what are you looking for?

Minggu, 08 Juli 2018

Ant-Man and the Wasp, Menikmati Cara Kerja Kuantum Realitas

credit by Google

Satu lagi karya persembahan Marvel Entertainment yang bisa dibilang layak ditunggu sepak terjangnya dalam menyoroti akhir dari kisah panjang universe mereka selama sepuluh tahun. Ant-Man and the Wasp disebut-sebut sangat berhubungan dengan event jentikkan jari Thanos dalam film Infinity War. Para petinggi perusahaan memang tidak pernah mengkonfirmasi hal tersebut, namun dilansir dari perkataan The Russo Brothers ataupun Evangeline Lilly, pemeran Wasp, sebuah dimensi yang disebut kuantum realitas memainkan peranan penting mengingat efek besar yang akan ditimbulkannya mengubah jalan cerita babak akhir phase ketiga Marvel Cinematic Universe.
Ant-Man and the Wasp sendiri berfokus tentang cerita bagaimana Scott Lang yang kini menjalani hukuman akibat keterlibatannya melawan pemerintah dua tahun sebelumnya. Scott mesti pandai-pandai menyelamatkan hari walaupun sedang berstatus tahanan rumah. Di sisi lain Hank Pym dan Hope berhasil merekonstruksi terowongan kuantum yang hendak digunakan keduanya memulangkan Janet dari dimensi aneh yang memenjarakannya selama kurang lebih tiga puluh tahun.



89 THINGS ABOUT ANT-MAN 2 YOU SHOULD KNOW BEFORE YOU SPEAK UP
-- - including subplot, spoiler and some easter eggs


01. (flsbck.) Adegan dibuka dengan aksi Hank Pym dan Janet van Dyne semasa keduanya masih menyandang status sebagai Ant-Man dan Wasp pertama. Sekitar tahun 1987, mereka diharuskan menyelamatkan sebuah kota dari serangan roket milik Uni Soviet. Pengorbanan Janet membuka jalan dibuatnya trilogi Ant-Man.

02. (hnt.) (flsbck.) Insiden Janet mengecilkan tubuhnya seukuran subatomik sempat disinggung Hank Pym pada film Ant-Man pertama. Diketahui Janet tersesat di lokasi kuantum realitas yang sama ketika Scott Lang pernah pula terjebak di dalamnya.

03. (hnt.) Siluet Wasp (versi Janet) telah dimunculkan sebelumnya pada film Ant-Man pertama. Footage-nya tampil persis bersamaan dengan Scott Lang yang berada di dalam pusaran kuantum.

04. Hank Pym tua dan Hope van Dyne menyusun rencana guna menyelamatkan Janet dari kuantum realitas.

05. (hnt.) Kuantum realitas adalah nama suatu dimensi alternatif yang dapat mengakses keseluruhan medan energi, baik itu melalui perantara cincin pengumban ataupun memanipulasi Pym Particle. Ruang dan waktu bersifat tidak relevan di sekitarnya. Kuantum realitas pertama kali disebut dalam komik Fantastic Four (1963) dengan sebutan The Micro-World of Doctor Doom. Pada film Doctor Strange, kesemua Masters of the Mystic Arts; meliputi Stephen Strange, Ancient One, Kaecilius, Baron Mordo dan Wong seringkali membuka portal menuju kuantum realitas menggunakan cincin pengumban.

credit by Youtube


06. (slg.) Mengapa nama belakang Hope van Dyne mengambil nama keluarga dari pihak sang ibu? Apakah Hank Pym bukan ayah kandungnya?

07. (slg.) Terpujilah wahai para petinggi Marvel karena masih menampilkan logo peringatan ulang tahun ke-10 tahun Marvel Cinematic Universe ✌🏻

08. Masa kini. Scott Lang dan Cassie bermain bersama di rumah pada akhir pekan kunjungan si anak. Scott telah menyandang status sebagai tahanan rumah akibat aksinya melawan pemerintah dua tahun lalu di Leipzig, Jerman. Dia terang-terangan memihak Captain America.

09. (hnt.) Timeline Ant-Man and the Wasp berada pada dua tahun setelah event Civil War.

10. (hnt.) Captain America akan disebut beberapa kali dalam percakapan, khususnya antara Jimmy Woo dengan Cassie, ataupun antara Scott dengan Hope.

11. (hnt.) Cassie sempat menggunakan piring yang digambari sebuah mata besar ketika sedang bermain dengan ayahnya. Hal tersebut mengindikasikan salah satu villain Marvel yaitu Orb. Drake Shannon (Orb) berbentuk layaknya manusia biasa namun memiliki wajah yang seluruhnya terdiri atas mata tunggal. Orb dapat dirujuk pada komik Marvel Team-Up #15 (1973) dan Ghost Rider #26 (2008).

12. Nomor rumah Scott Lang adalah 298.

13. Cassie seringkali memanggil ayahnya dengan sebutan Nenek Terbaik di Dunia.

14. Luis tinggal bersama Scott.

15. Nama perusahaan Karapetyan seringkali disebut Luis soal masa depan bisnis mereka.

16. Status tahanan rumah Scott hanya tersisa tiga hari lagi.

17. Scott sangat mahir memainkan sulap kartu. Jimmy Woo bahkan terkagum-kagum dibuatnya.

18. (hnt.) Alasan mengapa Scott Lang tidak hadir pada event Infinity War disinggung lumayan lengkap oleh Jimmy Woo. Lelaki itu menjelaskan jika Scott melanggar Sokovia Accords nomor 16 paragraf 3. Scott mesti menjadi tahanan rumah selama dua tahun dengan masa percobaan tiga tahun. Jika melanggar, dia akan dikenai kurungan penjara selama 20 tahun. Seluruh gerak-geriknya diawasi langsung oleh FBI melalui sensor di kakinya. Semua penggunaan teknologi tidak diperbolehkan. Jika Scott meninggalkan rumah barang sejengkal pun, FBI akan langsung bergegas menemuinya.

19. (hnt.) Pada film Infinity War, Natasha Romanoff pernah mengatakan pada James Rhodes alasan singkat mengapa Scott tidak hadir bersama Steve Rogers dan kawan-kawan.

20. (hnt.) Nama Jimmy Woo disebut pertama kali dalam komik Yellow Claw #1 (1956). Seorang agen S.H.I.E.L.D yang sangat menentang Yellow Claw. Sempat memimpin organisasi bernama Agents of Atlas dan pernah pula tergabung dalam tugas menangani serangan Godzilla (versi Marvel).

21. (hnt.) Scott sempat membaca buku The Fault in Our Stars selama masa kesendiriannya.

22. Kontak Janet I. Scott mengalami trans yang membuat pikirannya diambil alih oleh Janet. Karena was-was akan hal tak terduga, Scott segera menelepon Hank. Ponsel miliknya merupakan satu-satunya teknologi tersisa di dalam rumah. Benda itupun harus diam-diam disimpan pada pegangan pintu lemari.

23. Vision dari Janet menggambarkan dirinya sedang meminjam tubuh Scott guna bermain petak umpet dan menemukkan Hope kecil dalam lemari pakaian.

24. (hnt.) Ketika sedang beristirahat, Scott terlihat menonton film Animal House (1978). Adegan yang ditampilkan adalah diskusi antara Pintlo dan Dave Jennings tentang atom-atom di jari tangan jika dijumlahkan sebanding dengan pembentuk jagad raya.

25. Aksi penculikan I. Hope membawa Scott (yang pingsan) menuju lab ayahnya menggunakan mobil yang dimodifikasi mungil. Teknologi Pym Particle telah meningkatkan produktivitasnya.

26. Semut yang besarnya seukuran orang dewasa diberi tugas menggantikan Scott di rumah. Semut itu akan melakukan apa saja yang biasanya dilakukan si tahanan sehari-hari. Sensor kaki harus digunakan setiap saat. Bukti kedua produktivitas Pym Particle.

27. (hnt.) Hank Pym mendebat soal keterlibatan Scott di Jerman yang diam-diam memakai kostum buatannya. Hal itu membawa Hank dan Hope turut menjadi buronan internasional.

28. (hnt.) Insiden tersesatnya Scott Lang di dalam kuantum realitas pada film Ant-Man pertama menginspirasi Hank dan Hope membuat terowongan kuantum yang dapat mendeteksi titik koordinat Janet. Dibutuhkan satu komponen terakhir yang hanya dijual di pasar gelap.

29. (slg.) Semut-semut segede gaban terlihat bolak-balik hanya untuk sekedar menyelesaikan pembuatan terowongan kuantum. Kelurga Pym memiliki asisten rumah tangga terbaik!

30. Pym Particle turut campur tangan dalam pengembangan lab, atau lebih tepatnya gedung tempat lab berada sehingga dapat di besar-kecilkan sekehendak hati. Gedung itu pula dapat dibawa jalan-jalan (portable lab).

31. (hnt.) Mobil-mobil hasil rekayasa Pym Particle pun memiliki banyak modelnya. Rata-rata diisi dari brand ternama Hot Wheels.

32. Sonny Burch adalah orang yang dituju oleh Hank dan Hope untuk menyelesaikan misi. Memang dasarnya penjahat, lelaki itu telah mengetahui rahasia apa yang akan dilakukan kedua ilmuwan tersebut. Sonny menawarkan kerja sama atau transaksi pembelian komponen gagal. Diketahui dari percakapan mereka, kuantum realitas akan menjadi sumber energi masa depan!

33. (hnt.) Sonny Burch diperkenalkan dalam komik Iron Man #73 (1975). Dijelaskan sebagai pengusaha yang gemar sekali memeras lawan bisnisnya. Merupakan musuh dari Tony Stark karena mencuri ide-ide teknologi pembuatan armor milik Stark Industries. Sonny mati setelah menembak kepalanya sendiri secara tak di sengaja.

34. Hope mengambil nama samaran Susan. Sonny berspekulasi mengetahui hal apapun barang yang receh sekalipun karena menjalin pertemanan dengan seorang agen FBI.

35. (hnt.) Sonny sempat menyinggung jika organisasi S.H.I.E.L.D telah resmi dibubarkan.

36. Hope (bentuk Wasp) berhasil mengalahkan Sonny dalam permainannya sendiri. Keduanya sedikit berkonfrontasi demi siapa yang layak membuktikan diri. Tentu kalian tahu siapa yang menang.

37. Terungkap musuh yang harus dikalahkan Ant-Man dan Wasp di film kali ini. Dialah Ghost yang juga berniat mendapatkan teknologi dari kuantum realitas. Ghost selangkah di depan dengan mengalahkan Wasp dan mencuri komponen serta portable lab.

credit by Google


38. (hnt.) Ghost diperkenalkan pertama kali pada Iron Man #219 (1987). Dijelaskan sebagai lelaki berkulit putih yang gemar sekali memeras perusahaan. Sangat berkompeten dalam urusan pemrograman, manipulasi dan aksi pembunuhan. Nama aslinya tidak pernah dijelaskan secara terinci. Ghost merupakan anggota Thunderbolts.

39. Holy moly! Orang-orang aneh macem Dave dan Kurt kembali guna melengkapi Trio Luis.

40. (hnt.) Kurt seringkali menyinggung Ghost dengan sebutan Baba Yaga. Dia menjabarkan mahkluk itu sebagai perempuan yang gemar memakan daging anak-anak. Jika ditilik dari Google, Baba Yaga memang dikisahkan benar adanya. Penyihir ini bersumber dari legenda rakyat Slavia. Sebuah petunjuk bagi Captain Britain?

41. Luis, Dave dan Kurt membangun sebuah perusahaan konsultan keamanan X-Con. Scott termasuk salah satu pekerjanya, namun sayang tidak diberikan meja kerja yang bagus.

42. Universitas. Hank, Hope dan Scott menemui Bill Foster guna mencari cara menemukan portable lab yang hilang. Bill merupakan teman lama dari Hank yang dahulu pernah bekerja sama pada penelitian Pym Particle. Dosen itu mengaku berpisah jalan karena Hank memecatnya.

43. (hnt.)(qts.) "Tap the Oracle grid. I need some things out of storage. Give me everything from projects P.E.G.A.S.U.S,  E.X.O.D.U.S and G.O.L.I.A.T.H." - Tony Stark (Iron Man 2)
Petunjuk lama yang mengarah pada Bill Foster.

44. (hnt.) Bill Foster biasa disebut sebagai Black Goliath. Seorang Giant-Man kedua dan salah satu anggota ilmuwan yang tergabung dalam proyek P.E.G.A.S.U.S. Muncul pertama kali di komik Avengers #32 (1966). 

45. (hnt.) Proyek G.O.L.I.A.T.H sempat disinggung pada percakapan di antara keempatnya. Proyek ini dahulu dikerjakan oleh Hank dan Bill dalam memanipulasi Pym Particle demi mengubah massa obyek yang dituju. Berkat hal tersebut, tubuh Bill dapat mencapai tinggi sekitar enam meter sewaktu berubah menjadi Giant-Man.

46. (hnt.) Giant-Man seperti perkataan dari Scott sendiri sempat mencapai tinggi 19 meter saat berkonfrontasi melawan #TeamIronMan pada event Civil War.

47. (hnt.) Berubah menjadi Giant-Man sangatlah menguras energi. Saat berubah pertama kali, Scott harus tidur selama dua hari untuk membayarnya.

48. Cara melacak portable lab menurut perkataan Bill adalah menggunakan difraksi regulator. Sabuk pada kostum lama Ant-Man adalah kuncinya.

49. Brookemont School. Scott dan Hope berkunjung ke sekolah Cassie guna mengambil piala "Nenek Terbaik di Dunia" tempat kostum lama Ant-Man disembunyikan.

50. Nama guru Cassie adalah Mrs. Broadwell.

51. (flsbck.) Aksi penculikan II. Ghost menangkap Scott, Hope dan Hank di rumah persembunyiannya. Ava Starr (Ghost) mengungkapkan masa lalunya semasa sang ayah, Elihas Starr sudah tidak lagi bekerja di lab milik Hank. Elihas meneruskan penelitiannya secara mandiri. Suatu hari dirinya secara tak sengaja membuat kesalahan pada sebuah percobaan kuantum yang serta merta merenggut nyawa dirinya maupun sang istri. Ava kecil terkena dampak dari efek ledakan. Perempuan malang ini mengalami apa yang disebut sebagai ketidakseimbangan molekul. Massa tubuhnya terasa tidak statis. Pemerintah sempat melatih kemampuan Ava sebagai senjata untuk menghancurkan atau sekedar memata-matai musuh negara. Bill datang berkunjung ke Argentina dan berjanji akan menyembuhkannya.

52. (hnt.) Elihas Starr (Egghead) adalah ilmuwan yang bekerja bagi pemerintah dalam hal yang menyangkut apapun soal teori, struktur, dan tenaga atom. Dia melakukan penyelewengan dengan menjual hasil kerjanya ke pasar gelap. Elihas tertangkap dan mesti mempertanggung jawabkan pengkhianatannya pada negara. Pertama kali disebut pada komik Tales to Astonish #38 (1962).

53. Cassie sempat melakukan panggilan video chat kepada Scott yang mengganggu jalannya aksi penculikkan. Cassie menanyakan sepatunya yang tertinggal di rumah.

54. Tipuan "serangan jantung Hank" menyelamatkan Scott, Hope dan Hank dari cengkraman Ava. Komponen dan portable lab kembali didapatkan.

55. Kontak Janet II. Pikiran Scott yang kosong mudah sekali diambil alih oleh Janet. Perempuan itu berkata pada Hank dan Hope bahwa keduanya dapat menyelamatkan tubuhnya hanya dalam waktu dua jam. Tak lebih. Jika lebih dari jam yang ditentukan, maka koordinat lokasi akan berubah layaknya seabad kemudian.

56. Sonny takes over. Masih penasaran dengan teknologi kuantum, Sonny mengorek informasi dari Trio Luis yang akhirnya memberitahukan letak keberadaan Scott. Penjahat ini menggunakan serum kejujuran untuk meracuni pikiran ketiganya. Luis memang sudah tahu di mana keberadaan Scott karena dia ingin meminta temannya mengurusi denah bagi perusahaan Karapetyan. Sonny tak lama kemudian menghubungi FBI.

57. Uzman. Tangan kanan Sonny. Pembuat serum kejujuran.

58. Luis bercerita panjang lebar seperti apa yang dilakukannya pada film Ant-Man pertama.

59. Nenek Luis hobi sekali mengoleksi kaset Morrissey.

60. Luis menghubungi Scott jika FBI sedang berkunjung ke rumahnya. Scott segera meninggalkan portable lab secepat yang dia bisa. Dia harus berada di rumah ketika FBI berkunjung.

61. (hnt.) Nama semut terbang pertama kesayangan Ant-Man di film ini adalah Ulysses S. Gr-Ant. Terdengar familiar bukan?

62. Jimmy Woo marah besar karena gagal menciduk Scott yang dikiranya meninggalkan rumah. Nyatanya Scott memang sering keluyuran tanpa sepengetahuan dirinya 😂

63. FBI sukses berat menangkap Hank dan Hope di hutan Muir. Portable lab telah disita sebagai barang bukti. Lima menit kemudian barang canggih tersebut hilang. Salah satu agen FBI yang juga teman Sonny bertanggung jawab atas aksi pencurian. Ava mendapatkan portable lab pada akhirnya.

64. (hnt.) Nama agen yang bekerjasama dengan Sonny bernama Geoffrey Ballard. Dia mati ditangan Ava yang membunuhnya. Jika dilihat dari komik Black Goliath #4 (1976), Ballard mengambil nama Centurion dan berakhir menjadi musuh dari Ms. Marvel.

65. Ava meminta Bill agar secepat mungkin memulai fase penyerapan energi. Tubuh Ava lambat laun makin terasa payah.

66. Hidup Ava hanya tersisa dua minggu ke depan.

67. (hnt.)(qts.) "I wish we could shrink for real." - Cassie
Dari perkataannya di atas, banyak yang berspekulasi jika Cassie akan berubah menjadi superhero sungguhan layaknya sang ayah. Cassie akan menggunakan nama Stature, yang tergabung dalam Young Avengers.

68. Scott saves the day. Menyelamatkan Hank dan Hope dari keharusan mereka dimintai pertanggung jawaban FBI. Scott memberikan kepada masing-masing baju dinas FBI dan kostum Wasp.

69. Pengalihan rencana dilakukan agar Ava keluar dari portable lab. Luis membantu keduanya. Bill tertahan oleh semut-semut raksasa. Hank memasuki kuantum realitas.

70. Sonny takes over (again). Kejar-kejaran di jalanan kota tak terhindarkan. Scott dan Wasp saling melengkapi. Ghost ikut ambil bagian. Portable lab berada di tangan Sonny yang menaiki kapal guna menunggu jemputan.

71. (hnt.) Stan Lee cameo menjadi seseorang yang terlihat marah ketika mobilnya mengecil akibat tembakan Wasp. Dia menggerutu soal tahun 60an yang sangat buruk.

72. Masyarakat geger akibat Giant-Man show off di tengah kota dan sekitar pelabuhan. FBI tak mampu berbuat banyak. Portable lab terlepas dari jangkauan Sonny.

credit by Google


73. (hnt.) Ant-Man memiliki semut terbang lain yang dinamainya An-tonio Banderas.

74. (hnt.) Tinggi Giant-Man kali ini diperkirakan mencapai 24-25 meter.

75. Energi Scott terkuras selama perubahannya menjadi Giant-Man. Hope menyelamatkan dirinya yang jatuh tenggelam.

76. Efek ketidak-relevannya ruang dan waktu menjangkiti pikiran Hank. Dia merasakan kebingungan yang amat sangat. Janet datang dan menjernihkan pikiran suaminya. Keduanya melepas rindu. Sinyal dari lab tidak merespon untuk mereka kembali ke dunia nyata.

77. (hnt.) Kapal penjelajah yang dikendarai Hank sempat mengalami kerusakan di sebuah dimensi yang biasa disebut Tardigrades. Lingkungannya berisikan makhluk yang menyerupai cacing-cacing besar. Banyak orang mengatakan ini merupakan lingkungan ekstrim yang sudah terbentuk selama jutaan tahun yang hingga kini masih diteliti para ilmuwan.

78. Portable lab dikuasai oleh Ava. Fase penyerapan energi kuantum kembali dimulai. Bill menemuinya di dalam lab.

79. Penyerapan energi yang dilakukan Ava lebih kepada menyerap massa tubuh Janet sendiri.

80. Hank dan Janet keluar dari kuantum realitas. Janet memberikan sedikit energinya guna membuat tubuh Ava (Ghost) lebih stabil. Janet seperti berjanji akan menyembuhkannya pula.

81. Evolusi. Janet mendapatkan kecerdasan dan kekuatan alaminya sendiri setelah tiga puluh tahun berada di sekitar pusaran energi kuantum.

82. Kostum Giant-Man sengaja disandarkan Scott di depan sebuah gedung sebagai pengalih perhatian agar Hank dan Hope tidak ditangkap FBI. Portable lab yang selama babak akhir berdiri di pinggir pelabuhan terlihat mengecil kembali di bawah kuasa Hank. Ava dan Bill menyembunyikan diri.

83. Trio Luis membalas dendam dengan menyuntikkan serum kejujuran kepada Sonny dan anak-anak buahnya.

84. Ending. Jimmy Woo akhirnya melepas status tahanan rumah Scott. Makan malam bersama?

85. Nomor rumah keluarga Paxton adalah 840.

86. (hnt.) Perusahaan Karapetyan menjalin hubungan bisnis dengan X-Con di akhir film. Apakah Karapetyan akan berhubungan dengan film Ant-Man 3?

87. Hank dan Janet memiliki rumah mewah bagi keduanya di pinggir pantai.

88. Scott, Hope dan Cassie menonton film dari dalam mobil yang telah diperkecil sebelumnya. Layar yang mereka gunakan adalah sebuah laptop sungguhan.

89. (hnt.) Film yang ditonton ketiganya berjudul Them! (1954). Menceritakan tentang semut-semut yang terkena efek radiasi nuklir sehingga tumbuh menjadi raksasa dan mulai menginvasi kota.

credit by Google


Grade
Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll


Harus nonton gak sih?

Pada akhirnya gue harus mengakui cara Peyton Reed sukses membawa filmnya ke arah yang tepat. Banyak terdapat konflik namun seluruhnya terselesaikan dengan baik. Harap maklum musuh-musuh seperti Ghost, Bill Foster ataupun Sonny Burch hanyalah pemanis semata. Menurut kabar yang beredar, Ant-Man and the Wasp memang lebih ditujukan untuk menjelaskan cara kerja kuantum realitas. Menyelamatkan Janet, sedikit mengeksplorasi serta membuat jembatan yang memudahkan orang-orang di masa depan mengenal secara lebih jelas apa itu kuantum realitas. Peyton seperti membuka celah baru bagi universe ini berkembang pesat. Semua penikmat film-film Marvel berharap dunia baru tersebut dapat mengembalikan para superhero kesayangan mereka yang telah "dibersihkan" oleh Thanos. Semoga.


Kemungkinan adanya extra-scene?

Mid-credits scene merupakan bagian terpenting yang paling ditunggu. Diperlihatkan Scott memasuki kuantum realitas guna mengambil sedikit energinya untuk menyembuhkan Ava Starr (Ghost). Janet sempat berbicara tentang menghindari Tardigrades dan pusaran waktu. Setelah selesai, Scott memanggil teman-temannya agar meneleportasinya kembali ke dunia nyata. Terjadi hal di luar perkiraan. Hank, Janet dan Hope melebur seperti apa yang terjadi akibat efek jentikkan jari Thanos. Satu kesimpulan, timeline Ant-Man and the Wasp berada pula beberapa bulan sebelum event Infinity War.
Bagian post-credits scene hanya memperlihatkan bagian-bagian dari rumah Scott Lang diiringi lantunan irama berdengung. Kamera kemudian menangkap sesosok semut seukuran orang dewasa yang sedang bermain drum.


Baca pula review gue tentang Ant-Man pertama
Next :  Skyscraper

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight