what are you looking for?

Jumat, 21 Oktober 2016

Jack Reacher: Never Go Back, Edisi Ethan Hunt Versi Kompleks

Selamat ulang tahun adek tertua gue, Yayang Kurnia. Semoga impian perutnya langsing segera tercapai dan gak lagi-lagi kebanyakan tidur malem hohoho.
Sisi kekeluargaan yang membuat Jack Reacher: Never Go Back dapat disebut inferior dari prekuelnya tahun 2012 lalu. Film kali ini Jack Reacher terlihat sangat jenius dan terkesan brutal demi mencari keadilan untuk dirinya sendiri maupun orang terkasihnya. Berstatus mantan seorang tentara militer, tidak terikat dengan seseorang dan semata-mata hanya termotivasi menuntut kebenaran, dia dihadapkan oleh beberapa hal yang dapat mengubah hidupnya. Mesti berurusan dengan polisi militer karena tuduhan membunuh ketua kejaksaan agung, membantu temannya, Mayor Turner yang dituding telah melakukan aksi mata-mata serta menemukan fakta lain bahwa dirinya diduga punya seorang anak perempuan bernama Samantha. Reacher yang hanya manusia biasa susah payah dalam memecahkan semua masalah tersebut bersamaan.
(mengandung spoiler)

credit by Google

Dalam official trailer pertamanya terlihat insiden penyerangan di sebuah bar. Hampir mengira bahwa Jack Reacher seorang peramal yang bisa melihat masa depan wkwk. Menyelamatkan perempuan dari penjara dan bersama menghindari pengejaran polisi. Berada di Washinton DC melumpuhkan beberapa orang yang menghalangi jalannya melarikan diri. Di sini belum terlihat apa yang dicari Reacher, mencari apa dan apa yang mesti dia hadapi pada akhirnya.

credit by Youtube

Jack Reacher berkelana seorang diri, tanpa tempat tinggal dan orang terkasih. Suatu hari dia dihubungi anggota polisi militer jika Mayor Turner dibebastugaskan karena dugaan aktivitas mata-mata. Reacher yang memang berteman baik dengan Mayor Turner segera mencari tahu apa yang terjadi. Seorang ketua kejaksaan agung mendadak menemuinya dan mengatakan bahwa Turner tidak menginginkan dia ikut campur dalam kasusnya. Naas sang jaksa agung meninggal akibat tindak kekerasan. Reacher yang terakhir terlihat bersamanya didakwa bersalah.
Hal lain yang membuat pikiran Reacher terasa penuh adalah dia diduga memiliki seorang anak perempuan yang selama ini tidak diketahuinya. Seperti kata jaksa agung, istrinya memohon kepada kepolisian militer jikalau anaknya membutuhkan tunjangan sehari-hari. Reacher yang pusing minta ampun memutuskan kabur bersama Mayor Turner dari dalam penjara. Diluar sana anak Reacher yang bernama Samantha dijemput paksa keduanya karena nyawanya dalam bahaya. Pihak kepolisian memata-matai seluruh hal yang berhubungan dengan Reacher dan Turner.
Korps militer menyewa seorang pembunuh profesional yang siap sedia mengejar dan menangkap Reacher dan Turner hidup atau mati. Mulanya ketiganya sepakat menitipkan Samantha di Pembrokh School agar dirinya aman, namun tidak dapat terlaksana lantaran si pembunuh profesional mengetahui gerak-gerik mereka.
Reacher mendapatkan petunjuk akan apa yang dicarinya tentang Parasource dari para penguntitnya. Berkat bantuan orang dalam kepolisian militer, dia mesti menemukan seseorang bernama Daniel Prudhomme di New Orleans. Tak berlama-lama berangkatlah ketiganya kesana. Perjalanan dari Washinton DC menuju New Orleans tidaklah lurus. Pembunuh profesional mengikuti mereka semua hingga kejar mengejar tak terelakkan. Satu masalah terselesaikan, Turner membongkar rahasia perusahaan Parasource yang menjual opium dengan diselipkan ke dalam senjata-senjata militer. Prudhomme juga mau bersaksi dihadapan perwakilan polisi, Espin jika dialah yang bertanggung jawab atas pembunuhan dua anggota militer di Bagram.
Masalah terakhir tinggal Reacher yang mesti menyelamatkan Samantha dari percobaan penculikan oleh si pembunuh profesional. Dalam parade Halloween, Reacher yang masih mendapat bantuan dari Turner dan keberanian Samantha berhasil menyingkirkan si pembunuh.

credit by Official Site

The Facts
  • Jack Reacher adalah mantan Mayor korps polisi militer Angkatan Darat Amerika unit 110, sama dengan unit tempat Mayor Turner berada. Unit 110 bertanggung jawab di seluruh wilayah yang berada di Washinton DC dan sekitarnya.
  • Mayor Turner dituduh melakukan aksi mata-mata yang berakibat terbunuhnya dua anak buahnya, Mirkovich dan Cibelli di Bagram, Afghanistan. Sebenarnya yang terjadi adalah kedua anak buahnya ditembak oleh si pembunuh profesional setelah mengetahui tentara militer yang bertugas di Afghanistan menjual seluruh senjata militer kepada para pemberontak. Konon para tentara militer juga menjual opium untuk menambah penghasilan. Daniel Prudhomme menjadi saksi pembunuhan dan kembali ke Amerika.
  • Prudhomme sengaja kembali ke Amerika dengan perlindungan penuh dari pihak yang berkomplot. Menghilang ke New Orleans dan menjadi pecandu narkoba. Dia memiliki istri dan seorang anak yang diterlantarkan.
  • Jack Reacher sudah bertemu langsung dengan Samantha ketika diberi tahu jaksa agung jika dia memiliki anak perempuan hasil hubungan gelapnya dengan seorang pelacur. Sifat Samantha sangat mirip dengannya. Walau terhitung pemula dia mahir dalam mengelak dari penjahat. Terbukti dia berhasil mengelabui si pembunuh profesional. Di akhir film Samantha ternyata bukan anak kandung dari Jack Reacher, tetapi kedua sepakat berkomunikasi layaknya bapak dan anak.
  • Parasource merupakan nama perusahaan yang berafiliansi dengan militer Amerika dalam pendistribusian senjata. Akan tetapi juga menyalahgunakan wewenang yang diberikan dengan menjual beberapa senjata kepada para pemberontak. Mereka bahkan menjual opium demi mencari keuntungan lebih. Daniel Prudhomme, Kolonel Moorcroft, Kolonel Morgan dan General Harkness adalah beberapa nama yang terlibat aktivitas ini.
  • Reacher dan jaksa agung bertemu di Fort Dyer, tempat Turner ditahan. Reacher, Turner dan Prudhomme janjian bertemu dengan Espin di gudang tua Nicholls Wharf. Hotel tempat menginap Reacher, Turner dan Samantha adalah hotel Dauphin di kamar nomer 1011.
  • Ketua kejaksaan agung mati dibunuh si pembunuh profesional.
  • Si pembunuh profesional mati di tempat setelah dihajar oleh Jack Reacher. Samantha turut andil dengan mengecohnya sampai terjatuh dari atas bangunan.
  • Di akhir film hubungan ketiganya, Reacher, Turner dan Samantha membaik. Turner kembali menyandang status Mayor di korps Angkatan Darat. Hubungan antara dirinya dan Reacher menjadi lebih dari sekedar teman. Samantha mengambil studi di Pembroke School dengan syarat menjalin komunikasi dengan Reacher. Lalu Reacher sendiri kembali menjadi tunawisma dan hidup bebas.
  • Alur film ini adalah empat tahun setelah Reacher menghadapi mafia besar Rusia di film pertamanya.

Grade :
OutstandingExceeds ExpectationsAcceptable - Poor - Dreadful - Troll

Jarang sekali gue memberi grade bagus untuk 2 film terakhir yang gue tonton di bioskop. Tom Cruise layak mendapatkan acungan jempol dalam film Jack Reacher kali ini, ya meski formulanya 90% persis sekali dengan aktingnya sebagai Ethan Hunt di Mission Impossible.
Premis protagonis yang menjadi buruan karena satu kasus berbahaya, jelas bukan hal yang baru di film action. Tak hanya itu, adegan kejar-kejaran ternyata tidak terlalu dominan dalam film ini. Adegan pukul-pukulan hingga ledakan memang tetap ada. Namun sang sutradara memilih untuk tak menampilkan adegan laga yang berlebihan demi memanjakan penonton. Ada pun koreografi pertarungan tak terlalu diperlihatkan secara detail, sehingga tak terasa begitu istimewa meski masih mampu memacu adrenalin.

credit by Google


Next :  Doctor Strange

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

time flight