biru berada di kaki sebelah kanan dan Ranger hitam menempati kokpit di kaki kiri)

credit by Google

credit by Google


Penjahatnya masih itu juga?

Dari zaman serial Power Rangers dimulai kita sudah mengetahui jika Rita Repulsa sudah diplot menjadi main villain-nya. Didukung beberapa monster anak buahnya, menjadikan dia wanita jahat yang lebih dari jahat. Kini dalam Power Rangers teranyar, Rita tetap masih menjadi main villain namun dirinya juga memiliki kekuatan Ranger? Hah?
Yap Rita pada awalnya adalah Ranger hijau pertama. Di adegan awal Bumi masih berada pada era Cenozoic, tampak Zordon yang adalah Ranger merah bermaksud memendam kristal Zeo ke perut Bumi untuk melindunginya dari jangkauan Rita. Zordon berkata jika Rita sengaja ingin mencuri kristal Zeo guna menggunakan kekuatannya menghancurkan Bumi. Keduanya mati dalam usaha mereka masing-masing. Alpha menghancurkan Bumi menggunakan nuklir; ini merupakan versi lain punahnya Dinosaurus. Memori Zordon dimasukkan ke dalam software kapal alien, Rita membeku jauh dalam lautan.
Rita tidak sendirian saat dirinya kembali mencoba menghancurkan Bumi. Dibantu dengan Goldar yang sudah tidak asing di telinga kita. Diakhir film, Rita ditampar Megazord ke luar angkasa, Goldar hancur berkeping-keping. Gue rada percaya di film Power Rangers berikutnya kita akan segera bertemu Lord Zedd.


Kira-kira ada gak cameo pemeran Rangers terdahulu? Ranger hijau muncul gak?

Ini mungkin spoiler terbesar dari film ini kali ya hmm. Suatu waktu setelah Rita gagal menginvasi Bumi, terlihat Amy Jo Johnson aka Kimberly asli di serial Power Rangers dan Jason David Frank aka Tommy Oliver mengabadikan Megazord dengan mengambil foto Megazord bersama seluruh orang lain di Angel Groove. Jadi si Amy dan David ini menjadi cameo sebagai warga biasa. Cameo lain mungkin akan kita lihat di film berikutnya di mana beredar kabar Austin St. John aka Jason akan hadir.
Ngomongin Ranger hijau sih dia ada, itu Rita Repulsa bukan Ranger hijau? Jika mencari Tommy Oliver, dia akan muncul di film Power Rangers berikutnya. Ini 100% keakuratannya. Setelah Rita gagal juga mendapatkan kristal Zeo hijau di Crispy Cream, kemungkinan para Rangers sudah mengambil kristal itu bersama mereka. Hal ini diperjelas dengan mid-credits scene di mana guru kelas detensi memanggil seseorang bernama Tommy Oliver. Nyatanya hanya terdapat jaket berwarna hijau tergeletak di atas kursi. Adegan bergerak jauh menuju ledakan pintu dalam sebuah ruangan.

credit by Google

Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Kita harus banget nonton film Power Rangers 2017 kali ini?

Plotnya sendiri gado-gado, awal film okelah, seperempat pertama flat sampai boring, pertengahan film lumayan bikin ngantuk, setelah para zord keluar kita berteriak kegirangan, seperempat terakhir asik lah, kesininya bikin ngantuk lagi.
Klo masalah kalian mau nonton atau gak nonton, usul gue sih anggap aja ini film Power Rangers yang dahulu sering kita tonton setiap minggu pagi. Anggaplah film ini sebagai penyegar dahaga kita akan kerinduan serial Power Rangers. Anak generasi 90'an gue jamin pasti bakal nonton film ini meski diluar pengharapan, meski padatnya kesibukan, ya minimal menaruh perhatianlah untuk yang satu ini. So?

credit by Google


Next :  The Fate of the Furious

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight