what are you looking for?

Sabtu, 25 Juni 2016

Independence Day: Resurgence, Film Alien Rasa Star Wars

credit by Google

Memori 20 tahun yang lalu kembali dikenang
Melambungkan negara adikuasa sang pemenang
Dihantui, diancam dan diserang..
Oleh sebuah obyek dari angkasa ruang
Happy 4th of July America..
(mengandung spoiler) 

credit by Youtube

Dua puluh tahun berselang komunitas internasional membangun kembali Earth Space Defense (ESD). Program ini dibuat sebagai peringatan dini bagi Bumi ketika adanya serangan-serangan obyek tak dikenal dari luar angkasa. Dibangun dengan teknologi termutakhir dan beberapa teknologi sisa pasukan alien, diharapkan insiden tahun 1996 silam tidak akan pernah terulang.
Jake Morrison adalah seorang pilot ESD berpangkat letnan. Dengan sahabatnya Charlie Ritter, keduanya selalu menyelesaikan tugas bersama. Di Afrika Tengah, David Levinson selaku direktur ESD, Dr. Catherine Marceaux dan Floyd Rosenberg menemui panglima perang Dikembe Umbutu. Umbutu membawa ketiganya menuju kapal besar yang tersembunyi dan ditinggalkan setelah serangan alien terakhir kali. Keluarga besar Umbutu telah berjuang melawan para alien dan menyita banyak senjata yang kini mereka gunakan. Di dalam kapal terdapat sebuah sinyal yang mengirimkan panggilan darurat ke luar angkasa. Selanjutnya Umbutu dan mantan presiden Amerika, Thomas Whitmore mendapatkan visi tentang simbol-simbol alien.
Malam 3 Juli, sebuah kapal alien berbentuk bola muncul tiba-tiba di dekat markas ESD di Bulan. Levinson yakin bahwa itu milik alien luar angkasa yang berbeda dan ingin membantu umat manusia. Namun pemerintah Amerika dengan persetujuan beberapa kepala negara lain sepakat menghancurkan kapal itu. Whitmore datang dalam pidato perayaan kemerdekaan Amerika yang dibacakan oleh presiden Elizabeth Lanford. Di sana Whitmore sengaja memperingatkan manusia Bumi.

credit by Google

Morrison dan Charlie yang di skors dari tugasnya menggunakan kapal curian dan pergi ke Afrika menemui Levinson. Turut serta Marceaux, Umbutu dan Floyd Rosenberg berada di kapal. Mereka pergi ke kawah tempat kapal bola terjatuh dan menemukan sebuah benda yang juga berbentuk bulat; gue sebut ini sphere. Diambillah benda itu. Tiba-tiba sebuah kapal induk alien hampir berpuluh-puluh kali lipat muncul dan menghancurkan pusat ESD di Bulan. Kapal curian Morrison terjebak dalam tarikan gravitasinya.
Bagian utara Samudera Atlantik tempat kapal induk ini mendarat rusak total. Menghancurkan beberapa kota dan mengakibatkan air laut meluap. Kapal ini juga memulai pengeboran untuk mencuri panas dari inti Bumi. Alien turut pula menyerang bunker Cheyenne di Colorado, tempat presiden Amerika dan pasukannya mengungsi.
Gak lama kapal curian Morrison berhasil terbebas dari tarikan gravitasi kapal induk lalu bergegas menuju ke Area 51. Dr. Brankish Okun bangun dari komanya selama dua puluh tahun. Dia membongkar sphere yang diambil di kawah Bulan. Floyd gak sengaja memegang benda itu dan malah membuatnya aktif. Sphere berkata dia dikirim untuk melindungi Bumi dan melatih mereka melawan alien. Tapi sayangnya ESD sudah terlebih dahulu menghancurkan kapal berbentuk bola antar galaksi mereka. Sementara itu Whitmore berkomunikasi dengan salah satu alien yang dikurung Area 51. Sang alien memberitahu bahwa ratunya akan datang menyelamatkan. Pasukan ESD tersisa mencoba menyerang kapal induk serta membunuh sang ratu alien. Ketika terjadi serangan balik dari para alien, banyak kapal mereka terjebak di dalam kapal induk.
Karena aktivitasnya telah terlacak sang ratu alien, sphere menyakinkan orang-orang di Area 51 untuk menghancurkannya guna mencegah alien mendapatkan koordinat ke planet perlindungan. Levinson punya ide menggunakan jet tempur sebagai umpan dan menempatkan sphere dalam ruang isolasi. Berniat untuk memancing kapal sang ratu dan menghancurkannya dengan senjata nuklir. Whitmore bersedia mengorbankan dirinya dalam misi bunuh diri ini. Whitmore rela menaiki kapal berisikan bom nuklir untuk menyelamatkan umat manusia.
Sang ratu segera mengejar umpan diikuti kapal-kapal kecil alien lain yang jumlahnya banyak banget. Kapal Whitmore segera masuk ke dalam kapal ratu sesaat setelah keduanya memasuki lingkaran target. Kapal ratu meledak, tapi sang ratu berhasil keluar dari puing-puing dan mengamuk. Patricia sendiri mengemudikan jet tempur untuk menghancurkan perisai energi yang digunakan sang ratu untuk bertahan dari serangan. Ending dari film Independence Day: Resurgence adalah perginya alien beserta kapal induk mereka dari Bumi, Dr. Okun berkata jika sphere dapat membantu manusia berburu alien dan Amerika bisa melanjutkan hari kemerdekaannya.

credit by Google

Karena banyak tokoh-tokoh di film Independence Day: Resurgence, gue coba jabarin satu-persatu.
  • Jake Morrison adalah seorang pilot berpangkat letnan di Earth Space Defense (ESD).
  • Charlie Ritter adalah sahabat karib dari Morrison, pilot di ESD juga.
  • David Levinson adalah seorang ilmuwan, ahli komputer MIT dan aktivis lingkungan. Direkrut menjadi direktur ESD.
  • Thomas J. Whitmore adalah mantan presiden Amerika ke-42. Veteran perang teluk Persia di film pertama.
  • Patricia Whitmore adalah anak dari Thomas Whitmore. Pacar dari Morrison. Salah satu ajudan presiden Lanford dan mantan pilot ESD.
  • Dylan DuBrow-Hiller adalah pemimpin pilot dalam Legacy Squadron International. Ceritanya anak dari Steven Hiller (Will Smith).
  • Elizabeth Lanford adalah presiden Amerika ke-45.
  • Joshua Adams adalah sorang jendral Amerika di ESD. Menggantikan Lanford menjadi presiden Amerika ke-46.
  • Dr. Catherine Marceaux adalah seorang ilmuwan yang bekerjasama dengan Levinson.
  • Julius Levinson adalah ayah dari David Levinson, orang yang mengendarai bus sekolah.
  • Dr. Barkish Okun adalah ilmuwan yang bertugas di Area 51. Bangun setelah koma dua puluh tahun.
  • Dikembe Umbutu adalah panglima perang di kawasan Afrika Tengah.
  • Rain Lao adalah seorang pilot ESD berpangkat letnan yang berasal dari Cina. Love interest Charlie.
  • Jiang Lao adalah pemimpin markas ESD di Bulan, paman dari Rain.
  • Floyd Rosenberg adalah ilmuwan yang juga bekerjasama dengan Levinson.
  • Dr. Issacs adalah ilmuwan di Area 51, teman baik dari Dr. Okun.
  • Jasmine DuBrow-Hiller adalah seorang dokter. Ibu dari Dylan dan istri dari Steven Hiller.
credit by Google

The Facts
  • Nama kapal jet luar angkasa yang mengangkut senjata pertahanan militer di Bulan diberi nama Moon-Tug-Ten. Beroperasi layaknya forklift besar. Inilah yang membuat Morrison dan Charlie di skors. Keduanya menahan bobot Moon-Tug-Ten yang mendadak rusak agar tidak jatuh. Jiang Lao merasa ini adalah kesalahan Morrison dan Charlie.
  • Puing-puing kapal alien berbentuk bola terjatuh di kawah Van de Graaff di Bulan.
  • Dr. Issacs mengatakan jika lebar kapal induk alien adalah 4.828 km, sepuluh kali lipat dari lebar kapal alien tahun 1996.
  • Thomas Whitmore, Dikembe Umbutu dan Dr. Okun bisa memahami bahasa alien.
  • Alien menyerang bunker gunung Cheyenne di Colorado dan membunuh presiden Elizabeth Lanford bersama pasukan khususnya. Ditengah kekisruhan Jendral Joshua Adams ditunjuk dan segera dilantik menjadi presiden Amerika yang baru. Berarti setiap presiden Amerika ngumpetnya di gunung Cheyenne ini pasti hmm.
  • Simbol bulat digaris tengah yang selalu muncul di coretan-coretan dapat diartikan sebagai kapal alien berbentuk bola yang muncul di Bulan. Sphere berkata jika dia satu-satunya makhluk yang selamat saat alien menyerang planetnya. Dia sengaja pergi ke Bumi untuk membantu melawan alien. Sphere melatih beberapa pasukan elitnya di planet perlindungan. Sang ratu mengincarnya untuk mendapatkan dimana letak planet perlindungan.
  • Dr. Barkish Okun koma selama 7.300 hari atau sama dengan 20 tahun. Dr. Issacs selalu mengiriminya bunga anggrek berbintik.
  • Julius, ayah dari Levinson selamat dari terjangan tsunami di samudera Atlantik. Tersangkut di kapal boat miliknya sendiri dan ditemukan oleh anak-anak; Sam, Bobby, Felix dan Daisy. Bersama menyelamatkan diri naik mobil. Sempet pula mengendarai bus sekolah bersama anak-anak lainnya.
  • Di film ESD mempunyai beberapa pangkalan luar angkasa. Berada di Bumi (Area 51), Bulan, Mars dan di salah satu satelit Saturnus yaitu Rhea. Diketahui pangkalan luar angkasa di Bulan dan Rhea telah hancur.
  • Cara menjebak sang ratu alien adalah menghancurkan kapalnya dan meredamnya menggunakan fusi nuklir dingin. Whitmore mengemudikan jet tempur yang membawa bom nuklir masuk ke dalam kapal sang ratu. Setelah meledak di dalam, Levinson mengaktifkan fusi nuklir dingin yang dibuat melingkar untuk meredam ledakan dari bom nuklirnya.
  • Sang ratu alien mati ditembak oleh kapal alien yang dicuri oleh Morrison, Dylan, Charlie dan Rain Lao. Sebelumnya perisai energi yang digunakan sang ratu bertahan dari serangan dihancurkan terlebih dahulu oleh jet tempur yang dinaiki Patricia. Dengan matinya sang ratu ini berakibat para alien pergi dari Bumi.
  • Tokoh-tokoh yang tewas di film ini antara lain : Thomas Whitmore (mati bunuh diri dalam meledakkan kapal sang ratu), presiden Lanford (mati saat serangan alien di bunker gunung Cheyenne), Jiang Lao (mati meledak bersama gedung ESD di Bulan), Dr. Issacs (mati diserang alien) dan Jasmine Hiller (mati terjatuh dari gedung). Beserta seluruh penduduk Bumi yang lain. 
  • Terdapat foto kenangan Steven Hiller yang diperankan Will Smith di dinding Gedung Putih.
    Plot hole? Sebagai contoh ketika Morrison dan Charlie mencuri kapal untuk menemui Levinson di Bumi, kenapa Jiang Lao gak mengejar keduanya? Padahal Morrison dan Charlie sedang dalam masa skorsing. Ada lagi pas kapal induk alien mendarat di Bumi. Ada benda gede banget nangkring manja di Bumi, kenapa atmosfer masih ada dan air laut gak menghancurkan seluruh daratan? Padahal bisa aja dibikin udara tiba-tiba hilang dan manusia harus menggunakan pakaian astronot untuk bertahan hidup. Air laut bukan hanya menghancurkan daratan tapi juga menguap karena gak ada atmosfer. Malah bikin ceritanya makin horor wkwk.

    " We convinced an entire generation, that this is a battle that we could win. We sacrifice for each other no matter what the cost. And that's worth fighting for." - Whitmore

    Grade :
    Outstanding - Exceeds Expectations - Acceptable - Poor - Dreadful - Troll 

    Yah meskipun banyak keanehan tapi adegan action sedari awal sampai akhir film tiada henti. Ini yang paling gue senengin dari film bergenre disaster. Feel-nya dapet, deg-degan nya juga dapet. Gue kebetulan nonton dalam format 3D, asik gilak. Secara garis besar bisa dibilang ini merupakan realisasi film Star Wars dengan tambahan bumbu pedas serangan alien.
    Dr. Okun bilang jika dia meneliti lebih lanjut sphere, bangsa manusia dapat menemukan planet perlindungan bahkan juga menemukan planet-planet layak huni lain. Manusia bisa melakukan perjalanan antar galaksi. Indikasi bakal dibuat sekuel lanjutan. Film berikutnya manusia yang akan melawan alien. Waw aku tercengang.

    credit by Google

    2 komentar:

    1. mungkin lebih ke arah star trek kali yaa om :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kayaknya begitu sih, tapi gue gak pernah nonton Star trek :(

        Hapus

    time flight