what are you looking for?

Sabtu, 31 Maret 2018

Ready Player One, Brings Back My Chilhood Memories

credit by Google

Steven Spielberg mengajak kita bereuni dengan T-Rexnya yang ganas.
Ready Player One (RPO). Jika dibaca dari judulnya saja secara gamblang mungkin kita akan segera menilai ini adalah film adaptasi game terkenal. Namun setelah berselancar di dunia maya, ada yang mengatakan RPO adalah adaptasi dari sebuah novel. Bahkan ada yang menanggapnya sebagai remake film science fiction jadul. Jadi manakah yang benar?
Setelah dipahami dengan sebaik-baiknya, muncul beberapa kesimpulan yang dapat diambil. Ready Player One mulanya adalah judul novel yang terbit di tahun 2011 silam. Jadi poin pertama, ini merupakan film adaptasi dari novel yang berjudul sama. Kedua, RPO juga mengambil tema tentang game yang membuat 'nagih' manusia pada suatu jaman. Ketiga, terdapat perusahaan OASIS yang mengembangkan game berbasis teknologi virtual reality yang membuat para pemainnya serasa benar-benar berada di dalam dunia game. Jadi Ready Player One dapat dikatakan film hasil adaptasi novel, mengambil cerita tentang game dan sangat berhubungan dengan science fiction.
(mengandung spoiler dosis besar)


Plot Ready Player One?

Just a moment. Di pertengahan tahun 2045, planet Bumi mengalami apa yang disebut dengan ketidakwajaran. Populasi berlebih, polusi skala besar, korupsi merajalela, dan perubahan iklim ekstrim. Demi menghindari hal-hal yang makin merusak Bumi, sebuah perusahaan bernama OASIS membuat sebuah permainan online yang bertujuan merubah cara pandang masyarakat dalam bersosialisasi. OASIS menggunakan teknologi virtual reality yang memungkinkan para pemainnya memilih avatarnya masing-masing untuk bekerja, bertarung ataupun berjudi guna mengumpulkan kekayaan virtual yang dapat digunakan dalam pengembangan progress. Suatu ketika, OASIS membuat event yang disebut Anorak's Quest. Event ini dibuat demi menghormati pendirinya, James Halliday yang telah meninggal. Dalam syarat dan ketentuan event dijelaskan jika siapapun yang dapat mencari ketiga kunci tersembunyi akan menghubungkan si pemenang menuju Easter Egg yang berisikan hadiah besar. Hadiah yang menawarkan pemenangnya kekayaan serta hak untuk menjadi pewaris OASIS berikutnya.
Adventure of a lifetime. Wade Watts, seorang pemuda yang tinggal di Columbus, Ohio mencoba peruntungannya dalam menaklukan tantangan yang diberikan Anorak kepada para pemburunya. Wade memilih avatarnya 'Parzival' yang cenderung lebih suka berpetualang alih-alih bertarung melawan pemain lainnya. Di dunia virtual, Parzival juga menjalin pertemanan dengan beberapa avatar lain. Sahabat terbaiknya bernama Aech yang hampir selalu membantunya di saat-saat paling buruk. Teman lainnya adalah Daito dan Sho yang keduanya berstatus sebagai ninja. Dia kemudian menjalin pertemanan dengan Art3mis yang secara tak sengaja diselamatkannya. Tantangan pertama dan kedua diselesaikan kelimanya dengan mudah, bahkan mereka semua masuk dalam top five klasemen sementara di papan skor OASIS.

credit by Youtube

Under pressure. Perusahaan IOI sebagai pesaing terdepan OASIS tidak tinggal diam melihat apa yang terjadi. Mereka turut mengikuti tantangan ini demi membuat nama perusahaan makin terkenal. IOI berniat menghapuskan dunia virtual dan memuat ulang programnya. Sang kepala operasi IOI, Nolan Sorrento melakukan apapun yang dapat memuluskan langkahnya meski itu menggunakan tindakan ilegal sekalipun. Nolan mulai memburu Wade dan kawan-kawannya yang sudah diketahui identitasnya. Dia juga menyerang camp rahasia pemilik avatar dari Art3mis, serta menghancurkan rumah milik bibi Wade. Hal-hal terakhir makin membuat Wade dan kawan-kawannya berambisi untuk segera menyelesaikan tantangan ketiga.
Third challenge. Sebuah sektor bernama Planet Doom menjadi tempat berlangsungnya tantangan ketiga. Wade dan kawan-kawan mendapat bantuan daripara avatar lain yang tidak setuju akan tindakan IOI jika mereka berhasil memenangkan permainan. IOI pun menyusun pasukannya sendiri yang terdiri dari The Sixers dan i-R0k yang menjalin kesepakatan. Pertarungan besar sepanjang berlangsungnya permainan tak terhindarkan. IOI lalu merekayasa agar permainan mati total. Para pemain tidak bisa melanjutkan semua progressnya. Wade yang memiliki extra life mendapatkan kunci ketiga yang berarti kemenangan. Anorak memberikannya Easter Egg yang dicari-cari semua pemburu. Fim berakhir dengan ditangkapnya Nolan Sorrento oleh kepolisian setempat, dibaginya kepemilikan saham OASIS pada kelima besar klasemen, kembalinya Ogden Morrow; teman lama James Halliday, serta Wade dan pemilik avatar Art3mis yang menjalin hubungan serius.


Spoiler, bocoran dan easter eggs lain?


  • Perusahaan OASIS (Ontologically Anthropocentruc Sensory Immersive Simulation) didirikan oleh James Halliday dan Ogden Morrow di tahun 1980an. Bisa dibilang inilah perusahaan game online termegah yang pernah dimiliki umat manusia. OASIS mengembangkan permainan berbasis virtual reality yang dapat dinikmati segala jenis umur. Terdapat 27 sektor permainan layaknya kubus rubik yang banyak menggunakan sihir, kecanggihan teknologi, teleportasi, komunikasi verbal, duel satu lawan satu dan lainnya. Di tahun 2040, James Halliday membuat video Anorak's Quest yang menginspirasi para pemainnya mencari ketiga kunci tersembunyi demi sebuah Easter Egg.
  • James Donovan Halliday lahir di tahun 1972 dan meninggal tanggal 7 Januari 2040 (di Wikipedia tertulis 2039). James merupakan salah satu pendiri OASIS. Dia diceritakan sebagai orang aneh, anti sosial dan sering bermasalah dalam menjalin hubungan dengan perempuan. Seorang eksentrik yang bersifat kekanakan dan menyukai segala jenis permainan dan apapun yang berbau pop culture tahun 1980an. James memilih avatarnya sendiri yang disebut Anorak si Maha Tahu, nama pemberian dari mantan pacarnya, Kira. Anorak dideskripsikan sebagai penyihir yang menggunakan jubah hitam dengan setiap huruf 'A' di masing-masing lengannya.
  • Ogden 'Og' Morrow merupakan sedikit orang yang dapat menjadi teman dekat James Halliday. Secara mengejutkan, dia meninggalkan temannya sendiri kala Gregarious Games masih ditahap pengembangan. Hal yang paling membuat Og selangkah lebih jauh dari James adalah Kira yang akhirnya dinikahinya. Inilah patah hati terbesar James Halliday saat itu. Og memilih avatarnya The Curator, yang bertugas menjaga perpustakaan ingatan di dunia virtual. Di akhir film, Og kembali ke OASIS berkat bujukan dari Wade Watts.
  • Wade Watts lahir di tanggal 12 Agustus 2027 (di Wikipedia tertulis 12 Agustus 2026), tumbuh besar bersama bibinya, Alice dan tinggal di tumpukan apartemen 56K di daerah Columbus, Ohio. Ayah Wade meninggal setelah tertembak di depan toko makanan, sedangkan ibunya adalah pegawai OASIS yang mati tertembak pada bagian lengan. Wade memilih avatar Parzival yang namanya bersumber dari Percival, prajurit raja Arthur yang tertarik pada cawan suci. Hidupnya didedikasikan hanya untuk memahami James Halliday dan berburu Easter Egg.
  • Samantha Evelyn Cook kehilangan kedua orang tuanya dan terpaksa tinggal bersama kelompoknya di camp rahasia. Memiliki tanda lahir di sekitar wajahnya. Sam memilih avatar Art3mis (Artemis) yang berarti dewi perburuan. Mulanya tidak setuju berteman dengan Wade, namun takdir mempersatukan keduanya.
  • Nolan Sorrento bekerja sebagai kepala operasional IOI (Innovative Online Industries). Sengaja berhasrat berburu Easter Egg demi mengklaim OASIS bagi kemajuan perusahaannya. Dia juga mempekerjakan I-R0k dan The Sixers demi ambisinya. Nolan mengambil avatar IOI-655321, seorang yang sok ngeboss, namun pernah juga mengambil rupa sebagai Mechagodzilla pada tantangan ketiga. Nolan berakhir di dalam penjara akibat strateginya yang gagal total.
  • Helen Harris di dunia nyata adalah seorang perempuan, sangat berbanding terbalik dengan avatarnya Aech yang sangat powerful. Aech suka sekali bermain duel satu lawan satu dengan pemain lain. Memiliki keahlian sebagai montir. Dia memperbaiki robot Iron Giant di dalam gudang peralatannya. Dalam tantangan ketiga, Helen mengambil rupa sebagai Iron Giant demi melindungi teman-temannya.
  • Toshiro dan Xo memilih avatar masing-masing Daito dan Sho. Keduanya berasal dari Jepang dan dalam dunia virtual bekerja sebagai ninja. Toshiro adalah kakak dari Xo, sedangkan Xo sendiri pemuda berumur 11 tahunan yang tidak takut menghadapi apapun. Pada tantangan ketiga, Toshiro mengambil rupa Gundam yang temasuk kuat di antara avatar lainnya.
  • Pada cuplikan video Anorak's Quest dijelaskan jika siapapun yang berhasil mendapatkan ketiga kunci tersembunyi akan membawanya menuju Easter Egg, di mana membuat si pemenang mendapatkan hadiah emas milyaran dollar dan kepemilikan perusahaan OASIS. Tantangan pertama diselesaikan dengan baik oleh Wade Watts diikuti keempat lainnya. Kodenya ada pada kalimat yang diucapkan James Halliday, "Go back and fix this". Alih-alih harus mengikuti balapan yang berbahaya, si pemenang hanya harus mundur ke belakang track saja. Tantangan ini memperebutkan Copper Key.
  • Tantangan kedua berhubungan dengan mantan pacar dari James Halliday, Kira Underwood. Si pemenang hanya harus memasuki adegan di film horor yang ditonton James dan Kira saat berkencan pertama kali. Filmnya berjudul The Shining. Pada kamar nomor 237 terdapat nenek zombie yang harus dikalahkan, namun bukan itu caranya, melainkan terdapat pintu tersembunyi jauh di belakang guna menemukan avatar Leucosia berdansa di tengah lautan zombie. Selamatkan avatar milik Kira dan selesailah sudah. Samantha berhasil mendapatkan Jade Key pertama kali.
  • Tantangan ketiga berada di sektor Planet Zoom bertempat di kastil Anorak. Si pemenang harus memainkan video game yang dipilih acak Anorak di ruang Atari 2600. Video gamenya adalah Adventure. Wade Watts berkata jika tantangan ketiga bukan berarti harus menyelesaikan Adventure melainkan berjalan di sisi hitam permainan. Dia memperoleh Crystal Key dan membuka gerbang kastil. Wade masih saja menerima tantangan terakhir dari Anorak dengan menyuruhnya menandatangani kontrak yang tak dilakukannya. Itu sama saja dengan kelakuan Og yang meninggalkan temannya. Avatar Anorak bertransformasi menjadi James Halliday dan mengatakan jika dunia nyata lebih baik daripada dunia virtual, bahwa Wade dan pemain lainnya tidak harus menjadi orang aneh seperti dirinya. Wade pun memutuskan hal yang terbaik bagi dirinya, bagi James Halliday dan bagi semua pemain.
  • Nolan Sorentto dan I-R0k menggunakan bola Osuvod untuk membuat perisai yang menyelimuti kastil Anorak dari ancaman serangan luar. Art3mis berhasil membuka lapisannya dengan menggunakan mantra.
  • Kira Underwood lahir di tahun 1975 dan meninggal tahun 2034.
  • Nolan Sorrento sempat menggunakan senjata kataklis yang dapat membuat dunia virtual mati total. Semua avatar akan terhapus dan progress mereka hilang selamanya. Hal ini menimbulkan kegaduhan total di dunia nyata. Wade Watts tidak berpengaruh akan hal ini karena dia mendapatkan extralife yang diberikan si Kurator.
  • Kata sandi login avatar IOI-655321 milik Nolan Sorrento adalah B055man69.
  • Setelah masa kepemilikan OASIS dibawah Wade Watts, perusahaan ini tidak beroperasi di hari selasa dan kamis. Dua hari tersebut didedikasikan bagi dunia nyata.
  • Wade Watts dan Samantha berpacaran di ending film.
  • Theme song pada trailer diambil dari lagu Jump yang dinyanyikan oleh Van Halen. Beberapa theme songs lain pada film adalah World in My Eyes by Depeche Mode ft.Violator, Tom Sawyer by Rush, We're not Gonna Take It by Twisted Sister, Take on Me by A-Ha dan You Make My Dreams by Hall & Oates.
  • Daftar pop culture "seinget gue" yang muncul di film antara lain Knight Rider - Gundam RX-78-2 (Mobile Suit Gundam) - Batman, Joker dan Harley Quinn (Batman Arkham) - WarGreymon (Digimon) - mobil The Mach 5 (Speed Racer) - The Thirteenth Doctor (Doctor Who) - Dino Megazord (Power Rangers) - logo Star Trek - logo Mortal Kombat - Astro Boy - Marvin The Martian (Looney Tunes) - Goku (Dragon Ball Z) - Jon Snow (Game of Thrones) - singa-singa Voltron (Voltron: Defender of The Universe) - Pac-Man - Ryu (Street Fighter) - Lara Croft (Tomb Raider) - dunia Minecraft - Duran Duran - Michael Jackson - Gandalf (The Lord of The Ring) - Deathstroke - Catwomen - Tracer - Chun-Li - Sonic The Hedgehog - Iron Giant - King Kong - Xenomorph (Aliens) - Clark Kent (Superman Series) - Chucky (Child's Play) - Rexy si Tyrannosaurus (Jurassic Park) - Optimus Prime, Bumblebee dan Megatron (Transformers) - Monster Truck - Mechagodzilla - Gigan - Rodan - King Ghidorah - Jason dan Freddy Krueger (Friday the 13th) - Gipsy Danger (Pacific Rim) - Leonardo, Raphael dan Donatello (Teenage Mutant Ninja Turtles) - Robocop - Hello Kitty, Badtz Maru dan Keroppi (Sanrio) - Peter Parker (Spiderman Series) - Bruce Banner/ Hulk dan masih banyak lagi.



Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

Menurut gue pribadi kalian harus banget nonton film ini. Semua aspek dan elemennya juarakk. Alur cerita, penokohan, konfilk, dan ending semua tetap juarakk. Bagi anak kelahiran 80an dan 90an pasti akan teriak-teriak kegirangan. Pop culture-nya itu lho kusuka sekali. POKOKNYA KEREN BANGET. Battle antara Gundam vs Mechagodzilla merupakan scene terbaik yang pernah ditampilkan.
Tidak ada tambahan ekstra scene di bagian akhir.

credit by Google


Next :  A Quiet Place

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight