what are you looking for?

Jumat, 07 Oktober 2016

Deepwater Horizon, Kisah Nyata Ledakan Kilang Minyak di Teluk Meksiko

Selamat ulang tahun dua wanita kesayangan keluarga pak Agus. Selamat ulang tahun adek cewek gue satu-satunya, Angelica Luciana Dewanti dan juga mamah gue tercinta ;*
Btw gue baru sempet nonton Deepwater Horizon kemaren ini wkwk. Bersumber dari kisah nyata ledakan kilang minyak di tahun 2010 lalu. Menilik dari teaser trailer film ini kita sudah dibawa penasaran dengan perkataan seorang anak perempuan tentang fosil dinosaurus yang mengamuk. Meledaknya lumpur dari dalam pipa dan tiba-tiba saja terjadi kebakaran hebat menghancurkan seluruh bangunan. Tak banyak yang bisa kita ketahui dari tralier namun jujurlah film ini kemungkinan seru abis.
(mengandung spoiler) 

credit by Google

Setelah menghabiskan jatah liburnya bersama keluarga, Mike Williams harus kembali ke pengeboran minyak lepas pantai Deepwater Horizon di perairan Teluk Meksiko. Selain memiliki keluarga bahagia, Mike juga cukup disukai rekan-rekan kerjanya. Mike kembali bertemu dengan timnya Jimmy Harrell dan juga Andrea Fleytas. Mereka menghadapi masalah keterlambatan 43 hari dari jadwal pengangkutan minyak.
Suatu hari Mike menyadari ada yang tidak beres pada pipa tempat pengeboran minyak tersebut. Jimmy Harrell yang notabene penanggung jawab Transocean, sebenarnya juga merasa ragu akan melakukan pengeboran minyak di wilayah tersebut. Dia tidak berani mengambil resiko mempercepat pekerjaan. Dia ragu pipa-pipa di kedalaman air 5.000 kaki tersebut sanggup bertahan tanpa pengetesan yang menyeluruh. Namun Donald Vidrine, sang petinggi dari perusahaan yang mengontraknya menekan.
Donald yang ingin segera menghasilkan uang berusaha menekan anak buah Jimmy untuk melakukan pengetesan ulang. Pada akhirnya ia berhasil meyakinkan Transocean agar segera menyelesaikan proyek Deepwater Horizon. Meski awalnya baik-baik saja, ternyata terjadi penyumbatan pada pipa yang merupakan katup untuk memutus antara penyedotan minyak dan lumpur. Alhasil terjadi ledakan hebat karena adanya perbedaan tekanan di dalam dan luar pipa. Bencana pun terjadi.
Para awak Deepwater Horizon harus berjuang mempertahankan hidup. Dalam situasi darurat, Mark bekerja sama dengan pekerja yang masih bisa bertahan untuk melakukan tindakan pencegahan ledakan lebih besar. Andrea, satu-satunya wanita yang bekerja untuk Transocean berusaha meminta pertolongan kepada penjaga pantai. Mereka bahu-membahu menyelamatkan timnya dalam waktu yang mendesak karena ledakan susulan dapat terjadi sewaktu-waktu.

credit by Youtube

The Facts
  • Deepwater Horizon adalah nama kilang minyak lepas pantai yang terletak di perairan Teluk Meksiko, 41 mil sebelah tenggara pesisir Louisiana dengan area 2.500 mil, tinggi 320 feet dan kedalaman 136 feet. Terdapat 126 orang pekerja disana. Biasanya para awak berkumpul di bandara Bristow dekat pelabuhan Fourchon sebelum diangkut ke Deepwater Horizon.
  • Deepwater Horizon berada di kawasan Macondo yang memiliki banyak kandungan minyak di dalam Bumi. Dan jika rencananya berhasil, perusahaan Transocean akan melakukan pengeboran lagi di daerah Kaskida.
  • Ledakan pada Deepwater Horizon terjadi pada tanggal 20 April 2010 pada jam 21.30. Sesuai dengan di kisah nyata.
  • British Petroleum (BP) adalah nama perusahaan yang membiayai proyek Deepwater Horizon, di antaranya terdapat Donald Vidrine dan Robert Kaluza. Transocean adalah nama perusahaan yang bertanggung jawab dalam menangani seluruh aktivitas di Deepwater Horizon. Jimmy Harrell, Mike Williams, Andrea Fleytas, Jason Anderson tergabung disini. Damon B. Bankston adalah kapal yang berada di ring Deepwater Horizon dimana bertugas mengangkut lumpur cair hasil pengeboran.
  • Mike Williams berjanji akan membawakan fosil dinosaurus kepada anak perempuannya, dan hal itu terlaksana.
  • Terdapat beberapa pertanda sebelum Deepwater Horizon meledak. Percobaan anak Mike dengan kaleng minuman yang menyemburkan soda ketika ditusuk sedotan dan diisi minyak, burung albatros yang menabrak helikopter dan dasi berwarna magenta yang dipakai O'Bryan. Jimmy berkata magenta adalah warna alarm paling buruk penanda asap beracun di Deepwater Horizon.
  • Andrea Fleytas juga mendapatkan sebuah pertanda. Mobil yang akan digunakan tiba-tiba mogok tapi akhirnya dia berangkat kerja bareng pacarnya. Tuhan maha mengetahui.
  • Terdapat 11 orang pekerja yang meninggal akibat ledakan Deepwater Horizon. Aaron Dale Burkeen (mati terjatuh setelah mengarahkan crane dari jangkauan sekoci penumpang), Jason C. Anderson, Donald Clark, Stephen Ray Curtis, Roy Wyatt Kemp, Karl Dale Kleppinger Jr., Gordon Lewis Jones, Keith Blair manuel, Dewey A. Revette, Shane M. Roshto, dan Adam Weise. Sedangkan 17 orang mengalami luka parah.
  • Di akhir film disebutkan bahwa Mike Williams tidak lagi kembali ke laut dan tinggal di Texas bersama keluarganya. Andrea Fleytas tinggal di California dan tidak lagi bermain dengan minyak. Jimmy Harrell kembali bekerja bagi Transocean. Donald Vidrine dan Robert Kaluza terkena tuduhan pembunuhan. Serta 210 juta galon minyak tertumpah di Teluk Meksiko selama hampir 87 hari.

Grade :
Outstanding - Exceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Sang sutradara membungkus filmnya dengan sangat apik. Adegan per adegan tetap terjaga dengan baik. Dari awal sampai akhir, film ini asyik untuk disimak. Drama rumah tangga keluarga Williams memang terasa sangat menyebalkan, namun hal tersebut ternyata masih efektif untuk membuat sang pahlawan tampak lebih gagah. Sosok Williams yang diperankan Mark Wahlberg dengan pesona yang cukup, menjadi salah satu poin dramatisasi yang pas. Keheroikannya membuat film ini terasa menggelegar. Recommend untuk disaksikan. Film ini berating 17+, anak-anak boleh menonton asalkan didampingi orang dewasa.

credit by Google


Next : Ben-Hur

4 komentar:

  1. Gag British Petroleum ya? BP itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya deng gue salah. Oke gue koreksi wkwk. Terima kasih.

      Hapus
  2. Yg mati trjatuh saat mngarahkan crane bukannya dale burkeen?

    BalasHapus

time flight